Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word Secara Lengkap

Cara Menggunakan Fitur Breaks di Word
Cara Menggunakan Fitur Breaks di Word

Microsoft Word banyak sekali membantu kita dalam menyelesaikan berbagai masalah pengolah data.

Misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan membuat dokumen, kemudian tugas sekolah seperti membuat makalah, karya ilmiah maupun skripsi, dan masih banyak lainnya. (Baca Juga: Cara Mengirim Tugas Melalui Email)

Tersedia banyak fitur di dalam Word, namun apakah kalian tahu cara menggunakan fitur breaks di Word? tools ini dapat kalian temui di menu ribbon Page Layout tepatnya berada di bagian kotak Page Setup.

Belum banyak yang tahu pasti tentang fungsi dari salah satu menu di Page Setup ini. Karena banyak pengguna Microsoft Word yang hanya mengetahui menu dari Margins, Size, dan Orientation. Untuk menu lainnya, masih sedikit yang mengetahui apalagi untuk menu Breaks.

masih sedikit yang mengerti apalagi tools tombol Breaks.

Dan pada konten artikel ini, akmi akan menjelaskan panduan cara menggunakan fitur Breaks di Microsoft Word.

Dan supaya para pembaca setia Kompiwin lebih mahir lagi dalam menggunakan Microsoft Word. Karena fitur ini akan membantu ketika kamu membuat dokumen di Microsoft Word.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kamu perhatikan penjelasannya di bawah ini.

Fungsi Breaks Di Word

Gunakan Tombol Breaks - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Secara keseluruhan fitur ini sebenarnya memiliki fungsi penting dalam mengatur halaman atau page. Ada 2 bagian serta fungsi utama yang bisa kalian gunakan dari fitur Breaks, yaitu :

1. Page Breaks

Fungsi ini bertugas untuk berpindah ke halaman selanjutnya, atau membuat halaman blank berikutnya. Tujuannya yaitu menghindari penggunaan spam enter dan langsung memindahkan kursor ke halaman selanjutnya.

2. Section Breaks

Fitur berikut memiliki fungsi mengatur isi dokumen seperti penomoran, orientasi, margin dan header footer.

Terkadang dokumen Word memiliki urutan numbering yang berantakan, untuk memulihkan urutan tersebut, kalian bisa menggunakan fitur Section Breaks ini.

Baca Juga:

Ingin membuat pangkat di lembar kerja? Silahkan ikuti langkah-langkah di konten artikel cara membuat pangkat di dokumen Word dilengkapi dengan gambar.


Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Pada fitur Breaks terdapat Page Breaks dan Section Breaks sesuai yang kami bahas diatas. Pada 2 bagian tersebut terdapat beberapa menu yang dapat digunakan oleh penggunya Microsoft Word.

Dan berikut kami akan berikan panduan serta fungsi dari masing-masing menu yang terdapat di menu Breaks secara lengkap.

Page Break

Dalam bagian Page Breaks terdiri dari 3 menu yang berbeda yaitu Page, Column, dan Text Wrapping. Adapun fungsi dan cara menggunakan dari masing-masing menu tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Page

1 Menggunakan Fitur Page - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Page memiliki fungsi dalam memindahkan halaman satu ke halaman berikutnya, dengan rapi dan tidak merubah format tulisan apapun.

Misalnya kita sedang berada di halaman lembar nomor 4, dan disini kita ingin membuat blank page di halaman 5.

Sebagian cara lama masih menggunakan spam enter sampai muncul laman kosong di bawahnya, namun cara tersebut kurang efektif sebab dapat mengubah format teks, entah itu margin atau numbering teks dan tentunya spam enter.

Dengan memanfaatkan fasilitas Page berikut, cursor terakhir akan lompat dan otomatis membuka blank lembar baru di halaman berikutnya, tanpa mengubah format tulisan apapun. Bahkan kamu bisa memindahkan objek juga dari halaman 4 misalnya ke halaman 5.

1 Bisa Memindahkan Tabel - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Contohnya tinggal blok tabel di halaman 4, kemudian masuk ke Page Layout dan ketuk tombol Breaks. Pilih menu Page maka secara otomatis tabel akan pindah ke halaman berikutnya.


2. Column

2 Pencet Tombol Column Untuk Pindah - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Untuk yang kedua, kita akan membahas menu yang bernama Column. Menu ini memiliki fungsi untuk memindahkan tulisan dari kolom kiri berlanjut ke kolom kanan atau di laman baru.

Hal berikut berkaitan dengan model lembar Column, dimana satu lembar kertas terdiri dari 2 kolom paragraf.

Misalnya kamu sedang membuat lembar word 2 kolom, pada baris kolom pertama kamu sudah selesai dengan paragraf tersebut, dan langsung ingin melompat ke baris kolom kedua tanpa perlu menyentuh akhir kertas lembar.

Menu Column berikut dapat kita gunakan untuk berpindah paragraf kolom tanpa merubah format tulisan apapun.

Cara kerjanya simpel, letakkan kursor paling depan paragraf, kemudian kamu masuk ke Page LayoutBreaks ➤dan klik Column, maka secara otomatis paragraf tersebut akan berpindah ke bagian kolom kedua.


3. Text Wrapping

3 Gunakan Text Wrap Untuk Gambar - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Fungsi Text Wrapping berkaitan dengan gambar dengan teks. Fungsinya adalah untuk merapikan dan mensejajarkan gambar dengan teks agar terlihat satu bagian utuh.

Ketika kalian menginsert gambar, maka teks akan berpindah dan menyesuaikan posisi margin di bawahnya. Jika menggunakan text wrapping ini, maka teks dengan gambar akan menjadi sejajar dan terlihat rapi.  

Tujuan mengaktifkan Text Wrapping yaitu untuk menghemat paragraf dan merapikan teks tulisan dari gambar keterangan dokumen.

Untuk menggunakannya sangat mudah, pertama insert dulu foto. Kemudian letakkan cusror di bagian awal paragraf teks yang ingin di Wrapping. Kemudian masuk ke Page LayoutBreaksText Wrapping.

Baca Juga:

Membuat catatan kaki (footnote) di lembar Word ternyata mudah. Silahkan ikuti cara membuat footnote di Word yang sudah kami lengkapi dengan gambar.


Section Breaks

Selanjutnya kita akan membahas bagian Section Breaks, disini kalian akan melihat 4 menu yaitu Next Page, Continuous, Even Page, dan Odd Page. Masing-masing menu tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Mari kita mulai penjelasannya secara lengkap di bawah ini:

1. Next Page

4 Pencet Tombol Next Page - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Menu ini berfungsi untuk memudahkan kalian dalam mengatur numbering halaman. Next Page atau Next Section Break berfungsi membuat halaman baru dengan section atau sesi yang berbeda. Sehingga laman ini bisa menjadi halaman baru dalam membuka number di lembar dokumen Word kalian.

Kalau kalian bingung, gambarannya seperti ini…Misalnya kalian sedang mengerjakan tugas makalah, pada bagian Pendahuluan, ketentuan penulisan harus memakai nomor halaman berupa angka romawi.

Dan ketika sudah masuk ke BAB 1, ketentuan berubah dan dimulai dengan numbering angka karakter biasa.

Itu artinya kamu harus membuat sesi halaman baru di BAB 1 tersebut karena format numberingnya berbeda. Nah, saat kita dapat menggunakan menu Next Page untuk membuat halaman yang berbeda.

Pada Microsoft Word sendiri tidak bisa diatur secara manual ketika numbering halaman dari angka romawi berubah menuju karakter alfabet.

Jika dari awal kita membuat numbering halaman menggunakan romawi maka angka di bawahnya sampai akhir juga romawi…tidak bisa saat ditengah tengah kita mengubah angka alfabet dan dimulai dari angka nomor 1, kecuali menggunakan menu Next Page ini.


2. Continuous Section Break

5 Blok Kemudian Continues Page - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Menu ini hampir memiliki fungsi yang sama dengan menu Column diatas. Yang membedakan jika Column akan memindahkan satu paragraf dan melanjutkannya di kolom kedua terus sampai kebawah, tetapi untuk Continuous Section Break lebih memisahkan/melanjutkan satu kalimat ke dalam kolom samping tetapi tidak diteruskan sampai kebawah.

Untuk lebih mudah memberikan gambaran, misalnya kamu ingin menulis daftar absensi kelas 12 yang hadir di tanggal 28 kemarin.

Tidak ingin list tersebut terlalu panjang kebawah, kalian bisa membagi setengah daftar kehadiran beralih ke kolom sebelahnya.

Tenang saja setelah list berakhir, kamu tetap bisa melanjutkan keterangan di bawah tanpa dipisahkan column dan tetap satu kolom penuh. Tujuannya adalah untuk menghemat halaman, kemudian memanfaatkan sesi kerta secara penuh dan membuatnya terlihat rapi.


3. Even Page

6 Klik Even Page - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Menu Even Page memiliki fungsi yang mirip dengan Next Page, hanya yang membedakan adalah lompatan berlaku nomor genap.

Misalnya kamu berada di halaman nomor 2 kemudian tekan perintah menu Even Page, maka secara otomatis lembar akan lompat ke halaman nomor 4.


4. Odd Page

7 Klik Odd Page - Cara Menggunakan Fitur Breaks Di Word

Menu ini memiliki fungsi yang berkebalikan dari Even Page. Pengertian Odd Page ini adalah melompati halaman berikutnya berlaku untuk kelipatan ganjil.

Misalnya kamu berada di halaman 3 lalu tekan perintah Odd Page, maka halaman akan beralih ke nomor 5.

Baca Juga:

Ruler (penggaris) di lembar kerja Microsoft Word kamu hilang? Begini langkah-langkah untuk memunculkan ruler di Word (Mulai dari Word 2007 – 2019).


Akhir Kata

Demikian adalah pembahasan lengkap mengenai fungsi dan cara untuk menggunakan menu-menu yang ada di Breaks pada dokumen Microsoft Word.

Silahkan kamu coba dan praktekkan menu-menu tersebut saat membuat dokumen. Semoga bermanfaat dan tunggu tutorial-tutorial Microsoft Word selanjutnya.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.