Cara Mengatasi Spotify Premium Duo Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Spotify Premium Duo Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Spotify Premium Duo Tidak Berfungsi

Spotify merupakan salah satu aplikasi music player online untuk PC dan smartphone (Android maupun iOS), yang menyediakan berbagai macam fasilitas.

Tidak hanya cuma musik, tetapi juga tersedia radio, podcast, rangkuman film, dan masih banyak lainnya.

Namun untuk memanfaatkan semua fasilitas tersebut, Spotify memberikan kesempatan bagi pengguna untuk berlangganan sebagai member premium

Dengan maksud, semua konten yang tersedia di spotify mengandung lisensi, sehingga sebagai bentuk support terhadap kreator, kita dapat mengapresiasinya dalam bentuk berlangganan.

Dan baru-baru ini Spotify kembali meluncurkan fitur terbaru, yakni Premium Duo.

Selain duo, mereka juga punya satu paket lagi yakni Spotify Family, dan peruntukannya memang jelas untuk pengguna yang sifatnya berkeluarga dengan jumlah user lebih dari dua orang.

Sayang sekali, terkadang Spotify masih sering memunculkan gejala error yang tidak terduga. Baik terjadi pada paket akun premium standar, family hingga duo.

Pada konten artikel ini, Tim Kompiwin akan memberikan panduan cara untuk mengatasi fitur Spotify Premium Duo yang tidak berfungsi.

Dengan harapan kalian bisa menikmati kembali semua layanan berbayar dengan minim kendala lagi.

Apa itu Spotify Premium Duo?

Sesuai dengan namanya, Spotify Premium Duo ditujukkan khusus untuk dua pengguna. Fitur ini sangat cocok untuk pasangan kekasih (couple) atau dua orang saja. Karena mereka bisa saling sharing preferensi lagu satu sama lain lewat menu playlist Duo Mix.

Jadi Spotify akan mencocokan like setiap music satu sama lain, lalu sistem akan mendeteksi untuk mencari playlist yang cocok dengan keduanya. 

Tetapi kalian tetap bisa mendengarkan lagu sendiri-sendiri kok, karena pada dasarnya paket duo ini terdiri dari dua akun yang berbeda. 

Sistemnya hampir sama dengan Spotify keluarga, jadi kalian harus memiliki alamat yang sama untuk semua akun.

Selebihnya layanan fitur sama dengan paket premium pada umumnya, seperti tanpa iklan, skip lagu tanpa batas, download hingga 10.000 musik, dan masih banyak lainnya.

Butuh Spotify versi MOD?

Link Download Spotify MOD Terbaru


Penyebab Spotify Premium Duo Tidak Berfungsi

Ada beberapa penyebab dan alasan Spotify Premium Duo tidak berfungsi. Sebelum kita membagikan panduan untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut beberapa penyebab pemasalahan tersebut terjadi di Spotify kalian :

  1. Paket dari Spotify Premium Duo kalian sudah kadaluarsa, namanya berlangganan kita perlu melakukan aktivasi berbayar di setiap periode yang ditanggalkan, tanpa kalian sadari mungkin saja paket sudah kadaluarsa.
  2. Link referral paket sudah kadaluarsa, bisa jadi orang yang mengirim kalian referral link spotify duo salah atau sudah kadaluarsa.
  3. Alamat kedua pendaftar berbeda, Spotify meminta untuk kedua alamat pengguna sama, jika berbeda artinya pengguna telah menyalahi kebijakan dan privasi aplikasi.
  4. Belum tersedia di negara kalian, terkait kebijakan hukum wilaayh setempat, terkadang ada beberapa ijin aplikasi yang ditangguhkan, bisa saja paket spotify premium duo ini belum ada di negaramu.
  5. Update Spotify ke versi terbaru, jadi versi aplikasi juga akan mempengaruhi fungsi dan fitur yang disediakan. Karena aplikasi terbilang versi lama, maka sebagian fitur tidak kompatibel.

Cara Mengatasi Spotify Premium Duo Tidak Berfungsi

Ketika mengalami pemasalahan error seperti ini, kita harus mengetahui tutorial tentang cara mengatasi Spotify Premium Duo tidak berfungsi di ponsel kita?

Tenang saja, semua masih bisa diatasi, silahkan kalian ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Cara 1 : Restart Perangkat Kalian

Sebagian besar masalah yang terjadi di ponsel kita, jika kerusakan itu terbilang ringan misalkan karena gangguan bug atau terjadi file yang rusak, kita dapat melakukan cara paling umum yaitu merestart perangkat HP.

Dengan cara ini, sistem dalam ponsel kemudian melakukan penyegaran seperti menutup aplikasi, menjalankan ulang memori, mengkomunikasikan sistem kembali dan menutup sebagian kerja yang tidak begitu penting.

Silahkan kalian coba terlebih dahulu, siapa tahu dengan cara berikut aplikasi dapat digunakan kembali.

Cara 2 : Logout & Login Kembali

Mungkin saja error terjadi karena akunmu sedang tidak stabil. Faktonya bisa dari server sistem pusat, koneksi internet atau aplikasinya.

Coba lakukan langkah sederhana seperti logout akun kemudian login kembali. Terkadang kita perlu membutuhkan tips simpel seperti ini untuk mengatasi permasalah error seperti berikut, kalau masih belum bisa silahkan lanjut ke cara berikutnya.

Cara 3 : Paket Sudah Kadaluarsa

Sistem paket Premium Duo ini diregistrasikan dengan biaya Rp 71.490 per bulan. Jika paket tersebut telah melebihi batas ketentuan, maka Spotify akan mengembalikan status akun menjadi reguler. 

Walaupun tersedia akses perbarui paket secara otomatis, seringkali orang lupa kalau mereka pernah mematikan dan membiarkan tidak menghidupkannya kembali.

Untuk itu coba kita cek apakah paket kalian masih aktif atau tidak.

  1. Buka website Spotify.
  2. Kemudian kamu pencet tombol Masuk.
  3. Disini pengguna diminta untuk login, silahkan masuk menggunakan akun masing-masing.Masuk Ke Akun Spotify
  4. Klik icon Pengaturan di pojok kanan atas.
  5. Setelah itu pencet menu Premium.
  6. Nanti akan muncul jendela tab baru, klik saja icon Profil di bagian atas.Klik Akun Dan Pencet Akun
  7. Scroll kebawah dan lihat status paketmu, jika masih aktif maka akan muncul Spotify Premium Duo. Jika tidak artinya paket sudah hangus.Status Spotify Terlihat Disana
Tutorial Lain:

Mau membagikan lagu-lagu yang sering kamu dengarkan di Instagram? Ikuti panduan cara membagikan lagu Spotify di Instagram.

Cara 4 : Kirim Ulang Undangan Spotify Duo

Sistem mendaftar akun Spotify Premium Duo ini semacam menggunakan tautan referal untuk pihak kedua.

Jadi orang pertama daftarkan akun Spotify Duo terlebih dahulu baru setelah itu ia akan membagikan undangan kepada akun kedua yang akan join paket duo ini.

Jadi solusinya coba kalian kirimkan ulang dan masuk ke dalam link tersebut.

  1. Buka website www.spotify.com/account/duo/
  2. Disini pengguna diminta untuk login, silahkan masuk menggunakan akun masing-masing.Silahkan Login Ke Akunmu
  3. Klik kotak tombol Invite Someone.Pencet Tombol Invite Someone
  4. Nanti akan tersedia metode share undangan ini, kalian bisa pilih via SMS, tautan link, Whatsapp atau Email.Pilih Metode Pembagian Undangan
  5. Terakhir tinggal kirimkan tautan Undangan tersebut kepada akun yang ingin kamu ajak Duo.Bagikan Undangan Tersebut
  6. Setelah itu mereka akan login lalu mengisi identitas termasuk lokasi alamat.
  7. Kalau berhasil terkonfirmasi, maka akun sudah aktif.

Cara 5 : Gunakan Alamat Yang Sama

Perlu kalian perhatikan kalau kebijakan paket Spotify Premium Duo ini hanya dapat berlaku untuk kedua akun yang memiliki alamat sama. 

Pastikan antara pengguna satu dengan pengguna dua memasukkan alamat yang serupa.

Untuk mengubahnya kalian tinggal share kembali tautan undangan, kemudian pihak kedua registrasikan alamat yang sama dengan yang diregistrasikan oleh akun pertama.

  1. Silahkan masuk ke website www.spotify.com/account/duo/
  2. Pertama login terlebih dahulu, silahkan masuk menggunakan akun masing-masing.Masuk Untuk Perangkat Kedua
  3. Klik kotak tombol Invite Someone.Pencet Tombol Invite Someone
  4. Nanti akan tersedia metode share undangan ini, kalian bisa pilih via SMS, tautan link, Whatsapp atau Email.Pilih Metode Pembagian Undangan
  5. Terakhir tinggal kirimkan tautan Undangan tersebut kepada akun yang ingin kamu ajak Duo.
  6. Buka tautan undangan di perangkat kedua.Klik Untuk Membuka Link
  7. Lalu login menggunakan akun Spotify.
  8. Setelah itu isikan alamat sesuai yang diisikan pengguna pertama.Samakan alamatnya Dengan Awal
  9. Selesai.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi Spotify Premium Duo tidak berfungsi. Silahkan ikuti tutorial diatas untuk membantu akun kalian normal kembali. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.