Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10

Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10

ALT + F4 merupakan fungsi shortcut yang digunakan untuk menutup sebuah program yang sedang aktif. Fungsi serupa dari perintah shortcut lain seperti CTRL + W dan CTRL + F4.

Akses pintas ini sering kita gunakan karena jauh lebih praktis, ketimbang mengoperasikan melalui touchpad atau mouse, jauh lebih cepat kalau kita gunakan hotkey.

Akan tetapi kendala shortcut ALT + F4, sering kali tidak berfungsi dengan baik. Saat kita menekan hotkey tersebut, Windows tidak memberikan respon apapun.

Kasus seperti ini termasuk kasus yang umum terjadi. Jadi kamu tidak perlu khawatir karena bisa kita atasi dengan mudah lewat cara-cara dibawah ini.

Penyebab ALT + F4 Tidak Berfungsi

Alasan kenapa hotkey berikut tidak berfungsi cukup beragam. Faktor yang paling dominan adalah, akibat tombol keyboard yang tidak bekerja dengan baik. Bisa jadi tombol F4 di keyboard kalian rusak, atau tombol ALT yang bermasalah.

Disisi lain bisa terjadi akibat komunikasi internal sistem yang error. Bukan cuma fungsi shortcut saja, terkadang masalah-masalah ringan seperti WiFi tidak connect, mouse tidak bisa digerakkan, speaker tidak bersuara, terjadi akibat sistem yang sibuk dan berantakan.

Solusi paling mudah bisa diselesaikan dengan merestart komputer. Dan semua masalah-masalah ringan tersebut akan ter-refresh dengan sendirinya.

Namun bisa jadi ALT + F4 tidak berfungsi, akibat konfigurasi sistem yang diubah. Terkadang tanpa kita sengaja pernah mengubah pengaturan shortcut dan lupa mengembalikannya. Atau bisa jadi pengaruh bug, virus, cache yang memberantakan program internal.

Cara 1 : Matikan Sticky Keys

Fitur bernama Sticky Keys ini merupakan fitur yang dapat berfungsi untuk membantu perintah shortcut di Windows 10. Tugas Sticky Keys memungkinkan pengguna menerapkan pintas shortcut dalam jumlah banyak sekaligus.

Akan tetapi, fitur tersebut dapat berbalik menjadi satu hambatan dari tugas shortcut di Windows 10, termasuk tidak berfungsi ALT + F4. Disini kita coba matikan lewat menu Settings.

  1. Pertama pencet tombol Start.
  2. Klik menu Settings disana.1 Ketuk Tombol Settings - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  3. Kemudian kamu pilih menu bernama Ease of Access.2 Ease of Access - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  4. Scroll menu yang berada di sisi kiri, dan pilih Keyboard.3 Tap Keyboard - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  5. Disini kamu perhatikan menu Use Sticky Keys. Silahkan centang posisinya menjadi Off.4 Matikan Stickey Keys - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  6. Selesai.

Baca Juga :

Kenapa folder WinSxs berukuran besar ? Bisakah dihapus ? Berikut panduan cara hapus folder WinSxs dengan aman dan lengkap.

Cara 2 : Troubleshoot Settings

Windows 10 memiliki fasilitas Troubleshooting Shootings yang sangat membantu ketika terjadi masalah-masalah sistem.

Tools berfungsi mendeteksi persoalan yang tidak terdeteksi oleh sistem, sehingga kita bisa dengan mudah memperbaiki tanpa effort yang lebih.

Berikut adalah langkah-langkah mengatasi ALT + F4 tidak berfungsi di Windows 10 melalui Troubleshoot Shooting secara lengkap.

  1. Ketuk tombol Start.
  2. Setelah itu ketikkan di kolom pencarian Troubleshooting Settings. Lalu tap untuk membukanya.5 Troubleshoot Setings - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  3. Ketika Troubleshooting terbuka, pencet tulisan Additional Troubleshooters.6 Additional Troubleshoot - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  4. Scroll kebawah, dan klik pada bagian Keyboard.
  5. Lalu kamu bisa pencet tombol Run the troubleshooter.7 Run The Troubleshooter - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  6. Tunggu beberapa saat sampai proses scan troubleshoot selesai.
  7. Nantinya Windows akan memberikan rekomendasi perbaikan jika terjadi persoalan di keyboard.
  8. Selesai.

Cara 3 : Registry Editor

Registry Editor merupakan fitur yang terdapat dalam sistem operasi Windows yang memungkinkan pengguna untuk melihat registry pada sistem, dan membuat perubahan maupun konfigurasi dengan maksud tertentu.

Kamu bisa mengoptimalkan akses tertentu, mematikan, mengaktifkan, dan lainnya. Jendela Registry berikut juga bisa digunakan untuk menyelesaikan file yang corrupt.

Berikut solusi mengatasi ALT + F4 yang tidak berfungsi pada Windows 10 melalui Registry Editor.

  1. Ketuk tombol Start.
  2. Ketikkan di kolom pencarian Registry Editor. Kemudian buka programnya.8 Registry Eitor - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  3. Silahkan masuk ke lokasi folder Computer\HKEY_CURRENT_USER\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies.9 Masuk Ke Direktori - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  4. Setelah berada di folder Policies. Kamu klik menu bar File.
  5. Lalu ketuk tombol Export.10 File Export - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  6. Letakkan lokasi penyimpanan di Desktop. Dan beri nama backup25052021. Setelah itu Save (jaga-jaga bila fail bisa kita backup lagi).
  7. Kembali ke jendela Registry.
  8. Klik folder Explorer.11 Buka Folder Explorer - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  9. Klik kanan di dalam folder Explorer.
  10. Pilih New -> Key.12 Pencet NEw dan Key - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  11. Beri nama file baru tersebut dengan NoWinKeys.13 Rename Jadi NoKeys - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  12. Kalau sudah double klik NoWinKeys.
  13. Atur bagian Value Data menjadi 0. Terakhir tinggal kamu klik tombol OK.14 Ubah Value Data 0 - Cara Mengatasi ALT + F4 Tidak Berfungsi di Windows 10
  14. Selesai.

Baca Juga :

Kenapa tidak bisa memasukkan password WiFi di Windows 10 ? Begini memperbaiki tidak bisa ketik password WiFi dan pencarian file pada Windows 10.


Akhir Kata

Jika kamu mendapati komputer atau laptop ALT + F4 tidak berfungsi, silahkan ikuti tutorial cara mengatasi seperti yang sudah Tim Kompiwin sertakan diatas. Tuntaskan semua metode tersebut untuk memunculkan kembali tugas shortcut ALT + F4. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar