Cara Mengatasi Tidak Bisa Login di YouTube Vanced

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login YouTube Vanced

YouTube merupakan sebuah platform streaming video yang banyak menyediakan konten-konten menarik. Selain sebagai wadah streaming, YouTube juga menyediakan media bagi para kreator dalam mengunggah konten dan memonetasinya dalam bentuk uang.

Banyak sekali hal yang telah diperbaharui dari YouTube , dari mulai teknis video, penambahan fitur baru, menyediakan fasilitas lain seperti YouTube Music hingga membentuk sebuah wadah sebagai ladang mata pencaharian bagi sebagian orang.

Tetapi sayang, satu hal yang belum dimaksimalkan oleh YouTube adalah aplikasi ini masih belum bisa berjalan secara layar saat memutar sebuah video disana.

Alhasil banyak yang mencari solusi alternatif, salah satunya dengan mendownload aplikasi YouTube MOD seperti YouTube Vanced.

Disini kalian dapat memutar video tanpa adanya iklan, dan keunggulan utama yang sangat menarik yaitu YouTube Vanced dapat memutar konten secara latar.

Bahkan memungkinkan kita memutar sebuah lagu walaupun kondisi layar terkunci. Namun kembali lagi, namanya juga YouTube MOD, sering kali aplikasi ini masih mengalami error khususnya dalam segi teknis penggunaan.

Dan disini tim Kompiwin berkesempatan untuk memberikan kalian solusi dari cara mengatasi tidak bisa login di YouTube Vanced lengkap beserta tutorialnya.

Apa itu YouTube Vanced ?

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, mungkin ada yang belum kenal dengan YouTube Vanced dan apa fungsi dari aplikasi satu ini?

Pada dasarnya, YouTube Vanced adalah sebuah aplikasi modifikasi yang dikembangkan di atas platform asli YouTube.

Dengan menambahkan ekstra fitur seperti Adblock alias tanpa iklan, true Amoled sebelum dulu banyak mode dark di YouTube, aplikasi berjalan secara latar, download konten dengan bebas, hide YouTube Short dan masih banyak lainnya.

Aplikasi berikut dikemangkan oleh XDA Team Vanced asal Finlandia. Dan sejak diperkenalkannya pada tahun 2018 silam, hingga kini aplikasi YouTube MOD berikut masih terus diunduh oleh banyak orang.

Sayang sekali, saat ini developer resmi memberhentikan project YouTube Vanced oleh karena desakan Google sebagai pemilik lisensi utama platform YouTube.

Efeknya kita tidak dapat mengunduh lagi lewat Playstore, lalu aktivitas update juga tidak tersedia disana. Namun kamu masih bisa mengunduh aplikasi ini lewat file APK.

Cara Mengatas Tidak Bisa Login di YouTube Vanced

Memanfaatkan produk unofficial seperti YouTube Vanced ini, bukan berarti kita akan terlepas dari berbagai keluhan seperti sistem error dan sebagainya.

Sudah menjadi konsekuensi pengguna bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti contoh tidak dapat login ke dalam akun YouTube kita.

Tetapi semua itu masih bisa kita kendalikan lewat tutorial cara mengatasi tidak bisa login di YouTube Vanced dibawah ini.

Cara 1 : Install Aplikasi ApkMirror Installer

Sebenarnya kita tidak diharuskan untuk login ke dalam YouTube Vanced. Bahkan setelah kamu install, kita sudah dapat menikmati semua tayangan video tanpa ada masalah. 

Oleh karena YouTube seperti menyimpan playlist, berkomentar, like, share dan memberikan saran video perlu aktivitas akun, maka kita harus login terlebih dahulu.

  1. Download YouTube Vanced.
  2. Download Vanced MicroG dan install aplikasinya.Install MicroG Youtube - Cara Mengatasi Tidak Bisa Login YouTube Vanced
  3. Lalu unduh file aplikasi ApkMirror.
  4. Kemudian install aplikasi APKMirror tersebut.
  5. Kalau sudah terinstall, silahkan buka.
  6. Cari dan pilih aplikasi YouTube Vanced.apkm.
  7. Kalau sudah kalian buka aplikasi MicroG.
  8. Setelah itu login dengan akun kalian masing-masing.
  9. Terakhir tinggal kalian gunakan YouTube Vancednya.

Cara 2 : Hapus Google Services

Untuk panduan kedua, kita bisa atasi permaslahan tidak bisa login di YouTube Vanced selanjutnya, berlaku jika kalian menemukan notifikasi “Periksa Jaringan, Please Check your Network Connection”.

Solusinya adalah hapus semua data yang ada di layanan Google lalu reset kembali. Silahkan ikuti langkah-langkah selengkapnya di bawah ini :

  1. Masuk ke Pengaturan HP.
  2. Buka menu Aplikasi.
  3. Disini cari aplikasi Google Chrome. Kalau sudah buka untuk melihat rincian aplikasinya.
  4. Lalu klik Paksa Berhenti dan pencet Nonaktifkan. Jika bisa diuninstall akan lebih baik.Nonaktifkan Google Chrome - Cara Mengatasi Tidak Bisa Login YouTube Vanced
  5. Kembali lagi ke tampilan menu Aplikasi, lalu cari aplikasi lain bernama Layanan Google Play/PlayService. Setelah itu buka.Buka Layanan Google - Cara Mengatasi Tidak Bisa Login YouTube Vanced
  6. Disini kamu hapus cache kemudian hapus data.Hapus Data Dan Cache - Cara Mengatasi Tidak Bisa Login YouTube Vanced
  7. Kembali lagi dan cari aplikasi YouTube Vanced. Buka aplikasinya.
  8. Hapus cache dan hapus data juga.
  9. Kalau sudah clear semuanya. Uninstall YouTube Vanced.Uninstall Youtube Vanced - Cara Mengatasi Tidak Bisa Login YouTube Vanced
  10. Lalu install kembali YouTube Vanced. Dan coba login ke akunmu.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi tidak bisa login di YouTube Vanced. Ikuti langkah-langkah diatas untuk coba login ke dalam akun YouTube atau Google kalian ke dalam YouTube Vanced. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang