Cara Mengatasi Error Steam_api.dll

Cara Mengatasi Error Steam_api.dll 10
Cara Mengatasi Error Steam_api.dll

Terkadang sebuah program yang terinstall di komputer sering membutuhkan berkas file berformat .dll. Namun format tersebut suka menjadi pemicu masalah tertentu, seperti yang akan kita bahas kali ini yaitu cara mengatasi error Steam_api.dll.

Sesuai dengan namanya, error yang satu ini masih berhubungan dekat dengan aplikasi Steam. Software launcher game berikut akan mengalami error ketika pengguna coba menjalankan permainan yang terpasang di dalam steam.

Sebagian ada yang bilang kalau rata-rata kasus error cenderung menimpa para player yang menginstall game bajakan. Namun setelah admin telisik lebih dalam, error Steam_api.dll juga berpotensi menyasar kepada player yang menginstall game ori sekalipun.

Penyebab Error Steam_api.dll

Melakukan maintenance sebuah aplikasi game ternyata cukup penting buat memperlancar sistem supaya tidak terhindar seperti kejadian berikut.

Kasus cara mengatasi error Steam_api.dll ini cukup lazim terjadi karena ada beberapa alasan tertentu.

Yang pertama meskipun pengguna sudah ngecek didalam direktori penyimpanan file game bersangkutan tetap masih ada berkas steam_api.dll, tetapi tidak selamanya keberadaan file tersebut menandakan kalau sistem sanggup merespon dengan normal.

Kesalahan yang umum terjadi dalam berkas error Steam_api.dll yakni file bisa saja corrupt, mungkin bisa dari gangguan virus atau defect bug.

Kemudian file steam_api.dll sudah usang dan minta untuk di update ke versi terbaru. Penggunaan versi lawas tentu akan memiliki pantangan contohnya seperti miss kompatibel yang terproses di dalam komunikasi sistem internal.

Dan yang terakhir adalah berkas steam_api.dll hilang dari lokasi penyimpanan folder. Untuk mengembalikan kondisi menjadi normal, silahkan simak cara mengatasi error Steam_api.dll dibawah ini.


Cara Mengatasi Error Steam_api.dll

Ada beberapa opsi jalan keluar dalam mengatasi persoalan error Steam_api.dll.

Sebagai cara utama, kita akan gunakan metode replace file steam_api.dll karena sesuai penyebab permasalahan kali ini adalah file yang tersimpan dalam direktori mengalami kerusakan entah itu corrupt, versi kadaluarsa bahkan hilang.

Cara 1 : Download Dan Replace File Steam_api.dll

Berkas Steam_api.dll ini dapat pengguna akses dan dapatkan di internet secara gratis. Silahkan kamu download versi paling terbaru dan pilih system type antara 32-bit atau 64-bit sesuai yang tertulis di spesifikasi Windows. (Baca Selengkapnya: cara melihat bit laptop/komputer)

  1. Cek dulu Windows Spesifikasi untuk mengetahui system type bit, caranya klik tombol Windows + R.
  2. Setelah muncul jendela run, ketik dxdiag.exe, kemudian OK.Ketik Dxdiag
  3. Lihat bagian Operating System, disana tertulis apakah detail sistem operasi yang terpasang di komputermu merupakan 32-bit atau 64-bit.Lihat System Type
  4. Silahkan masuk ke website berikut untuk download file steam_api.dll 64 bit.
  5. Masuk ke website ini untuk download file steam_api.dll 32 bit.
  6. Download file yang paling atas, karena paling update dan baru.Klik Tombol Download
  7. Setelah file berhasil di download, buka lokasi unduhan kemudian klik kanan dan ekstrak file.Klik Kanan Dan Ekstrak File
  8. Copy berkas steam_api.dll.Klik Kanan Dan Copy File
  9. Paste di alamat direktori C:/Windows/SysWOW64 untuk versi 64-bit, atau paste di C:/Windows/System32 untuk 32-bit.Silahkan Paste Di Alamat Direktori
  10. Jika muncul konfirmasi Destination Folder Access Denied, tekan saja Continue.
  11. Restart PC dan jalankan kembali.

DOTA 2 Packet Loss :

Mengalami packet loss saat bermain game DOTA 2 di Steam? Kami pandu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut di konten artikel ini.


Cara 2 : Lakukan Scan File Lewat CMD

Cara mengatasi error steam_api.dll yang berikutnya, kalian bisa pakai bantuan program command prompt.

Aplikasi ini dipercaya dapat menyelesaikan masalah sistem yang kompleks. Pengguna tinggal masukkan script command tertentu, maka komputer akan merespon dengan otomatis.

  1. Buka menu Start, cari program Command Prompt.
  2. Setelah muncul klik kanan kemudian Run as administrator.Run As Administrator CMD
  3. Lalu ketikkan perintah sfc /scannow, dan Enter.Masukkan Script Scannow
  4. Tunggu beberapa saat sampai Windows selesai memperbaiki sistem secara otomatis.Tunggu Prosesnya Selesai
  5. Jika sudah tinggal silang CMD.

Cara 3 : Nonaktifkan Antivirus

Walaupun cara ini terbilang tidak aman, karena mematikan proteksi komputer. Namun gak ada salahnya kalian coba jika tips diatas masih belum bisa membantu.

Antivirus akan mendeteksi ancaman sebab tidak sedikit kasus file steam_api.dll sudah dimodifikasi sehingga sistem protection mengira file tersebut akan berbalik menyerang komputer.

Respon antivirus sebagai software proteksi akan seketika itu juga menghapus file steam_api.dll karena indikasi virus tadi.

Oleh sebab itu kita disini coba sarankan kalau kalian coba matikan sementara antivirus ketika menjalankan game yang bermasalah error steam_api.dll.

Error Steam :

Tidak bisa bermain game Steam dan muncul informasi Failed To Start Game? Begini cara mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut di konten artikel ini.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah pembahasan kita mengenai cara mengatasi error Steam_api.dll yang kita bisa sajikan diatas.

Silahkan ikuti arahan diatas untuk memperbaiki keluhan yang sedang komputer kalian alami. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.