Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain

Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain 7
Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain

Untuk menghapus akun Instagram milik orang lain dapat kalian gunakan ketika batas privasi atau kenyamanan pengguna terganggu oleh seseorang dari akun lain.

Mungkin bisa dalam bentuk teror dan komentar-komentar yang kurang mengenakkan.

Sebagai salah satu platform sosial media yang cukup besar di dunia, Instagram memiliki segmentasi pengguna yang sangat beragam.

Sehingga wajar saja jika kita masih menemui user yang memiliki kebiasaan menjengkelkan, aneh bahkan sudah mengganggu kenyamanan orang lain.

Meskipun kalian tidak memiliki hak khusus, tetapi Instagram akan tetap membantu pengguna dalam menonaktifkan akun pelaku.

Penghapusan akun Instagram orang lain tidak hanya dipakai dalam keperluan pemusnahan kriminal, tetapi juga dipakai ketika user bersangkutan sudah tidak ada atau meninggal, dan menutup akun yang kita lupa password.

Cara Menghapus Akun Instagram Orang Lain

Seperti yang kita sebutkan diatas, tujuan orang menghapus akun Instagram pengguna lain itu cukup beragam.

Namun pada umumnya mereka beralasan ingin mereport akun yang mengganggu, kemudian ingin menghapus akun yang lupa password, atau ingin menghapus akun yang usernya sudah tidak ada alias meninggal.

Tenang saja, untuk merespon permintaan tersebut, Instagram telah memberikan satu wadah bagi para pengguna melaporkan pengajuan hapus akun orang.

Berhasil atau tidaknya cara ini tergantung alasan dan tinjauan pusat dalam menutup akun orang lain. Jadi belum tentu tips berikut berhasil 100%.

Opsi 1: Kirim Laporan Hapus Akun Tanpa Login (PC)

Pada opsi pertama, kita akan melakukan penghapusan akun Instagram orang lain menggunakan browser.

Opsi ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang tidak memiliki akun Instagram dan tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu.

  1. Silahkan kamu masuk ke dalam laman Pusat Bantuan Instagram
  2. Pada laman ini, kamu akan disediakan pertanyaan tentang seseorang yang membuat akun berpura-pura menjadi saya, pilih saja formulir Seseorang membuat akun yang berpura-pura menjadi saya atau teman saya.Centang Pilihan Nomor 2
  3. Di bawahnya kamu bisa centang tombol Ya, saya orang yang ditiru.Centang Ya Saya Yang Ditiru
  4. Isikan data diri kamu, seperti Nama LengkapAlamat EmailNama Lengkap profile yang ingin kamu report, dan Username Akun yang ingin kamu laporkan.Silahkan Isi Informasi Diri
  5. Berikutnya kamu bisa upload foto dengan memegang tanda pengenal atau KTP sebagai penguat data diri.Masukkan File Foto KTP
  6. Terakhir jika ingin menambahkan catatan, silahkan isi di Info Tambahan
  7. Klik Kirim jika semua formulir sudah terisi.
  8. Selesai.

Opsi 2: Kirim Laporan Lewat Akun Instagram (Ponsel)

Ada cara praktis buat pengguna yang tidak ingin melakukan pengisian formulir seperti diatas. Kamu dapat menemukan fitur ini di dalam Instagram bernama Report.

Jika Instagram menyetujui atas laporan berdasarkan bukti serta alasan yang kuat, akan mengakibatkan akun yang terkait dinonaktifkan bahkan tidak bisa dibuka lagi.

  1. Buka aplikasi Instagram yang ada di HP kamu.
  2. Kemudian cari pengguna akun yang ingin kamu report.
  3. Buka akun tersebut.
  4. Setelah berada di tampilan akun target, ketuk tombol titik tiga di bagian pojok kanan atas.Pencet Icon Titik Tiga
  5. Pilih tombol Laporkan.Ketuk Tombol Laporkan
  6. Akan muncul dua pilihan antara Laporkan Postingan, Pesan atau Komentar, dan Laporkan Akun. Klik saja bagian Laporkan Akun.Pencet Laporkan Akun
  7. Akan muncul 3 pilihan, kamu bisa tap alasan Profil ini berpura-pura menjadi orang lain.Klik Profil Ini Berpura Pura Menjadi Orang Lain
  8. Akan disediakan pertanyaan akun berpura-pura sebagai siapa, centang saja menu Saya.Centang Saya
  9. Terakhir pencet Kirim Laporan.
Baca Juga:

Ingin berhenti sejenak bermain Instagram? Kami sudah pernah membahas cara menonaktifkan akun Instagram milik kita sendiri (bisa aktif sewaktu-waktu).


Opsi 3: Kirim Laporan Hapus Akun Karena User Meninggal

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, mengirim laporan hapus akun orang lain dapat difungsikan untuk menutup akun dari user yang sudah meninggal, dan sejenisnya. Berikut caranya.

  1. Masuk ke dalam laman Pusat Bantuan Instagram
  2. Silahkan isi data diri kamu dari mulai Nama lengkap, kemudian Alamat Email.Masukkan Nama dan Email Kamu
  3. Diikuti juga dengan mengisi Nama lengkap almarhumNama pengguna Instagram milik almarhum, masukkan Tautan link Instagram milik almarhum.Masukkan Data Almarhum
  4. Tulis kapan yang bersangkutan meninggal.Masukkan Tanggal Meninggal
  5. Kemudian kamu kirim bukti seperti surat kematian di kotak Choose File.Masukkan Foto Akta Kematian
  6. Terakhir tambahkan informasi sebagai pelengkap, kotak ini sifatnya opsional bisa diisi atau tidak.
  7. Dan tinggal tap tombol Kirim.
  8. Semoga berhasil.
Tips Instagram

Mau download video live streaming (IGTV)? Kami sudah pernah mengulas panduan serta tutorial mengunduh IGTV tanpa harus menginstall aplikasi tambahan.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menghapus akun Instagram orang lain. Gunakan kebijakan layanan dari Instagram ini dengan tujuan yang tepat. Jangan sampai kamu salah gunakan tanpa alasan tertentu. semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.