Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Mouse mendadak sering error merupakan suatu hal yang menyebalkan. Apalagi kalau tombol utama mouse tersebut tidak berfungsi, contohnya menghilangnya respon pada tombol sebelah kiri.

Tombol kiri pada mouse berfungsi untuk membuka, menyeleksi, memilih dan menjalankan fungsi seret. Jika tombol ini tidak berfungsi, artinya sebagian peran mouse dalam komputer tidak dapat kita gunakan seutuhnya.

Belum lagi kalau kasus tersebut terjadi disaat bermain game, jauh lebih menjengkelkan lagi bukan?

Terkait permasalahan tersebut, tim Kompiwin akan berikan kamu tutorial tentang cara mengatasi mouse klik kiri tidak berfungsi (100% work) tanpa bongkar bodi maupun komponennya.

Penyebab Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi

Pertanyaannya, kenapa mouse kita mendadak tidak berfungsi. Apalagi hanya di bagian tombol sisi kirinya saja…apa yang membuat kerusakan ini muncul?

Jadi kemungkinan kasus ini muncul adalah karena kondisi komponen mouse yang tidak lagi memungkinakn. Contoh, pemakaian dalam jangka lama akan menyebabkan beberapa fungsi tombol semakin menurun.

Hal tersebut juga berkaitan dengan bagaimana cara pemakaian kalian, kalau terlalu memberikan pressure di tombol-tombol mouse jelas bakal mengakibatkan cepat rusak.

Lalu mouse sering terkena damage, misalnya terjatuh atau sengaja kalian banting…alhasil mengakibatkan komponen didalamnya menjadi rontok. Dan ujung-ujungnya hanya akan merusak kondisi mouse tersebut.

Bisa juga akibat debu dan kotoran, lama pemakaian serta bagaimana cara kalian menyimpan, berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mouse. Entah itu memancing kotoran masuk, debu yang semakin menumpuk atau bahkan tanpa sengaja pernah ketumpahan air.

Lalu yang terakhir bisa dari sistem konfigurasi komputer kalian berubah, entah disebabkan oleh driver, chip mouse yang error, dan lainnya.

Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Munculnya tanda-tanda mouse error bisa kapan saja terjadi, tips buat pengguna mouse wireless kalian juga harus rutin memperhatikan kondisi baterai mouse agar saat kita gunakan tidak ada alasan untuk mouse kehabisan baterai.

Tetapi bagaimana kalau kasus ini terlanjur menimpa kalian? apa saja cara mengatasi mouse klik kiri tidak berfungsi (100% Work) tanpa bongkar yang harus dilakukan?

Penjelasan lebih detail, silahkan simak tutorialnya dibawah ini.

Cara 1 : Bersihkan Kondisi Mouse

4 Bersihkan Mousenya - Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Mouse konvensional yang masih menggunakan tombol mekanik untuk menekan setiap fungsi perintahnya, bisa kamu perhatikan selalu memiliki celah rongga khusus di area tombol kiri dan kanan mouse.

Celah-celah ini sangat berpotensi kotor, apalagi kalau kamu salah menyimpannya, bisa saja ada benda masuk dan menutupi fungsi tombol pada klik kiri hingga mengakibatkan rusak.

Solusinya coba kamu bersihkan menggunakan kuas kecil, jangkau untuk area-area kecil dengan tusuk gigi. Pastikan celah tombol sisi kiri bersih dan tidak ada benda yang mengganjal tombol tersebut.

Cara 2 : Sambungkan Kembali Mouse

5 Lepaskan Koneksi USB - Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Seringkali mouse mengalami error akibat komunikasi yang tidak stabil. Efeknya seketika beberapa fungsi dalam tombol perintah mouse mendadak tidak bekerja selayaknya mouse normal.

Coba kamu lepaskan sambungan USB mouse dan hubungkan kembali di slot SUB disampingnya. Matikan dan nyalakan kembali untuk jenis mouse wireless.

Cara 3 : Gunakan Treatment Di Komputer

1 Klik Kiri Tahan - Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Untuk tipe mouse tertentu, ketika fungsi tombol klik kiri mendadak error, kalian bisa lakukan treatment seperti menekan tombol kiri selama 30 – 60 detik dengan digerakkan sebanyak 3 – 4 kali.

Jadi percobaan pertama silahkan klik kiri dan tahan selama 60 detik, sambil kamu gerakkan mousenya lalu lepaskan. Ulangi lagi di percobaan kedua dengan tahan selama 60 detik sambil gerakkan. Begitu seterusnya sampai 4 kali percobaan.

2 Lepaskan Koneksi Mouse - Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar
3 Klik Kiri Terus - Cara Mengatasi Mouse Klik Kiri Tidak Berfungsi (100% Work) Tanpa Bongkar

Kemudian kamu lepaskan koneksi mouse dari komputer, dan biarkan tanpa tersambung. Setelah itu klik tombol kiri secara cepat selama 1 menit tanpa henti.

Terakhir jika sudah sambungkan lagi mouse tersebut. Dan silahkan kamu coba.

Cara 4 : Beli Mouse Baru

Jika kerusakan disebabkan oleh komponen yang rusak dan nyaris tidak bisa kita perbaiki. Akan lebih baik kalau kamu beli perangkat mouse dengan yang baru.

Dibanding kita bongkar bodi mouse, dan perbaiki komponen jalur elektroniknya, jauh lebih lebih menyulitkan dibanding menggantinya yang baru.

Produk Terlaris di Shopee
Gambar Produk
Logitech B100 Mouse Kabel USB Optical
Rp53.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Logitech B175 Mouse Wireles
Rp105.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Logitech M330 Mouse Wireless Silent Click
Rp159.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Logitech M220 Mouse Wireless Silent Click
Rp159.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
INONE Mouse Silent Click Wireless
Rp52.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Mouse Wireless ROBOT M210
Rp61.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Fantech RAIGOR II WG10 Wireless
Rp69.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Mouse Gaming Honey Comb AULA F-809
Rp105.000
BELI SEKARANG

Akhir Kata

Semoga cara mengatasi mouse klik kiri tidak berfungsi (100% Work) tanpa bongkar dapat membantu permasalahan error kalian. Ikuti langkah yang menurut kalian efektif dari segi persoalan mouse error. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang