Cara Mengatasi Top Up ShopeePay Tidak Masuk

Cara Mengatasi Top Up ShopeePay Tidak Masuk

ShopeePay adalah salah satu layanan dompet digital yang dibuat dan dikembangkan oleh salah satu online shop yaitu Shopee.

ShopeePay saat ini menjadi salah satu alat pembayaran digital yang memiliki banyak pengguna.

Awal mulanya ShopeePay hanya digunakan untuk metode pembayaran di akun e-commerce Shopee. Tetapi seiring berkembangnya kebutuhan, ShopeePay mulai beralih fungsi sebagai alat yang dapat membayar segala kebutuhan masyarakat.

Oleh sebab itu banyak yang mengandalkan virtual wallet berikut dalam segi hal transaksi apapun.

Khususnya ketika mereka berbelanja di dalam Shopee. Namun seringkali ShopeePay suka menunjukan tanda-tanda masalah.

Salah satu penyebab umum adalah saldo top up mereka tidak masuk. Wajar jika kita merasa cemas ketika saldo top up Shopeepay tidak masuk, apalagi jika jumlah nominal tersebut lumatan besar…terus apa yang harus kita lakukan?

Cara mengatasi top up ShopeePay tidak masuk ke akun penting untuk kalian ketahui. Tujuannya jika suatu ketika terjadi persoalan ini kembali kita bisa mengatasinya dengan mudah. Silahkan simak penjelasan berikut sampai akhir.

Faktor Kenapa Saldo Top Up ShopeePay Tidak Masuk

Sebelum kita mencurigai kesalahan teknis pada sistem, pertama kita harus ketahui terlebih dahulu apa saja yang menyebabkan uang top up tidak masuk ke dalam akun Shopee.

Ada banyak faktor yang bersinggungan, bisa karena kesalahan pengguna atau karena sistem Shopee sedang bermasalah.

Seperti yang kita ketahui bahwa proses top up ShopeePay itu sangat cepat, bahkan tidak perlu satu menit uang akan otomatis masuk ke saldo utama.

Terus apa saja faktor permasalahan dalam top up ShopeePay?

1. Limit Saldo ShopeePay

Kalian harus perhatikan bahwa akun ShopeePay memiliki limit yang relatif. Setiap limit dibedakan berdasarkan jenis keanggotaan.

Seperti ShopeePay Basic hanya dibatasi saldo maksimal 1 juta Rupiah. Sedangkan untuk ShopeePay Plus, kalian bahkan bisa top up mencapai Rp 10 Juta Rupiah.

Jadi kalau saldo sudah mencapai batas, maka proses top up akan gagal.


2. Kode Virtual Top Up ShopeePay Salah

Saat mengisi saldo ShopeePay kita akan diberikan beberapa pilihan, antara transfer melalui virtual account bank atau melalui merchant seperti Indomaret dan Alfamart.

Kode virtual ini memiliki kombinasi angka yang unik, jumlahnya pun sangat banyak, jadi kalian harus teliti ketika menuliskan kode agar tidak terjadi kesalahan.

Kekeliruan satu angka saja dapat mengakibatkan top up ShopeePay tidak berhasil. Selain itu kode yang salah dikhawatirkan merupakan kode virtual pembayaran ShopeePay orang lain, jadi hasil top up-mu akan masuk ke akun lain.


3. Bank Bermasalah

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas bahwa cara top up bisa dilakukan melalui Merchant, dompet digital atau bank.

Kemungkinan yang berikutnya bisa karena server bank yang kamu gunakan sebagai media top up sedang down. Sudah banyak mengalami kasus seperti ini, mungkin jika mereka memakai aplikasi M-Banking status koneksi server dapat termonitor.

Tetapi kalau transfer lewat mesin ATM, kadang sistem tidak memberitahu apakah server sedang error atau tidak.


4. Server Shopee Sedang Down

Kita juga tidak bisa menutup mata kalau faktor permasalahan ini akibat dari sistem dari Shopee sendiri sedang maintenance atau down. Efeknya nominal saldo Shopeepay akan terpending hingga aktivitas maintenance selesai.

Tanda-tanda server sedang down biasanya mereka akan memberitahu melalui notifikasi, atau di dalam aplikasinya kita dapat memantau tulisan bahwa aplikasi sedang dalam perawatan.

Jadi tinggal kita tunggu saja sampai server kembali normal, dan saldo akan masuk ke dalam akun.


5. Koneksi Internet Terputus

Siapa sangka bahwa persoalan top up di ShopeePay ini bukan karena beberapa alasan diatas. Melainkan akibat koneksi internet yang putus.

Semua aktivitas dalam aplikasi sangat tergantung dengan jaringan internet, bila koneksi device kalian tidak terhubung dengan baik maka aplikasi juga tidak akan memunculkan pembaruan termasuk aktivitas dalam Shopeepay.

Kurang lebih seperti itulah alasan kenapa proses top up akun ShopeePay kalian bermasalah. Setelah ini kita mulai pembahasan tentang cara mengatasi top up ShopeePay tidak masuk.


Cara Mengatasi Top Up ShopeePay Tidak Masuk

Ada banyak cara dalam menyelesaikan permasalahan top up ShopeePay. Silahkan kamu coba beberapa solusi dibawah ini, siapa tahu salah satu diantaranya dapat membantu kasus berikut.

1. Update Akun Menjadi ShopeePay Plus

Daftarkan Shopeepay Plus

Diatas kita sudah jelaskan kalau setiap akun memiliki limit atas dibedakannya jenis keanggotaan. Jika kalian merasa kebutuhan sangat besar, gak ada salahnya untuk upgrade akun menjadi ShopeePay Plus.

Ketentuan updateShopeePay Plus sangat mudah. Kalian hanya diminta untuk melengkapi nomor HP, mengisi alamat email yang aktif, foto KTP, foto selfie bersama dengan KTP, dan isi data sesuai dengan KTP.

Setelah itu kamu tinggal upgrade saja ke versi Plus. Proses upgrade ini membutuhkan waktu, karena pengguna harus menunggu verifikasi dari pihak Shopee. Kalau sudah berhasil, maka akunmu akan mendapatkan limit mencapai Rp 10 Juta.


2. Periksa Nomor Transaksi Top Up

Perhatikan Kode Transaksi

Jika kalian salah memasukkan kode top up ShopeePay biasanya transaksi pun akan ditolak. Baik uang maupun virtual wallet akan dikembalikan secara otomatis kalau kode tidak sesuai dengan perintah top up ShopeePay.

Oleh karena itu kalian bisa coba kembali dan cek apakah kode top up sudah benar atau tidak. Gunakan fitur salin kode dan tempelkan ke dalam M-Banking maupun virtual wallet untuk lebih pasti.

Satu hal yang ditakutkan adalah kesalahan kode justru masuk ke akun ShopeePay orang lain. Kemungkinan saldo kembali sangat kecil, dan kamu bisa meminta bantuan Customer Service milik Shopee untuk membatalkan transfer.


3. Periksa Riwayat Transaksi Akun

Berhasil atau tidaknya transaksi dapat kita lihat melalui struk atau riwayat transaksi. Melalui ATM mesin tersebut akan mengeluarkan struk transaksi bila berhasil. Kalau tidak artinya mesin sedang mengalami masalah.

Sedangkan kalau melalui M-Banking bahkan bisa lebih transparan. Saat setelah memasukkan kode virtual, kita akan diminta untuk menginput password transaksi akun m-bank, setelah itu sistem bakal menampilkan tulisan transaksi berhasil. Atau jika tidak kita bisa cek pada menu History.

Selain melalui transaksi tersebut, banyak juga yang menggunakan jasa merchant seperti Alfamart dan Indomaret dalam mengisi saldo ShopeePay. Setelah kamu memasukkan kode ShopeePay, pastikan mereka memberikan struk transaksi.

Karena semua riwayat transaksi tersebut dapat menjadi bukti saat komplain kepada pihak Shopee.


4. Chat Dengan Shopee

Cara mengatasi top up ShopeePay tidak masuk yang berikutnya silahkan kalian pergi ke halaman Chat Dengan Shopee.

Fitur ini merupakan salah satu layanan bagi para pengguna Shopee langsung berinteraksi dengan para CS untuk menyampaikan opini atau keluhan mereka.

  1. Buka aplikasi Shopee kalian.
  2. Masuk ke menu Saya yang ada di pojok kanan bawah.Masuk Ke Menu Saya
  3. Setelah itu pilih menu Pusat Bantuan.Klik Pusat Bantuan
  4. Perhatikan notifikasi paling atas, kalau mereka menampilkan tulisan Sedang ada pemeliharaan…artinya server sementara lagi di perbaiki. Informasi Perbaikan Akun
  5. Scroll paling bawah, dan lihat bagian Contact Us. Tersedia banyak sekali pilihan, namun kita disini pakai metode Chat Shopee Sekarang.Klik Chat Shopee Sekrang
  6. Setelah berada di menu chat, pilih tombol Chat dengan Tim Shopee.Tap Chat Dengan Tim Shopee
  7. Klik lagi tulisan Chat dengan Agen Shopee.Klik Chat Dengan Agen
  8. Tunggu beberapa saat sampai berhasil dihubungkan, karena antriannya banyak.
  9. Setelah itu tinggal kamu sampaikan keluhanmu.

5. Menunggu Server Pulih

Informasi Perbaikan Akun

Kalau saldo kita sudah terpotong dan bukti riwayat transaksinya jelas. Tenang saja, hal ini sering terjadi karena sistem Shopee sedang down.

Mereka telah memberitahu bahwa Shopee sedang mengalami perbaikan, dan segala aktivitas yang dilakukan dalam aplikasi sementara tidak dapat diproses sampai semua sudah kembali pulih. Untuk itu kalian harus menunggu beberapa saat karena saldo top up pasti akan masuk tidak hilang begitu saja.


6. Periksa Koneksi Internet

Untuk memastikan apakah saldo masuk ke akun ShopeePay, coba cek bagian koneksi devicenya. Bisa saja nominal top up sudah masuk namun tidak dapat update karena koneksi internet menghilang.

Usahakan pakai koneksi Wifi karena jaringan ini lebih stabil dibanding dengan sinyal provider. Atau jika tidak tersedia, coba pancing jaringan dengan mematikan dan menghidupkan aktivitas data. Selain itu bisa dengan metode restart ponsel.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi top up ShopeePay tidak masuk ke akun kalian.

Tenang saja, masalah ini sebenarnya sangat sering terjadi, dan saldo kalian tidak kan hilang tinggal menunggu saja proses kendala seperti server down atau balasan dari Customer Service milik Shopee. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang