Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Dapat Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Dapat Dibuka 7
Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Dapat Dibuka

Sebagai salah satu aplikasi media sosial terbesar di dunia, Instagram cukup sering dicari orang-orang dikala mereka mulai gabut atau sekedar mengisi waktu luang.

Namun, bagaimana jika faktanya aplikasi tersebut error, apa yang seharusnya kita lakukan?

Disini Tim Kompiwin bakal bahas cara mengatasi aplikasi Instagram tidak dapat dibuka. Karena cukup banyak pengguna diluar sana yang mengeluhkan kejadian sama.

Peristiwa aplikasi Instagram tidak dapat dibuka, biasanya dibarengi dengan notifikasi “Sayangnya Instagram Telah berhenti“.

Ini menandakan bahwa sedang terjadi hal yang tidak beres pada bagian jaringan maupun aplikasinya.

Terus apa yang sebenarnya terjadi dengan aplikasi media sosial tersebut?

Penyebab Aplikasi Instagram Tidak Dapat Dibuka

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti yakni cara mengatasi aplikasi tidak dapat dibuka. Kalian perlu ketahui beberapa penyebab kenapa aplikasi Instagram yang ada di HP kamu tidak dapat dibuka.

Dilihat dari kacamata orang awam, error aplikasi Instagram sanggup dilihat dari dua arus. Yakni pengaruh eksternal maupun internal. Untuk eksternal digolongkan seperti gangguan jaringan dan server pusat down.

Sedangkan faktor internalnya adalah versi aplikasi yang sudah lawas, sistem bug, penumpukan cache, bahkan akunmu bermasalah.

Faktor permasalahan ini nanti akan berhubungan dengan opsi pemecahan masalah sebagai bentuk perbaikan aplikasi yang error. Jadi simak betul permasalahan kali ini.

  1. Instagram sedang down.
  2. Koneksi jaringan tidak stabil.
  3. Versi aplikasi sudah kadaluarsa.
  4. Terjadi bug yang penumpukan cache.
  5. Atau kemungkinan akunmu terblokir.

Cara Mengatasi Aplikasi Instagram Tidak Dapat Dibuka

Setelah melihat beberapa faktor diatas, sedikitnya kita jadi tahu apa yang harus dilakukan mengacu poin permasalahan diatas.

Sebetulnya kasus aplikasi Instagram tidak dapat dibuka, bukan termasuk perkara yang serius.

Beda cerita kalau akun yang kita login bermasalah, itu mungkin jauh lebih serius karena menyangkut soal akun privasi seseorang.

1. Gunakan Jaringan Yang Stabil

Langkah dasar ketika Instagram diketahui error, langsung ambil tindakan untuk mengubah jaringan dengan lebih stabil. Misalnya kamu hubungkan ponsel dengan WiFi, karena akses internet dari router itu lebih cepat dan stabil.

Sebagai basis aplikasi yang membutuhkan data online, Instagram akan terhambat bila sistem tidak menyelesaikan pengunduhan data.

Dan buat kalian yang menggunakan koneksi data provider, coba cari lahan yang terbuka, hindari pemakaian di basement, pemakaian di lantai dasar gedung, ruangan kedap dan bersekat, lalu usahakan tidak jauh dari akses signal.

Apabila hal-hal tersebut sudah kalian lakukan, tapi Instagram belum terbuka. Coba cek kecepatan internet di HP kalian.

Tips Instagram

Ingin download video IG Reels? Sekarang lebih mudah, ikuti cara download IG Reels tanpa aplikasi tambahan.


2. Restart HP

Silahkan Restart HP

Meskipun sederhana, terkadang dengan kita mereset HP dapat mengatasi beberapa error seperti pembahasan di aplikasi instagram berikut.

HP memiliki tingkatan stress yang berbeda-beda, jika kemampuan terlalu di push terlalu ekstra, maka efeknya adalah performa makin melambat dan menurun. Coba lakukan reset untuk merefresh sistem.


3. Bersihkan Cache dan Data

Salah satu penyebab aplikasi tidak dapat dibuka adalah terjadi penumpukan cache. Tugas kamu sekarang adalah membersihkan file cache di aplikasi Instagram agar aplikasi tidak terbebani.

  1. Masuk ke dalam menu Pengaturan HP.Buka Menu Pengaturan
  2. Klik bagian menu Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.Buka Menu Aplikasi
  3. Cari dan buka aplikasi Instagram yang terinstall.Pencet Instagram
  4. Klik bagian Penyimpanan.Buka Penyimpanan
  5. Dan pencet tombol Bersihkan Data, lalu selanjutnya klik Bersihkan Memori.Hapus Data Dan Hapus Memori
  6. Selesai.
Trik Instagram

Ingin buat caption Instagram yang panjang dan berbaris-baris tapi takut berantakan? Mulai sekarang, kamu bisa rapikan caption Instagram dengan Pretty Caption.


4. Update Aplikasi

Untuk cara mengatasi aplikasi Instagram tidak dapat dibuka selanjutnya adalah kamu harus update versi aplikasi Instagram ke versi yang paling terbaru.

Dengan meningkatkan versi ini, kamu akan mendapatkan keuntungan seperti penyempurnaan sistem, menghilangkan bug, aplikasi jadi lebih stabil, menambah fitur, dan meningkatkan keamanan.

  1. Masuk ke dalam menu Playstore.
  2. Kemudian pencet kotak pencarian.Klik Tombol Pencarian
  3. Ketik Instagram.
  4. Jika sudah muncul silahkan ketuk untuk membuka preview aplikasi.Silahkan Klik Instagram
  5. Selanjutnya klik tombol Update.Pencet Tombol Update
  6. Selesai.

5. Login Dengan Perangkat Lain

Kalau masih belum bisa, coba kamu login menggunakan perangkat ponsel lain. Bisa saja bukan aplikasinya yang error tetapi HP kamu yang bermasalah.

Karena penting juga buat kita ketahui dari salah satu faktor kesalahan entah itu dari aplikasi atau HP.

Sebab setelah itu kita dapat ambil tindakan mana yang harus diperbaiki. Kalau masalah dari HP, kita lakukan update sistem operasi versi terbaru.

Sedangkan kalau dari aplikasinya cukup dengan update software seperti yang kita contohkan diatas.

Baca Juga:

Sudah memasukkan username dan password yang benar tapi tetap tidak bisa login ke dalam Instagram? Coba ikuti cara mengatasi permasalahan tersebut di konten artikel ini.


6. Server Instagram Down

Instagram sering kali mengalami down, entah itu perbaikan server atau terjadi masalah dari pusat. Kalau benar sedang down, wajar kalau aplikasi tidak dibuka.

Asalkan kamu benar meyakinkan bahwa Instagram error tidak terjadi hanya di perangkatmu saja, tetapi hampir semua pengguna mengeluhkan diwaktu yang sama.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara mengatasi aplikasi Instagram tidak dapat dibuka. Silahkan ikuti tutorial diatas untuk memperbaiki error di ponsel masing-masing. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.