Cara Mengatasi Error This Device Cannot Start Code 10

Cara Mengatasi Error This Device Cannot Start Code 10 1
Cara Mengatasi Error This Device Cannot Start Code 10

Kalian suka kesal gak kalau secara tiba-tiba laptop yang kita gunakan muncul program error yang kita pun sendiri gak tahu penyebabnya dari mana.

Hal ini sangat berkaitan dengan pembahasan kita berikut yakni cara mengatasi error “This Device Cannot Start Code 10“. Coba ada yang bisa mengartikan gak kenapa dan bagaimana masalah ini bisa muncul secara tiba-tiba.

Bagi user expert mungkin sudah terbiasa dengan pemrograman didalam sistem komputer, namun jika hal ini menimpa user awam, yang dia sendiri pun baru mengetahui persoalan kode error ini bisa muncul di tampilan device nya, pasti bakal kesulitan

Penjelasan Error This Device Cannot Start Code 10

Lalu apa itu error code 10 yang sedang terjadi di device komputermu? Faktanya penjelasan tentang permasalahan ini hanyalah device komputermu gagal menjalankan perangkat keras seperti flashdisk, kabel USB, printer atau driver yang lainnya dengan semestinya.

Biasanya error akan muncul setelah Windows coba menginstall untuk driver perangkat baru, yang bertujuan untuk mencegah drive CD atau penyimpanan lain tampil di dalam This PC.

Umumnya kamu akan menemui masalah error code 10 saat menghubungkan perangkat USB atau Audio.

Tenang saja dibawah ini akan kita sediakan cara mengatasi error “This Device Cannot Start Code 10“. Silahkan simak segmen berikut.

Cara 1 : Restart Komputer/RebootRestart PC Atau Komputer Kamu

Terkadang ada beberapa masalah ringan yang itu bisa kita selesaikan dengan cara sederhana yakni restart.

Selain mudah, metode yang pertama ini memang sangat worth tanpa perlu membuang-buang waktu trial and error metode serupa.

Cara 2 : Jalankan Perintah PowerShellMasukkan Perintah CMD

Tujuan dari cara yang kedua ini adalah untuk melakukan menu Troubleshoot di program yang sedang error. Jalan alternatifnya yaitu bisa dengan perintah Powershell atau Command Prompt.

Caranya tekan tombol Windows + X, pilih bagian menu Command Prompt. Setelah terbuka memasukkan perintah msdt.exe -id DeviceDiagnostic kemudian Enter.

Cara 3 : Update Driver

Koneksi driver dalam PC itu dapat dipantau lewat menu Device Manager. Sebelumnya pastikan apa dulu jenis perangkat keras yang terakhir terhubung di PC kamu.

Atau bisa dicek secara otomatis driver mana yang harus diupdate, caranya bisa ikuti metode dibawah ini:

  1. Tekan tombol shortcut Windows + X.
  2. Pilih Device Manager.
  3. Buka panah atau dropdown driver buat membuka list driver yang terinstall.Ketuk Drop Down Drivers
  4. Klik kanan salah satu, kemudian tekan Update Driver.Klik Kanan Untuk Update Drivers
  5. Jika muncul jendela konfirmasi, pencet bagian Search automatically for drivers.
  6. Tunggu sampai selesai.
Menemui error 0xc00005? Belum tahu cara memperbaikinya? Silahkan ikuti tutorial cara memperbaiki Error 0xc0000.

Cara 4 : Edit Registry

Jika cara mengatasi error “This Device Cannot Start Code 10“, kamu dapat mengatur atau mengedit lewat bantuan nilai Registry.

Bagian yang perlu diatur ulang adalah file program yang berfungsi antara Windows dengan perangkat keras.

Untuk caranya silahkan simak penjelasan dibawah ini :

  1. Tekan shortcut Windows + R.
  2. Masukkan perintah Regedit. Lalu OK.Ketuk Shortcut Windows R Dan Masukkan Regedit
  3. Masukkan alamat HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Class pada pencarian navigasi.Masuk Ke Alamat Folder Registry
  4. Pada folder Class kamu akan dihadapkan dengan kode GUID (Pengidentifikasi Unik Secara Global), untuk mematikan mana yang sedang terjadi masalah, bisa kroscek lewat menu Device Manager Lagi.
  5. Buka Device Manager lewat Shortcut Windows + X. Kemudian cari driver yang sedang mengalami masalah, double klik driver tersebut arahkan pada tab Details/Events. Nantinya akan memunculkan informasi Class Guide Value.Double Klik Driver Yang Error
  6. Cocokkan dengan folder Class pada Folder Registry, kalau ingin cepat langsung pakai Edit -> Find.Ketuk Edit Lalu Find
  7. Silahkan cari item bernama UpperFilters dan LowerFilters. Klik kanan salah satu item tersebut, karena terkadang hanya ada satu item yang tersedia.Delete Item Berikut
  8. Klik kanan kalau tekan Delete.
  9. Terakhir tinggal Reboot.
  10. Selamat mencoba.

Cara 5 : Update WindowsMasuk Ke Settings PC Dan Update OSnya

Program terjadwal yang diberikan Microsoft sebagai layanan utama adalah mengupdate versi Windows paling terbaru.

Coba saja kamu lakukan cara ini, siapa tahu ada beberapa jaringan bug yang mengganggu jalannya Operating System termasuk memunculkan berbagai masalah krusial.

Cara updatenya cukup mudah, terkadang perangkat akan mengingatkan lewat tools khusus di bagian Toolbar atau di bagian menu tombol Power. Atau bisa dengan cara manual lewat Settings ➤ Update & Security ➤ Windows Update.

Windows kamu sering BSOD dan muncul ERROR atimapg.sys? Untuk memperbaikinya silahkan ikuti langkah-langkah mengatasi ERROR atikmpag.sys BSOD Windows.

Cara 6 : Periksa Perangkat Di PC Lain

Bisa saja permasalahan ini bukan terjadi karena PC kamu, melainkan dari perangkat eksternal tersebut yang sudah rusak.

Coba deh cek atau colokkan ke perangkat lain, jawabannya dapat kamu simpulkan setelah notifikasi pesan tersambung muncul.

Akhir Kata

Demikianlah tutorial seputar cara mengatasi error this device cannot start code 10 itu masih bisa dilakukan dengan mengganti perangkat baru, melakukan pemulihan sistem atau reset, atau bisa menggunakan driver lama. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.