Shopee Online Shop

Cara Menghapus Akun Shopee

Pinterest LinkedIn Tumblr

Shopee merupakan salah satu layanan E-Commerce atau marketplace terbesar di Indonesia.

[toc]

Layanan belanja online ini sering menawarkan fitur serta promo yang menarik, bahkan di tanggal-tanggal tertentu mereka selalu menyuguhkan diskon menggiurkan bagi para konsumennya.

Unsur yang wajib terpenuhi dalam melakukan proses transaksi yaitu terdapat dua jenis pelaku ekonomi.

Pelaku yang kita maksud disini adalah penjual dan juga pembeli. Pembeli di marketplace Shopee di bentuk fisikkan dalam sebuah akun, dan di akun tersebut nantinya akan berisi data informasi tentang si pemilik.

Berkembangnya e-commerce yang ada di Indonesia, menuntut masing-masing tiap developer untuk terus memberikan inovasi agar dapat selalu bersaing di pasaran.

Selain itu, fitur atau inovasi yang diberikan akan menarik perhatian pelanggan untuk tetap memanfaatkan fasilitas e-commerce sebagai pemenuh kebutuhan belanja online.

Fitur Menarik Shopee

Shopee sendiri memiliki beberapa fitur menarik, pertama mereka menawarkan gratis ongkir untuk semua barang yang dilakukan atau melalui transaksi marketplace ini.

Kemudian Shopee memberikan reward dalam bentuk koin bagi pelanggan setia yang selalu melakukan transaksi disini, koin tersebut nantinya dapat ditukar dan digunakan pada event event tertentu.

Lalu promo bernama Goyang Shoope ini dapat memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk memperoleh hadiah istimewa yang sudah disiapkan oleh Shopee.

Kemudian fitur berikutnya ada layanan COD dan bayar di tempat, hal ini mengatasi pengguna yang tidak memiliki rekening untuk melakukan transfer tunai.

Terakhir Shopee akan terus memberikan fitur-fitur berlimpah mengikuti trend dan perkembangan zaman.

Mau cek paket barang Olshop kamu sampai mana? Ikuti tutorial cara cek resi semua E-Commerce.

Apa Alasan Ingin Menghapus Akun Shopee?

Sebelum masuk kedalam inti pembahasan yakni cara hapus akun Shopee, ada beberapa alasan kenapa pengguna ingin menghapus akunnya.

Beberapa diantara yang dilontarkan berikut alasan kenapa pengguna ingin menghapus akun Shopee.

  1. Alasan umum yang sering dikeluhkan yakni pengguna selalu mengalami masalah dengan aplikasinya, misalnya error, sering crash, lemot dan beberapa fitur tidak muncul atau tidak tersedia.
  2. Tidak hanya keluhan dari pembeli, terkadang si penjual yang ingin mengubah nama akunnya tidak bisa, alhasil mereka lebih memilih untuk meninggalkan marketplace ini dan menggunakan yang lain.
  3. Ingin rebranding tokonya secara total, sehingga langkah menghapus dan membuat akun baru sering dipilih bagi beberapa penjual di Shopee.
  4. Mengalami penipuan juga jadi alasan kenapa pengguna ingin menghapus akun Shopee-nya, mungkin mereka merasa trauma dan dirugikan akibat penipuan yang terjadi di e-commerce tersebut.
  5. Tidak kebagian promo atau fasilitas menguntungkan di Shopee, entah karena kesalahan sistem atau mereka tidak membaca ketentuan yang berlaku, jadi salah satu alasan yang kuat untuk menghapus akunnya.

Konsekuensi Hapus Akun Shopee

Sebelum kamu yakin dan ingin menghapus akun Shopee, pastikan kamu sudah siap menerima konsekuensi dan ketentuannya.

Apa saja konsekuensi menghapus akun Shopee? Berikut point yang wajib kamu baca terlebih dahulu agar tidak menyesal dikemudian hari.

  1. Jika akun yang akan kamu hapus merupakan akun penjual, pastikan sebelumnya untuk menyelesaikan semua transaksi terlebih dahulu, seperti barang yang dikirim benar-benar sudah dinyatakan berhasil hingga sampai ke tangan pembeli.
  2. Akun yang kamu hapus bisa dipastikan tidak bisa dipulihkan lagi, jadi yakinkan kalau akun yang kamu hapus memang benar-benar akun pasif dan tidak terpakai lagi.
  3. Semua isi akun yang akan kamu hapus akan hilang semuanya, seperti salah satunya yaitu koin Shopee akan hilang alias hangus.
  4. Untuk akun penjual yang dihapus, nantinya tidak akan bisa lagi melihat riwayat transaksi di toko tersebut.
  5. History transaksi yang berjalan akan secara otomatis batal untuk memastikan agar akun tersebut tidak terlibat dengan penipuan atau masalah yang lainnya.
  6. Dan konsekuensi yang paling parah adalah ketika kamu mengajukan untuk membuat akun baru, akan berpotensi untuk ditolak karena sudah pernah melakukan hapus akun.
Punya keluhan dengan marketplace Lazada? Coba hubungi call center Lazada terbaru.

Cara Hapus Akun Shopee

Setelah membaca ketentuan atau konsekuensi penghapusan akun di Shopee, berikutnya kamu harus mantap dan memberikan keputusan untuk segera melakukan tindakan hapus akun ini.

Cara hapus akun Shopee ini hanya bisa dilakukan lewat aplikasi, jadi sebelumnya kamu harus install terlebih dahulu yang belum memiliki aplikasi Shopee di HP.

  1. Buka aplikasi Shopee.
  2. Pastikan kamu login terlebih dahulu menggunakan username dan password dari akun yang ingin kamu hapus.
  3. Kemudian pada menu awal silahkan tekan tombol Saya yang posisinya ada di kanan bawah.Tekan Tombol Saya Untuk Masuk Ke Profil Akun
  4. Lalu masuk ke menu Pengaturan Akun yang bentuknya seperti roda gigi.Ketuk Roda Gigi Untuk Membuka Pengaturan Akun
  5. Scroll kebawah dan tekan tombol Ajukan Penghapusan Akun.Tekan Tombol Ajukan Penghapusan Akun
  6. Ketuk tombol Lanjut untuk konfirmasi ke tahap berikutnya.Tekan Tombol Lanjut Untuk Masuk Ke Tahap Berikutnya
  7. Disini kamu disuruh untuk memasukkan Password akun Shopee kamu, jika sudah tekan lanjut.Masukkan Password Jika Sudah Tekan Lanjut
  8. Selanjutnya kamu akan dibawa ke tampilan untuk mengisi alasan kenapa ingin menghapus akun, silahkan isi alasan yang masuk akal. Dan dibawahnya bisa masukkan alamat email kamu.Masukkan Alasan Dan Email Kamu
  9. Sebelum mengirim alasan dan email, centang dulu bagian “saya setuju untuk penghapusan akun”. Lalu pencet Kirimkan.
  10. Terakhir kamu akan mendapatkan jendela notifikasi, dan disini tekan Konfirmasi untuk melanjutkan.Cara Menghapus Akun Shopee 3
  11. Jika berhasil akan muncul notifikasi hapus akun.
  12. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Cara hapus akun Shopee sudah bisa kamu lakukan, selanjutnya terapkan dengan metode yang sudah kita berikan diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar