Cara Mengetahui Teman Yang Mengecualikan Status WhatsApp Kita

Cara Mengetahui Teman Yang Mengecualikan Status WhatsApp Kita 13
Cara Mengetahui Teman Yang Mengecualikan Status Whatsapp Kita

Semenjak WhatsApp berpindah kepemilikan ke Facebook Group, banyak ubahan serta pembaruan fitur yang mereka sematkan. Contohnya seperti penambahan fitur stories atau status, dimana orang-orang sekarang bisa mengupdate aktivitas mereka entah itu berupa foto atau video.

Disana juga banyak tools-tools menarik yang membuat tampilan status kamu jadi bervariatif. Seperti penambahan stiker, menyisipkan emoji dan masih banyak lainnya.

Namun, tidak hanya itu saja yang WhatsApp berikan, meski secara loyalitas layanan yang mereka tawarkan bisa dirasakan, tetapi ada beberapa bagian penting yang mungkin tidak kita pikirkan seperti masalah privasi dan pembatasan akses status yang kita buat.

Karena media sosial seperti WhatsApp ini jangkauannya cukup luas, bahkan orang yang ada di kontak kita pun dapat memantau aktivitas kita, tentunya ada sebagian orang yang merasa privasi dirinya harus dibatasi dan tidak semua orang juga perlu tahu itu.

Nah, ada satu pengaturan fitur yang sebenarnya dapat digunakan untuk membatasi akses pengguna lain mengetahui status kita. Nantinya kita akan atur pengecualian kontak yang tidak dapat melihat status kita, sehingga privasi dan kebutuhan sharing lebih aman.

Uniknya hal ini akan berhubungan dengan topik utama pembahasan kali ini yaitu cara mengetahui teman yang mengecualikan status WhatsApp kita. Sebab berdasarkan dari keresahan pengguna WhatsApp diluar sana, fitur pengecualian status ini bikin sebagian kontak di WhatsAppnya curiga, alasannya pasti beragam namun yang jelas kita akan sajikan beberapa poin cara untuk mengetahuinya.

Status Aktivitas Di WhatsApp

Sebelum masuk ke pembahasan inti cara mengetahui teman yang mengecualikan status WhatsApp kita, sebenarnya aplikasi mesengger ini sudah menyediakan tampilan banyak informasi status dari kontak yang ingin kita lihat.

Pertama kamu dapat mengetahui kapan seseorang terakhir membuka aplikasi WhatsApp. Status ini bisa kamu lihat lewat tampilan last seen di profil akun mereka. Sehingga pengguna lain dapat memantau kapan orang tersebut aktif dan menggunakan Whatsapp.

Kemudian status Online, ketika kamu dan kontak kamu sama-sama membuka aplikasi WhatsApp maka status yang akan ditampilkan di panel informasi kontak akan bertulisan Online. Jadi kemungkinan target akan merespon kembali pesan kita itu lebih cepat, sebab dia pun sedang membuka WhatsApp, gak mungkin juga diabaikan.Tekan Tombol Bisukan Untuk Mengecualikan Status

Status centang di jendela chat WhatsApp. Aplikasi ini memiliki 3 jenis status centang yang dapat dipantau dari jendela chat WhatsApp. Diawali dengan centang satu, simbol tersebut mengartikan jika pesan kamu sudah terkirim namun belum tersampaikan ke penerima. Bisa karena sinyal penerima buruk, HP si penerima offline, atau bahkan kontak kamu diblokir. (Baca Juga: Arti Centang di Pesan WhatsApp)

Kemudian centang dua abu-abu menandakan jika pesan sudah dikirim dan diterima oleh akun yang bersangkutan. Tetapi pesan tersebut belum dibuka langsung dari jendela chat aplikasi WhatsApp , bisa diartikan juga pesan kamu terabaikan.

Terakhir centang dua biru, ini sudah bisa dipastikan kalau pesan diterima dan dibaca oleh akun yang kamu chat.

Apakah kontak WhatsApp kita diblokir oleh teman ? Beginilah cara mengetahui WhatsApp diblokir oleh seseorang.

Cara Mengetahui Teman Yang Mengecualikan Status WhatsApp Kita

Terakhir WhatsApp juga menyediakan menu status khusus yang isinya berupa aktivitas pengguna lewat update stories entah itu foto atau video.

Dan belum banyak yang tahu kalau sebenarnya penggunaan status WhatsApp tersebut memiliki pengaturan yang lebih advance, yakni pengecualian orang yang melihat dan dilihat dari postingan stories kita.

User bisa mengatur siapa saja orang yang akan kita perbolehkan melihat status stories kita, dan orang lain juga bisa mengatur siap saja kontak yang stories-nya akan dikecualikan.

Untuk menjawab keresahan tersebut, berikut akan kami berikan cara mengetahui teman yang mengecualikan status WhatsApp kita.

1. Lihat KontaknyaContoh Ketika Kontak Kita Diblokir

Kemungkinan WhatsApp kamu diblokir oleh akun tersebut, karena jika mereka benar memblokir maka stories WhatsApp kamu tidak akan lagi muncul di menu bar status akun kontaknya.

Coba cek informasi kontak yang kamu curigai, tanda-tanda kamu diblokir itu pertama foto profil jadi blank atau kosong, tidak ada informasi last seen ataupun online, centang satu jika di chat, dan tidak dapat melakukan panggilan.

2. Kontak Kamu Tidak Di Save

Selain faktor diatas, bisa saja kontak kamu belum di save. Sebab, WhatsApp punya fitur yang unik jika kedua belah pihak belum saling simpan kontak maka mereka tidak dapat melihat status stories yang diunggah.

3. Kontak Kamu Dikecualikan

Ada pengaturan yang bisa membuat pengecualian status stories. Fitur ini bisa kita gunakan jika kita tidak ingin melihat status dari orang tersebut. Dan kemungkinan fitur ini bisa jadi faktor utamanya.

Tetapi bagaimana kalau pertanyaannya dibalik, menjadi cara mengetahui kontak kita di kecualikan untuk melihat status WhatsAppnya?

Sebenarnya hampir sama seperti 3 poin diatas, yaitu apakah kamu diblokir orang tersebut, lalu apakah kontak kamu belum di save dan terakhir bisa saja kamu tidak sadar kalau ternyata kontak tersebut kamu dikecualikan.

Namun, ada satu poin lagi yang bisa jadi patokan akurat apakah kontak kamu dikecualikan untuk melihat statusnya atau tidak.

Yaitu coba tanyakan kepada teman yang saman-saman menyimpan kontak-nya, apakah teman kamu itu bisa melihat status yang di posting oleh akun dimaksud. Jawabannya nanti akan bisa kamu simpulkan.

Mau terlihat offline di WhatsApp ? Ikuti panduan cara agar terlihat offline di WhatsApp.

Akhir Kata

Cara mengetahui teman yang mengecualikan status WhatsApp kita ini lebih seperti mengarah ke bentuk investigasi, karena memang belum ada tools yang pasti untuk mengetahuinya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.