Cara Mengatur Kamera Depan iPhone Terbalik

Cara Mengatur Kamera Depan iPhone Terbalik 10
Cara Mengatur Kamera Depan iPhone Terbalik

Apakah kalian mengamati jika kita foto menggunakan kamera depan, objek yang tertangkap kamera tersebut seakan semuanya terbalik alias mirip seperti ketika kita berkaca di depan cermin.

Istilah ini ada yang menyebutnya dengan mirroring, untuk beberapa kejadian mungkin hasil fotonya tidak begitu bermasalah. Tetapi kalau ada bagian background yang harus kita amati seperti contohnya tulisan, maka akan jadi sebuah hal yang sulit dibaca.

Untuk itu Tim Kompiwin coba berikan solusi dengan membuatkan ulasan cara mengatur kamera depan iPhone terbalik.

Cara mengubahnya tentu sangat mudah, opsi ini diberikan agar pengguna tidak risih dengan tampilan foto yang terlihat aneh.

Hal yang perlu kalian ketahui adalah, tidak hanya kamera iPhone saja yang memiliki formasi capture mirroring, tetapi hampir beberapa jenis smartphone lain juga mempunyai style foto kamera depan yang sama.

Namun, pihak Apple punya alasan khusus kenapa mereka menerapkan model mirror di kamera depannya. Bahwa sebenarnya perusahaan sengaja merancang kamera seperti mirror agar sama ketika orang lain melihat pengguna dari arah depan.

Tetapi kenyataannya adalah ide iPhone yang menurutnya baik ini justru tidak disukai oleh penggunanya.

Cara Mengatur Kamera Depan iPhone Terbalik

Buat pengguna yang sangat memperhatikan detail tangkapan kameranya, mereka wajib tahu cara mengatur kamera depan iPhone terbalik berikut ini.

Khususnya bagi para pengguna yang suka foto, atau orang yang suka fotografi pastinya menginginkan hasil tangkapan kamera mereka terlihat lebih sempurna.

Orientasi kamera depan iPhone yang terbalik seringkali membingungkan banyak orang, hal yang paling terlihat jelas adalah ketika kamu foto di depan tulisan, maka tulisan tersebut seakan terbalik dan sulit dibaca.

Coba kalian bayangkan, ketika berada di tempat wisata terkenal yang ada trademark lokasi wisatanya, lalu kamu coba selfi di depan tulisan tersebut…bukannya ingin share aktivitas liburan kamu, yang ada justru orang lain bingung bagaimana baca tulisan karena terbalik.

Jadi cara mengatur kamera depan iPhone terbalik bisa dengan beberapa opsi, yang pertama bisa langsung lewat aplikasi perangkat iPhone, dan yang kedua menggunakan bantuan aplikasi ketiga seperti photo editing.

1. Atur Lewat Menu Settings

Untuk mematikan orientasi kamera depan mirror, kamu bisa masuk ke dalam menu Pengaturan lalu matikan tombol Cerminkan Foto Depan.

Fitur ini hanya dapat kalian temui jika sistem iOS kamu sudah versi 14 ke atas, jika tidak maka tombol pengaturan berikut tidak tersedia.

  1. Silahkan kamu buka menu Settings atau Pengaturan.Masuk Ke Dalam Pengaturan
  2. Kemudian scroll ke bawah sampai kamu menemukan tombol Kamera.Buka Aplikasi Kamera
  3. Kalau sudah tinggal buka tombol kamera tersebut.
  4. Disini kamu bisa langsung lihat fitur Cerminkan Foto Depan, matikan untuk menghilangkan efek mirror, aktifkan untuk memunculkan orientasi mirror.Aktifkan Cerminkan Foto Depan
  5. Selamat mencoba.
Baca Juga:

Ingin membuat kamera HP iPhone menjadi webcam? Silahkan ikuti panduan selengkapnya disini.


2. Menggunakan Fitur Flip

Jika iOS kalian masih belum support versi 14 ke atas, artinya kalian tidak dapat menemukan tombol fitur cerminkan foto depan seperti diatas.

Tenang saja, masih ada solusi lain kok, dan opsi kedua ini kalian tetap menggunakan bagian sistem dari iPhone kalian masing-masing, yakni menggunakan tombol Edit.

  1. Pertama kalian buka terlebih dahulu aplikasi Kamera.Buka Kamera
  2. Ubah menjadi kamera depan.
  3. Kemudian foto layaknya kalian sedang selfie biasa.Capture Foto Terlebih Dahulu
  4. Setelah foto tertangkap, masuk ke dalam Galeri Foto.
  5. Buka foto selfie yang terakhir kamu cepret.
  6. Kemudian tap tombol Edit.
  7. Klik icon crop yang ada di pojok kanan bawah.
  8. Geser saja objek foto kalian, sampai muncul tombol Flip yang ada di pojok kiri atas.Klik Tombol Flip
  9. Pastikan setelah ini tampilan foto terbalik. Dan Simpan.
Informasi Tambahan:

Pilihan cara ini kurang efektif karena hanya tampilan hasil kameranya saja yang di mirror, tidak dengan obyek yang ada di belakangnya, seperti tulisan masih tetap terbalik.


3. Menggunakan Adobe Photo Express

Cara mengatur kamera depan iPhone terbalik yang selanjutnya, kamu bisa gunakan aplikasi bantuan seperti Adobe Photo Express. Aplikasi bisa didapatkan di App Store, silahkan lakukan seperti cara di bawah ini.

  1. Install terlebih dahulu aplikasi Adobe Photo Express di iPhone kamu.
    ‎Photoshop Express Photo Editor
    ‎Photoshop Express Photo Editor
  2. Kemudian buka aplikasinya, jika muncul perintah izin aplikasi untuk mengakses kamera, tap saja tombol Izinkan.
  3. Kemudian klik Open dari Kamera Roll.
  4. Pilih foto yang ingin kamu mirror.
  5. Setelah terpilih, ketuk icon foto crop yang ada di bawah.
  6. Nanti akan muncul beberapa opsi tools, kamu pilih saja bagian Flip.
  7. Terakhir tinggal Save.
  8. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Nah, jadi seperti itulah cara mengatur kamera depan iPhone terbalik. Silahkan ikuti cara diatas untuk mengatasi foto selfie kamu membingungkan, semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.