Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman

Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman

Beberapa dari pengguna aplikasi marketplace Shopee mungkin sudah mengetahui bahwa terjadi perubahan dari aplikasi yang satu ini.

[toc]

Namun, sebagian lain mungkin belum mengetahui bahwa Shopee mengubah kebijakan mengenai jasa kirimnya yang sudah efektif berlaku mulai pertengahan bulan maret 2021.

Banyak pengguna yang mungkin kebingungan karena mereka sudah tidak dapat memilih jasa pengiriman yang mereka inginkan.

Hal ini terjadi memang karena kebijakan baru milik Shopee yang membuat pelanggan hanya bisa memilih jenis pengiriman produk bukan jasa pengiriman yang diinginkan, Shopee yang akan memilih secara otomatis jasa kurirnya.

Namun, tidak perlu khawatir karena dalam kesempatan kali ini, kami akan memberikan cara mengatasi Shopee tidak ada jasa pengiriman.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, permasalahan ini terjadi karena kebijakan baru dari Shopee.

Walaupun sudah diumumkan beberapa bulan sebelum berlaku, tetap saja ada cukup banyak pengguna Shopee yang masih bingung kenapa hal ini terjadi dan banyak yang merasa dicurangi karena tidak lagi dapat memilih jasa pengiriman yang mereka inginkan.

Hal ini bisa cukup merugikan pelanggan, terutama karena beberapa jasa pengiriman memiliki harga yang berbeda-beda serta pelanggan memang memiliki jasa kurir favorit yang sering mereka gunakan.

Selain bisa saja mendapatkan jasa kurir yang lebih mahal, pengguna Shopee juga tidak senang karena kebebasan mereka untuk memilih juga diambil. Tidak aneh beberapa pengguna Shopee yang kesal malah beralih ke marketplace online lainnya seperti Tokopedia dan Lazada.ย 

Shopee sendiri merupakan marketplace online yang banyak digemari di Indonesia, total sudah lebih dari jutaan orang di Indonesia bahkan Asia Tenggara yang menggunakan aplikasi ini dibandingkan aplikasi marketplace online lainnya.

Banyak orang yang memilih menggunakan marketplace online ini dikarenakan segala fasilitas yang disediakan oleh Shopee dan masih banyak yang ingin menggunakan Shopee untuk berbelanja, tetapi merasa tidak nyaman hanya karena masalah pemilihan kurir.ย 

Namun, bagi pengguna Shopee tidak perlu khawatir ada satu cara yang bisa dilakukan agar kamu masih bisa tetap memilih jasa kurir yang kamu inginkan. Hal ini juga tidak sulit untuk dilakukan.

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial serta langkah-langkah cara mengatasi Shopee tidak ada jasa pengiriman untuk membantu pengguna Shopee.

Mengapa Tidak Ada Jasa Pengiriman

Seperti yang kita ketahui hal ini ternyata disebabkan oleh adanya kebijakan baru yang di sudah diterapkan oleh pihak Shopee.

Kebijakan tersebut mulai diberlakukan pada tanggal 15 maret 2021 yang dimana membuat pembeli di Shopee tidak bisa lagi memilih jasa pengiriman yang disediakan oleh pihak ketiga.ย 

Jika sebelum kebijakan ini berlaku sebelumnya kamu masih bisa memilih jenis jasa pengiriman saat memesan barang, maka saat ini fitur tersebut sudah tidak ada lagi, alias sudah tidak berlaku lagi.

Misalnya sebelumnya kamu bisa memilih menggunakan berbagai jasa pengiriman seperti J&T, Ninja Express, JNE, Sicepat, dan Antar Aja.

Namun, setelah diberlakukannya kebijakan terbaru Shopee, kamu hanya bisa memilih salah satu saja tipe pengiriman barang. Misalnya same day, next day, reguler, atau cargo, jasa pengiriman, Shopee sendiri yang akan pilih.ย 

Misalnya kamu memilih untuk menggunakan tipe pengiriman Reguler, maka pihak Shopee akan memilihkan kurir yang melayani pengiriman reguler.

Jadi, kamu akan mengetahui jasa pengiriman apa yang kamu dapatkan setelah kamu selesai memesan barang. Adanya perubahan kurir di Shopee ini tentu saja membuat para penggunanya merasa bingung dan tidak sedikit yang merasa terganggu.

Namun, tenang saja kamu bisa mengatasi masalah tidak bisa ganti jasa pengiriman reguler di aplikasi shopee. Langsung saja simak bagaimana cara mengatasi Shopee tidak ada jasa pengiriman lewat langkah-langkah berikut ini.

Mau order makanan di Shopee Food tapi belum pernah? Begini cara pesan makanan di Shopee Food.

Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman

Kamu mungkin sudah merasa nyaman dengan kurir tertentu atau ingin mengetahui kurir mana yang lebih murah untuk menghemat biaya pengiriman.

Sehingga kamu ingin menggunakan kurir tersebut untuk melakukan pemesanan di Shopee. Tenang saja, kamu masih bisa mengganti jasa pengiriman kamu di Shopee dengan langkah-langkah ini.

  1. Tanyakan kepada penjual (seller) jasa pengiriman apa saja yang digunakan. Jika seller hanya menggunakan satu kurir saja tidak berarti. Pastikan kamu memiliki pilihan untuk jasa pengiriman.
  2. Buat pesanan seperti biasa dan pilih jasa pengiriman reguler, lalu bayar.Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman 8
  3. Setelah selesai memesan, bukan akun milikmu dan buka pilihan dikemas. Selanjutnya tinggal klik pesanan yang baru saja kamu buat.Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman 9
  4. Buka pesanan tersebut dan akan terdapat pilihan untuk mengubah jasa kirim. Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman 10
  5. Pilih kurir yang kamu inginkan. Pastikan kamu sudah memilih jasa pengiriman yang sesuai dengan keinginan kamu karena hal ini hanya dapat diubah satu kali saja.Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman 11
  6. Nah, pastikan kurir yang kamu pilih sudah berubah.Cara Mengatasi Shopee Tidak Ada Jasa Pengiriman 12
  7. Cara mengatasi shopee tidak ada jasa pengiriman selesai!

Akhir Kata

Begitulah cara mengatasi Shopee tidak ada jasa pengiriman. Bagaimana menurut kalian? Tentunya langkah-langkah ini tidak sulit untuk dilakukan bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan silahkan coba langkah-langkah ini sendiri.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.