Cara Menggunakan Fitur Iklan di Instagram (Ads)

Cara Menggunakan Fitur Iklan di Instagram (Ads) 8
Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Seberapa butuh kalian beriklan di Instagram? Kebanyakan mereka yang ingin memakai fitur iklan di Instagram, ingin menjangkau banyak audience yang cakupannya lebih luas.

Cara menggunakan fitur iklan di Instagram sangat sesuai dengan tujuan pengguna yang ingin menyasar ke calon konsumen khususnya dalam dunia maya.

Untuk beriklan dan mendapatkan banyak audience di Instagram sendiri bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama dengan mengoptimasi konten secara organik dan yang kedua dengan menggunakan iklan Instagram Ads.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih detail mengenai beriklan di Instagram menggunakan Instagram Ads (iklan).

Pentingnya Beriklan Di Instagram

Saat ini perkembangan media sosial sudah makin meluas dan sangat pesat. Pengguna Instagram di Indonesia hingga tahun 2021 ini hampir 91,77 juta (data diambil dari KataData.co.id).

Melihat potensi tersebut, rasanya sangat tepat jika kita memilih Instagram untuk mempromosikan produk yang kita jual.

Menggunakan platform ini sebagai tempat untuk berjualan tentunya sangat efektif dan efisien.

Selain itu, Instagram sudah diunduh lebih dari 1 milyar di Google Playstore dan sudah diulas sekitar 1.8 juta oleh pengguna iOS. Kebanyakan demografi pengguna Instagram didominasi oleh usia 18 hingga 34 tahun.

Pihak Instagram juga mengklaim bahwa sekitar 75% penggunanya melakukan pembelian atau mengunjungi website setelah melihat iklan. Sungguh ini merupakan peluang yang besar jika kita bisa menggunakan Instagram Ads ini secara optimal.


Pengertian Iklan Instagram (Ads)

Sesuai dengan namanya, Instagram Ads adalah laman yang digunakan buat pengguna mempromosikan sesuatu lewat bantuan robot yang bertugas menjadwalkan postinganmu muncul di layar pengguna lain.

Hampir sama seperti Facebook Ads, kalian juga dapat memanfaatkan layanan tersebut untuk melakukan promosi.

Sebenarnya fungsi dari Ads ini tidak hanya digunakan untuk berjualan, tetapi bisa seperti mempromosikan lagu, mempromosikan akun kita, dan masih banyak lainnya.

Dan kembali lagi, syarat penggunaan Instagram Ads tidak gratis. Kita akan dikenakan tarif iklan sesuai dengan pengaturan iklan Instagram Ads yang kita buat.

Poin tersebut berhubungan dengan penggunaan fitur Instagram Ads. Jadi secara garis besar kamu akan diberi pilihan seberapa lama durasi postingan muncul di layar pengguna lain, maka semakin besar juga tarif iklan yang harus kamu bayarkan.

Tips Instagram

Caption Instagram kamu berantakan? Tulis caption Instagram secara rapi dan mudah dengan Pretty Caption.


Cara Menggunakan Fitur Iklan di Instagram Ads

Pada pembahasan sebelumnya, kita sudah membahas bahwa ada 2 cara untuk mempromosikan (beriklan) di Instagram yaitu secara organik dan menggunakan Instagram Ads.

Beriklan secara organik berarti kita diharuskan mengoptimalkan konten sehingga mendapatkan audience yang banyak serta dijangkau oleh pengguna Instagram yang lain secara natural.

Jadi kamu diharuskan untuk membagikan konten Instagram tersebut sehingga dapat dijangkau oleh pengguna Instagram yang lain secara mandiri.

Sedangkan beriklan menggunakan Instagram Ads, semua konten yang kamu promosikan akan dijangkau oleh pengguna lain secara otomatis oleh sistem periklanan dari Instagram.

Lalu kita bahas dulu ya tentang cara menggunakan Instagram Ads dengan baik dan benar. Silahkan ikuti langkah-langkah penggunaan fitur iklan Instagram di bawah ini:

Cara 1 : Lewat Facebook Ads Manager

Langkah 1: Buka Facebook Ads Manager

Silahkan kamu buka Facebook Ads Manager. Kemudian login ke akun Facebook. Buat yang bertanya kenapa kita malah login ke Facebook bukan Instagram? Tenang saja, nanti ketika berada di step menuju akhir, kamu dapat kaitkan ke akun instagram.  

Langkah 2: Masuk ke Kampanye

Masuk Ke Kampanye Dan Klik Buat Iklan - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
Masukkan Nama Kampanye - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Jika sudah login, kamu akan masuk ke laman dashboard Facebook Ads. Langkah pertama pastikan kamu berada di laman Kampanye. Jika sudah, klik tulisan Buat Iklan.

Langkah 3: Pilih Lalu Lintas

Pilih Kampanye Dan Selanjutnya - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Nanti akan muncul beberapa pilihan opsi sekaligus tujuan kamu membuat iklan untuk apa. Contoh karena kita disini ingin mempromosikan produk, maka poin yang dapat dipilih adalah Lalu Lintas.

Tap salah satu, kemudian ketuk tombol Lanjutkan.

Langkah 4: Beri Nama Kampanye dengan Judul Terkait

Disini kamu bisa ganti Nama Kampanye dengan judul yang terkait. Nama kampanye ini hanya berlaku untuk monitor Dashboard Ads. Jadi tida ada pengaruh dengan unggahan iklan yang kamu post nanti.

Langkah 5: Lengkapi Data Kampanye

4 Masukkan Rincian Kampanye - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Biarkan bagian Kategori Iklan Khusus. Scroll kebawah di bagian kotak Rincian Kampanye, kamu bisa pilih Jenis Pembelian. Dan biarkan Tujuan Kampanye sama seperti di awal (Lalu Lintas). Dibawahnya untuk judul Batas Pengeluaran Kampanye, biarkan saja.

Langkah 6: Atur Anggaran / Biaya Kampanye

5 Masukkan Anggaran - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Dibawahnya aktifkan tombol judul Pengoptimalan Anggaran Kampanye. Tujuannya adalah agar sistem pengeluaran yang kamu investasikan ke Facebook Ads tidak terlalu boros.

Setelah kamu centang, tetapkan jumlah Anggaran Kampanye, misalnya pilih Anggaran Harian dengan pengeluaran maksimal Rp 100.000.

Jika sudah, klik tombol Selanjutnya yang ada di pojok kanan bawah.

Langkah 7: Lengkapi Set Iklan

6 Centang Bagian Aplikasi - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Beri nama iklanmu di kotak Nama Set Iklan. Nama ini akan muncul di dalam jendela dashboard, sehingga memudahkan kamu mencari iklan yang sedang berjalan.

Setelah itu pilih lalu lintas kunjungan, pilih dari beberapa dari Situs Web, Aplikasi, Messenger atau WhatsApp. Pilih saja Aplikasi.

Langkah 8: Atur Tanggal Mulai dan Berakhir Iklan

7 Masukkan Durasi - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Kamu bisa centang tombol Materi Iklan Dinamis. Tujuannya adalah sistem akan memberikan elemen materi iklan, seperti gambar atau judul, dan iklan akan dioptimalkan kepada penonton.

Lalu dibawahnya tetapkan tanggal mulai promosi, dari mulai tanggal dan waktu. Ketuk Tetapkan tanggal berakhir, sebagai jadwal jangka waktu lama pengiklanan.

Langkah 9: Atur Target Pemirsa

8 Masukkan Rincian Demografi - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Pada kotak Pemirsa, kamu bisa atur jenis konsumen seperti apa yang ingin dituju. Yang pertama jelas untuk lokasinya kita taruh di Indonesia.

Kemudian bagian Umur kamu bisa set antara 18 – 40 tahun sebagai pengguna ideal. Tetapkan Jenis Kelamin, jika barang kamu sesuai dengan gender wanita maka silahkan centang wanita.

Isi detail formulir jenis pelanggan sampai akhir.

Langkah 10: Pilih Penempatan di Instagram

9 Centang Manual Dan Centang Instagram - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Untuk bagian Penempatan, silahkan centang bagian Penempatan Manual. Dibawah nanti akan muncul beberapa jenis Platform, karena topik pembahasan kita adalah cara menggunakan fitur iklan di Instagram, maka kita hanya centang bagian Instagram.

10 Centang Mana Saja Kampanye Muncul - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Detailnya kamu bisa centang penempatan mana saja yang ingin muncul di instagram. Misalnya ingin muncul di Instagram Reels, silahkan centang tombol Instagram Reels.

Terakhir tinggal ketuk Selanjutnya jika semuanya sudah.

Langkah 11: Hubungkan dengan Akun Instagram yang digunakan beriklan

11 Hubungkan Ke Instagram - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Pada step laman berikutnya ini, sesuaikan Nama iklan dengan judul kampanye di awal. Untuk kotak Identitas, klik tombol Hubungkan Akun agar bisa ngelink ke akun Instagram kamu. Silahkan login ke akun Instagram yang ingin dipromosikan.

Langkah 12: Lengkapi Materi Iklan

12 Centang Gambar - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Untuk Penyiapan Iklan, kamu bisa centang tombol Gambar atau Video Tunggal untuk satu gambar, sedangkan Carousel untuk beberapa gambar iklan. Nyambung di bawahnya tap Media yang ingin ditampilkan, antara Gambar, Video atau Buat Video.

13 Pilih Gambar Yang Ingin Di Post - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Untuk pilih Gambar kamu akan disediakan pilihan antar upload dari galeri atau bisa memilih foto yang sudah kamu posting di feedmu.

Langkah 13: Masukkan Teks Utama

15 Masukkan Teks Utama - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Masukkan Teks Utama dengan keterangan produk yang kamu tawarkan. Klik Tambahkan Opsional jika ingin membuat tampilan iklan lebih detail.

Langkah 14: Atur Metode Pembayaran

Cara Menggunakan Fitur Iklan di Instagram (Ads) 9

Kamu bisa tap tombol Terbitkan bila semuanya sudah selesai. Nanti akan muncul rincian Lokasi dan Mata Uang. silahkan atur sesuai lokasimu.

Langkah 15: Tambahkan Informasi Pembayaran

17 Pilih Metode Pembayaran - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Masukkan metode pembayaran yang kamu punya, tap salah satu kemudian klik Selanjutnya.

18 Masukkan Jumlah Nominal - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Masukkan jumlah saldo untuk akun anda dan klik tombol Selanjutnya. Saldo ini yang nantinya sebagai token potongan iklan perhari. Misal kamu iklan selama 1 minggu, dan anggaran iklan perhari di atas kamu isi Rp 100.000, artinya kamu bisa isi saldo Rp 700.000.

19 Lewati NPWP - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Nanti akan muncul halaman NPWP, jika tidak punya ketuk tombol Lewati.

20 Ketuk Tombol Selanjutnya - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Klik tombol Lanjutkan untuk memunculkan informasi tagihan, bila kamu menggunakan bank, nanti akan muncul Virtual Account yang harus dibayarkan. Pembayaran awal ini untuk mengaktifkan iklan perdana di akunmu.

21 Bayarkan Lewat Kode - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram

Langkah 16: Selesai dan Monitor Iklan

Jika pembayaran sudah kamu selesaikan, terakhir tinggal pantau iklan yang sedang berjalan.

Mau dapat uang?

Saat ini di aplikasi Snack Video sedang berlangsung menonton video dapat uang. Untuk panduan selengkapnya dapat kamu ikuti cara mendapatkan uang dari Snack Video.


Cara 2 : Lewat Aplikasi Instagram

Bila cara pertama cukup bikin bingung kamu, opsi yang kedua bisa lewat aplikasi Instagramnya langsung kok.

Tetapi syarat agar kamu mudah mengatur iklan di Aplikasi Instagram yaitu harus aktifkan terlebih dahulu ke akun Profesional. 

Adapun langkah-langkah untuk beriklan di Instagram Ads melalui aplikasi Instagram langsung adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Instagram di HP kamu.
  2. Login ke akun yang ingin dipromosikan, dan pastikan akun tersebut sudah beralih ke akun Profesional. (Baca Juga : Cara Mengubah Akun Insatgram Menjadi Akun Bisnis)
  3. Silahkan masuk ke laman Saya.
  4. Jika akunmu sudah menjadi akun Profesional, maka di tampilan akun bakal muncul Fitur Ikan, klik saja tombol Fitur Iklan.
  5. Ketuk tombol Pilih Postingan.24 Pilih Postingan - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  6. Pilih antara tab Postingan atau Cerita, ini menyesuaikan jenis iklan yang diunggah nantinya, jika pilih Cerita maka iklan akan sering muncul di tampilan stories, sedangkan kalau Postingan maka iklan akan sering muncul di beranda.25 Pilih Posting Atau Cerita - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  7. Untuk postingan kamu pilih Semua.
  8. Atur tombol di bagian tengah pada posisi Semua Tautan.
  9. Birkan kotak paling kanan di Memenuhi Syarat.26 Pilih Settingan Berikut - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  10. Kalau sudah Pilih Konten yang kamu ingin promosikan. Jika sudah klik tombol Panah yang ada di pojok kanan atas.27 Pilih Satu Dan Centang - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  11. Silahkan kamu pilih salah satu Target. Kalau sudah terpilih klik Panah.28 Pilih Target - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  12. Tap tombol Buat Target Anda Sendiri agar kamu bisa mengcustom demografi penonton lebih spesifik.29 Tap Buat Target Sendiri - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  13. Silahkan atur Nama Pemirsa, Lokasi, Minat, Usia dan Jenis Kelamin.30 Masukkan Demografi - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  14. Kalau sudah terbuat, kamu akan kembali ke tampilan Target Pemirsa, dan Centang target yang baru kamu buat lalu klik Panah.31 Centang Demografi Dan Next - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  15. Sesuaikan Anggaran, anggaran ini hitungannya per hari. Dan tetapkan durasi lama kamu beriklan. Untuk mengetahui nominal budget total, tinggal kalikan saja Anggaran dengan lamanya beriklan.32 Masukkan Anggaran Dan Next - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  16. Ketika berada di tampilan Tinjau Iklan, tap tombol Pembayaran untuk Menyelesaikan total biaya yang dipilih.33 Klik Metode Pembayaran - Cara Menggunakan Fitur Iklan Di Instagram
  17. Kalau sudah memasukkan metode pembayaran, terakhir tinggal klik Promosikan Postingan.
  18. Selesai.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara menggunakan fitur iklan di Instagram. Sebelum beriklan pastikan dulu kalau kamu siap dalam finansial sebab iklan membutuhkan biaya lebih.

Baru kalau sudah siap, tinggal eksekusi seperti langkah diatas. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.