Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10

Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10

Kursor merupakan salah satu hal yang wajib ada di setiap device laptop atau PC, fungsi dari kursor ini adalah untuk menunjuk dan memilih suatu hal yang ada di dalam program PC mengikuti gestur tangan dari si pengguna.

Kursor bisa digerakan dengan beberapa macam media, untuk laptop biasanya sudah dilengkapi dengan hardware berupa touchpad, sedangkan untuk komputer pengguna harus menambahkan perangkat eksternal seperti mouse untuk bisa menggerakan kursornya.

Tapi apakah kalian tahu, bahwa sebenarnya jika kita gali potensi kemampuan touchpad yang ada di sebuah laptop itu ternyata menyimpan banyak fungsi dan dapat melakukan segala hal. Jadi si pengguna bisa melakukan sentuhan shortcut tanpa mereka melakukan sentuhan beberapa kali atau pengoprasian manual.

Contohnya, jika kamu ingin scroll halaman dengan sentuhan manual maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengetuk dan menahan tools scroll yang ada di kiri halaman kemudian geser ke atas atau bawah mengikuti arah. Tapi kalau kamu pakai sentuhan shortcut touchpad di Windows 10, cukup taruh dua jari diatas touchpadnya, lalu usap dua jari keatas atau kebawah untuk melakukan perintah scroll.

Mungkin banyak yang bertanya, kenapa harus Windows 10? Fitur shortcut ini hanya akan berfungsi jika program sistem operasi di dalam device kamu sudah menyediakan Precision Touchpad. Dan fitur ini kebetulan hanya ada di Windows 10, bagi yang belum tahu apa itu Precision Touchpad fitur ini bisa dibilang mendukung gerakan multi-touch yang lebih luas dan sebagai pengaturan lanjutan tambahan touchpad.

Cara Mengecek Fitur Precision Touchpad

Bagi kamu pengguna laptop lama, sayang sekali fitur ini belum support di device kamu. Rata-rata Precision Touchpad mulai dikenalkan di dalam laptop yang memiliki tahun produksi 2012. Dan sekarang ini hampir semua produsen sudah menanamkan fitur tersebut sebagai standar yang wajib ada.

Baiklah sekarang kamu bisa cek apakah laptop kamu sudah ada fitur Precision Touchpad atau tidak, cara melihatnya sangat mudah, ikuti langkah dibawah ini :

  1. Klik tombol Start.
  2. Buka Icon Pengaturan.
    Buka Tombol Start Lalu Klik Settings
  3. Buka menu Device.
    Pilih Menu Device
  4. Selanjutnya cari menu bar Touchpad.
    Pilih Tab Touchpad Di Sisi Kiri
  5. Jika device sudah tersedia fitur Precision Touchpad, maka akan muncul tulisan seperti dibawah ini “Your PC has a Precision Touchpad”.
    Fitur Precision Touchpad Aktif
Keyboard kamu LAG saat digunakan ? Panduan cara mengatasi keyboard lag ini akan membantumu.

Cara Menggunakan Touchpad Di Windows 10

Sebenarnya dengan hadirnya fitur Precision Touchpad ini jelas sangat membantu bagi para pengguna, efisien dan kecepatan waktu sangat berpengaruh jika menggunakan shortcut pada touchpad. Bagi yang mengeluhkan pakai touchpad itu lama dan lebih fleksibel pakai mouse, setelah ini kamu pasti bakal merasakan kalau faktanya pakai Precision Touchpad itu lebih fleksibel. Berikut adalah cara menggunakan touchpad di Windows 10 :

1. Fungsi Ketukan Di Fitur Precision Touchpad

Gestur Dua Jari Touchpad

Fungsi utama dalam pengguna cursor adalah ketukan, tapi bukan namanya shortcut kalau kita hanya tunjukkan fungsi utama tersebut disini. Ketukan gestur dalam touchpad juga bisa membaca perintah lain, yaitu :

  1. Ketuk sekali untuk memilih objek.
  2. Ketuk menggunakan dua jari sekaligus untuk memunculkan perintah klik kanan.
  3. Ketuk dua kali dan seret untuk multi-pilih, biasanya digunakan untuk memilih kalimat atau paragraf.

2. Fungsi Ketukan Scroll Dan Zoom Di Touchpad

Gestur Mencubit Dan Gulir Untuk Zoom

Banyak yang bilang kalau pakai touchpad itu lama dan kurang praktis, apalagi ketika scrolling halaman dan memperbesar suatu layar. Karena orang menilai kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan dengan alat bantu mouse, tapi sekarang dengan memanfaatkan gesture touchpad kalian sudah bisa melakukan scrolling dan zoom secara mudah.

  1. Letakkan dua jari diatas touchpad, lalu usap keatas atau kebawah untuk scrolling.
  2. Letakkan dua jari diatas touchpad, lakukan gesture seperti mencubit dan melebar untuk zoom in dan zoom out, kegiatan ini sama seperti kamu memperbesar suatu tampilan di hp layar sentuh.
Baterai boros saat menggunakan Windows 10 ? Hemat pengguna baterai laptop dengan mengikuti cara mengaktifkan battery saver di Windows 10.

3. Fungsi Ketukan Tiga Jari Di Touchpad

Gestur Tiga Jari Untuk Multitasking

Ternyata memberikan gesture tiga jari diatas touchpad juga bisa melakukan perintah khusus. Gesture tiga jari ini fungsinya untuk membuka akses multi tasking, jadi bagi para pengguna bisa melakukan navigasi saat bekerja dengan beberapa aplikasi secara cepat.

  1. Letakkan tiga jari diatas touchpad, lalu usap ke atas untuk membuka Task View.
  2. Letakkan tiga jari diatas touchpad, lalu usap ke bawah untuk menampilkan desktop.
  3. Letakkan tiga jari diatas touchpad, lalu usap ke kanan atau kiri untuk membuka aplikasi berikutnya.

Gestur tiga jari juga bisa mengatur tombol volume, ketika membuka suatu mp3 player silahkan usap menggunakan tiga jari ke arah atas atau bawah untuk mengatur volume.

4. Custom Gesture Precision Touchpad Tingkat Lanjut

Terakhir kamu bisa melakukan custom dan memasukan gesture khusus untuk mengakses suatu hal. caranya di menu SettingsDeviceCursor, kamu bisa tekan bagian menu tab kanan Advanced Gesture Configuration untuk memulai mengatur konfigurasi tingkat lanjut.

Terganggu dengan notifikasi di Windows 10 ? Tutorial cara mematikan notifikasi Windows 10 ini wajib kamu praktekkan.

Akhir Kata

Sekarang apakah kamu sedikit tercerahkan setelah membaca artikel ini? bagi sebagian orang awam tentu sangat terbantu dengan informasi diatas yaitu cara menggunakan touchpad di Windows 10.

Karena bisa saja mereka belum tahu dan sadar kalau sebenarnya memanfaatkan gesture dari fitur Precision Touchpad itu bisa mengakses shortcut secara cepat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *