Cara Mengatasi Localhost 5774 Aplikasi Dapodik Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Localhost 5774 Aplikasi Dapodik Tidak Bisa Dibuka 13
Cara Mengatasi Localhost 5774 Aplikasi Dapodik Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi localhost 5774 aplikasi Dapodik tidak bisa dibuka, itu penting diketahui bagi para petugas operator sekolah.

Namun sebelumnya, bagi yang asing dengan nama Dapodik berikut, bisa dibilang sebutan ini untuk sebuah sistem pendataan yang digunakan untuk mengumpulkan semua informasi terkait data kelembagaan, kurikulum sekolah, siswa, guru dan karyawan.

Dapodik yang merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan ini memiliki peran yang sangat vital, karena Dapodik banyak menyangkut beragam jenis fungsi-fungsi yang nantinya akan dijadikan sebagai acuan data oleh Kemendikbud.

Sistem ini setiap tahun terus mengalami update seiring mengikuti perkembangan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud.

Meski peran dan fungsinya sangat dibutuhkan, terkadang Dapodik sering mengalami gagal akses atau tidak bisa dibuka. Mereka yang mencoba mengakses sistem ini akan mendapatkan notifikasi We Are Sorry, But Something Went Terribly Wrong di halaman localhost 5774 ketika laman tidak dapat dijangkau.

Kemungkinan besar, sistem Dapodik yang tidak dapat diakses ini disebabkan oleh services DapodikDB status tidak dalam status started. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut langkah yang harus kamu lakukan.

Cara Mengatasi Localhost 5774 Aplikasi Dapodik Tidak Bisa DibukaWebsite Error

Mau download file lewat Google Drive tapi terkena limit ? Ikuti cara mengatasi limit Google Drive dengan mudah.

Sudah mencoba beberapa browser tapi tetap gagal buat akses laman Dapodik? dan ketika dipaksa masuk beberapa kali tetap saja hasilnya masih nihil. Ujung-ujungnya kamu akan mendapatkan notifikasi seperti We Are Sorry, But Something Went Terribly Wrong atau lama tidak dapat diakses pada halaman localhost 5774.  Untuk bisa kembali mengakses Dapodik, cara yang bisa kamu lakukan yaitu :

  1. Pertama tekan tombol Win + R dan masukkan perintah msc.Masukkan Servicesmsc Pada Windows + R
  2. Tekan OK untuk membuka program services.
  3. Cari bagian yang bernama DapodikDB dan DapodikWebSrv. Nanti pada bagian service local akan muncul keterangan. Silahkan klik Start pada bagian ini.Cari DapodikWebSrv dan Tekan Start Cari Dapodik BD dan Tekan Start
  4. Tunggu sampai selesai.
  5. Jika sudah jalankan laman Dapodik kembali.
  6. Laman sudah kembali bisa diakses.Website Sudah Bisa Diakses

Jika kamu menggunakan aplikasi atau software Dapodik, silahkan ikuti langkah dibawah ini :

  1. Uninstall Dapodik kamu.
  2. Download dan pastikan dapodik yang kamu dapatkan merupakan versi terbaru.
  3. Setelah itu masuk ke dalam Browser, masuk ke Settings -> Privacy and Security -> Clear browsing data.Klik Opsi Tambahan Dan Pilih Settings Pilih Privacy and Security Lalu Tekan Clear Browsing Data
  4. Akses kembali Dapodiknya.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah bisa membuka lagi Data Pokok Pendidikan menggunakan metode cara mengatasi localhost 5774 aplikasi Dapodik tidak bisa dibuka diatas. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.