Cara Mengatasi Error 0x803f7001 saat Aktivasi Windows

Cara Mengatasi Error 0x803f7001 saat Aktivasi Windows 10
Cara Mengatasi Error 0x803f7001 Aktivasi Windows

Aktivasi Windows perlu dilakukan agar semua akses fitur yang ada didalam sistem bisa kita gunakan semuanya.

Proses aktivasi, membutuhkan product key Windows ini kadang suka memunculkan gejala atau masalah yang tidak terduga. Untuk pengguna Windows 10, silahkan kunjungi product key untuk Windows 10 untuk mendapatkan license key secara gratis / free.

Permasalahan yang sering muncul ketika sedang melakukan aktivasi adalah muncul kode error 0x803f7001.

Untuk itu Tim Kompiwin kali ini telah memberikan solusi jalan keluar cara mengatasi error 0x803f7001 saat melakukan aktivasi Windows.

Kalian gak perlu khawatir karena persoalan berikut cukup sering dialami oleh banyak orang, rata-rata permasalahan terjadi di sistem operasi versi Windows 8 dan Windows 10.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, pengguna harus tahu apa yang menyebabkan peringatan kode tersebut muncul.

Penyebab Error 0x803f7001 Aktivasi Windows

Beberapa menyatakan bahwa kode 0x803f7001 muncul ketika proses aktivasi Windows, yang pertama bisa dari kesalahan saat installasi Windows ke dalam perangkat.

Saat proses install Windows 10 dengan bootable flashdisk, dari installer melakukan update pada BIOS.

Faktor penyebab selanjutnya, bisa saja karena Server Microsoft sedang bermasalah. Jika poin ini, pengguna hanya dapat menunggu dan mencoba proses aktivasi di kemudian hari.

Lalu bisa saja ketika pemasangan lewat bootable flashdisk Windows 10 terkena virus. Jadi kalau langkah awal sudah tidak beres maka hasil prosesnya pun berjalan kurang sempurna.

Perubahan konfigurasi komputer ternyata juga mempengaruhi error, seperti penggantian komponen motherboard, atau improvement yang sifatnya merubah signifikan.

Untuk merespon kerusakan bagaimana cara mengatasi error 0x803f7001 aktivasi Windows agar perangkat kembali normal ? Silahkan simak segmen penjelasan di bawah untuk lebih lanjut.

Tutorial Aktivasi Windows :


Cara Mengatasi Error 0x803f7001 Aktivasi Windows

Ada beberapa pilihan yang bisa kalian gunakan dalam tutorial cara mengatasi error 0x803f7001 aktivasi Windows dalam kasus ini. Bagi yang mengalami error tersebut ketika melakukan aktivasi Windows 10.

Silahkan ikuti langkah-langkah mengatasi error tersebut di bawah ini:


Cara 1 : Jalankan Troubleshooter Activation

Untuk cara yang pertama kita akan lakukan troubleshooter activation pada menu Settings, dipercaya dapat memulihkan kasus persoalan sistem.

Di dalam Windows versi terbaru, misalnya Windows 10…sudah tersedia tombol Troubleshooter sebagai alat pembantu pemulihan sendiri.

  1. Silahkan klik tombol Start.
  2. Kemudian buka Settings yang bentuknya seperti icon Gear.Buka Settings
  3. Setelah terbuka jendela Settings, kamu bisa tap menu Update & Security.Klik Update Security
  4. Pada bagian sisi menu tab kiri, silahkan masuk ke judul Activation.
  5. Kemudian pencet tombol Troubleshoot.Tap Activation Dan Troubleshoot
  6. Tunggu sistem menyelesaikan masalah sampai kelar.

Cara 2 : Masukkan Product Key Secara Manual

Cara mengatasi error 0x803f7001 aktivasi Windows yang kedua silahkan kamu memasukkan product key didalam menu pengaturan Activation.

Disini sudah tersedia tombol bertuliskan Change Product Key, mungkin bisa saja terjadi kesalahan pada lisensi yang dimasukkan sebelumnya, maka cara yang tepat adalah mengganti dengan product key yang baru.

  1. Hubungkan komputer dengan koneksi internet.
  2. Buka tombol Start.
  3. Kemudian arahkan ke menu Settings.Buka Settings
  4. Setelah itu pencet bagian menu Update & Security.Klik Update Security
  5. Pada sisi menu tab kiri, kalian bisa ketuk tombol Activation.
  6. Dalam menu ini tersedia tombol tulisan Change Product Key, silahkan pencet link tombol tersebut.Klik Change Product Key
  7. Masukkan product key yang kamu punya lalu konfirmasi.

Cara 3 : Masukkan Product Key Lewat Regedit

Banyak cara untuk memasukkan product key sebagai aktivasi Windows.

Jika pilihan default diatas masih belum membantu, silahkan masuk ke dalam Registry Editor untuk menginput product key secara manual.

  1. Pencet kombinasi tombol Windows + R secara bersamaan.
  2. Setelah keluar, ketikan regedit. Kemudian pencet OK.Ketik Regedit
  3. Silahkan masuk ke alamat Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion.Masuk Ke Alamat Direktori
  4. Jika sudah berada di dalam folder tersebut, silahkan double klik bagian program bernama ProductId.Double Klik ProductID
  5. Pada kolom kotak Value Data, kamu bisa isi dengan product key baru yang sudah didapatkan.Masukkan Product Key Di Value Data
  6. Terakhir tekan OK, dan restart komputer.

Cara 4 : Gunakan Activator Windows

Selanjutnya kita dapat mengatasi error 0x803f7001, dengan melakukan aktivasi dengan menggunakan activator Windows (unduh activator sesuai dengan Windows).

Saran : Kami tidak menyarankan cara ini ya, karena illegal dan sewaktu-waktu Windows kamu dapat terdeteksi lisensi bajakan.

Info Tambahan :

Sebenarnya masih ada satu tips lagi yakni dengan script command di Command Prompt (CMD). Silahkan buka Command Prompt (CMD) dengan menggunakan administrator, lalu ketik perintah slmgr –rearm.

Kemudian Enter. Tunggu sampai muncul jendela Windows Script Host sebagai perintah restart PC.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara mengatasi error 0x803f7001 aktivasi Windows. Silahkan pilih salah satu pilihan diatas untuk menyelesaikan permasalahan di dalam komputermu. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.