Cara Mengatasi Tombol Start Hilang Windows 10

Cara Mengatasi Tombol Start Hilang Windows 10

Tidak selamanya program Windows dapat berjalan secara lancar, namanya juga buatan manusia tentu ada satu dua hal yang mungkin bisa jadi pemicu kerusakan atau kesalahan sistemnya sendiri.

Pasti kamu pernah menemukan kasus seperti tanpa kamu sadari ternyata Windows melakukan kesalahan sampai-sampai efek yang ditimbulkan cukup fatal. Contohnya adalah hilangnya menu start di sebuah program Windows 10.

Masalah ini sebenarnya sangat jarang terjadi di kebanyakan perangkat laptop atau komputer lainnya, namun sekalinya masalah tersebut muncul bikin penggunanya jadi kebingungan dan ingin mencari tahu bagaimana cara mengatasi menu Windows jadi normal kembali.

Ternyata kenapa menu start di Windows 10 itu bisa hilang ada beberapa faktor. Yang pertama kemungkinan kasus ini muncul akibat dari kesalahan sistem setelah melakukan pembaruan windows-nya, kemudian yang kedua bisa jadi muncul karena faktor ketidak sengajaan, dimana si pengguna tanpa sadar menekan tombol atau shortcut yang membuat menu start jadi hilang.

Lalu apa solusinya? Haruskah kita menginstall kembali Windows dari awal? Tetapi itu bukan solusi utama, jika kamu terpaksa untuk merestart windows-nya, tentu kamu harus siap bakal kehilangan banyak data perangkat lunak didalamnya.

Tenang saja jangan panik dulu, masih ada solusi lain untuk mengembalikan tombol start Windows 10 kembali.

Cara Mengatasi Tombol Start Hilang Windows 10

Untuk mengatasi tombol start yang hilang, disini kita akan menggunakan fitur bernama Windows PowerShell, bagaimana caranya? Simak tutorial dibawah ini :

  1. Untuk memunculkan menu Taks Manager tekan tombol pada keyboard secara bersamaan “CTRL + ALT + Delete” atau bisa dengan klik kanan bagian Taskbar di bawah.
  2. Kemudian silahkan pilih “Task Manager“.

    Cari Menu Task Manager - Cara Mengatasi Tombol Start Hilang di Windows 10
    Cari Menu Task Manager
  3. Jika sudah terbuka, silahkan klik menu “File” di kanan atas.
  4. Lalu tekan tombol “Run New Task“.

    Buka Task Manager - Cara Mengatasi Tombol Start Hilang di Windows 10
    Buka Task Manager
  5. Setelah pop up windows keluar, silahkan ketik didalam kotaknya powershell.

    Jalankan Powershell - Cara Mengatasi Tombol Start Hilang di Windows 10
    Jalankan Powershell
  6. Centang perintah “Create this task with administrative privileges“.
  7. Kemudian tekan “Ok“.
  8. Tunggu sampai jendela besar seperti dibawah ini muncul.
  9. Silahkan kamu copy kode dibawah ini dan paste di “Windows PowerShell“.
    Get-appxpackage -all *shellexperience* -packagetype bundle |% {add-appxpackage -register -disabledevelopmentmode ($_.installlocation + “\appxmetadata\appxbundlemanifest.xml”)}
  10. Terakhir tinggal tekan “Enter“.

Nah silahkan periksa icon menu start di bawah dekstop, jika belum muncul kamu bisa merestart perangkat dan tunggu sampai hidup kembali. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *