Cara Mengatasi Akun Instagram Diblokir Sementara

Cara Mengatasi Akun Instagram Diblokir Sementara 1
Cara Mengatasi Akun Instagram Diblokir Sementara

Buat kalian yang akun Instagram sedang diblokir sementara. Mari kita akan bahas penyebab beserta cara mengatasi akun Instagram diblokir sementara.

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa akun Instagram kamu diblokir sementara? Banyak alasan serta penyebab kenapa pihak Instagram melakukan pemblokiran akun.

Pemblokiran ini dapat menyebabkan akun Instagram kita tidak dapat memberikan komentar, melakukan follow akun lain, dan lain sebagainya.

Pihak Instagram selalu berusaha untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada penggunanya. Hal ini dibuktikan dengan tindakan tegas berupa pemblokiran (baik sementara / permanen) kepada akun-akun yang melakukan pelanggaran kebijakan privasi.

Lalu apa penyebab serta alasan Instagram melakukan pemblokiran ke akun Instagram kita? Bagaimana cara mengatasi akun yang sudah terkena blokir sementara? Apakah bisa kembali seperti semula?

Mari kita bahas satu per satu di konten artikel ini. Kita akan ulas penyebab beserta cara untuk mengatasi akun Instagram yang diblokir sementara.

Kenapa Instagram Diblokir Sementara

Setiap ada permasalahan pasti ada penyebabnya, termasuk kenapa akun Instagram tiba-tiba diblokir sementara? Apa yang mendasari akun tersebut dianggap melakukan pelanggaran oleh pihak Instagram?

Seperti yang kita jelaskan di atas, ada beragam jenis penyebab akun Instagram bersangkutan tiba-tiba di blokir.

Tanda-tandanya seperti akun tidak dapat login, akun tidak dapat posting, akun tidak dapat komentar, akun tidak dapat follow seseorang, dan akun tidak dapat mengunggah story.

Following Instagram Hilang

Dari beberapa poin yang disebutkan tersebut, bisa kita bedah masing-masing penyebab kesalahan pengguna sampai bisa diblokir.

Untuk akun yang tidak dapat dibuka, indikasinya adalah akun telah di report karena isi konten menyalahi aturan, baik dari segi post, feed, komentar, and story.
Untuk akun yang tidak dapat di follow, sebelumnya akun dicurigai memiliki aktivitas follow unfollow yang tidak wajar, sehingga Instagram mendeteksi akun tersebut sebagai bot.
Untuk akun yang tidak dapat komentar, sudah bisa dipastikan kalau aktivitas komentar pemilik akun mengandung unsur yang merugikan dan tidak pantas dari segi umum dan kebijakan aplikasi.
Untuk akun yang tidak dapat posting, jadi akun tersebut kemungkinan ada beberapa konten postingan yang menyalahi aturan, sehingga Instagram membatasi untuk sementara waktu.
Login logout terlalu banyak juga dapat mencurigai aktivitas yang tidak wajar, sehingga akun rawan terkena blok.
Akun diduga terkena phising, sehingga Instagram menguncinya untuk sementara waktu.
Aktivitas like yang terlalu banyak dapat mencurigai sistem kepada akun bot, jadi besar kemungkinan akun akan terkena pelanggaran.

Baca Juga:

Melihat akun Instagram orang lain melakukan pelanggaran?

Kamu bisa melakukan laporan (report) dengan mengikuti langkah-langkah cara melaporkan akun Instagram orang lain.


Cara Mengatasi Akun Instagram Yang Diblokir Sementara

Setelah kita mengetahui penyebabnya dan alasan Instagram diblokir sementara. Selanjutnya kita akan mengulas panduan mengatasi akun Instagram yang diblokir sementara.

Adapun langkah-langkah untuk cara mengatasi akun Instagram yang diblokir sementara di bawah ini:

1. Hentikan Aktivitas Akun Yang Berlebihan

Insatagram Akun Tidak Bisa Login

Coba perhatikan aktivitas seperti apa yang terakhir kamu lakukan hingga membuat akun terblokir.

Misalnya, jika dirasa akun terlalu sering melakukan like postingan bahkan dalam jumlah yang besar, jadi untuk sementara waktu kamu hentikan dulu kegiatan like tersebut.

Logout saja akun Instagram milikmu, kemudian biarkan sampai seharian lebih. Setelah itu baru buka kembali.


2. Kirim Laporan Ke Pusat

Jika masalah blokir akun ini berlarut sangat lama, ada baiknya kalau kamu menghubungi server sebagai bentuk laporan.

Hal ini dapat berlaku bagi akun yang tidak memiliki gejala aktivitas pelanggaran, tiba-tiba akun mereka terblokir tanpa alasan yang jelas.

Silahkan laporkan masalah ini ke pusat bantuan, tentu dengan komentar yang jelas dan akan lebih baik jika menyertakan bukti seperti screenshot sebagai penguat.

Baca Juga:

Mau melihat story gebetan tanpa diketahui? Begini panduan cara mudah melihat story Instagram tanpa diketahui.


3. Hapus Data Dan Cache

Bisa jadi error menimpa akun milikmu bukan dari sistem pusat, melainkan dapat muncul karena bug atau gangguan aplikasi yang menghambat. Indikasi yang bisa kita tuding adalah penumpukan cache dan muncul bug sistem.

Solusinya adalah silahkan hapus cache dan data aplikasi Instagram, kemudian jalankan kembali.

  1. Buka Pengaturan HP.
  2. Masuk ke dalam menu Aplikasi atau Manajemen Aplikasi.Klik Menu Aplikasi
  3. Cari dan buka aplikasi Instagram.Buka Instagram
  4. Lalu klik tombol Penyimpanan.Klik Tombol Penyimpanan
  5. Ketuk tombol Hapus Data dan Hapus Memori.Hapus Data Dan Hapus Cache

4. Instagram Sedang Down

Instagram Sedang Down

Untuk mengatasi akun Instagram diblokir sementara yang terakhir itu dapat dilihat dari aktivitas server yang sedang down. Ketika

Jika peristiwa ini dialami hampir semua pengguna, artinya sudah bisa dipastikan kalau server sedang maintenance dan membuat Instagram tidak bisa dibuka.

Solusinya yakni hanya bisa menunggu sampai Instagram pulih kembali dan dapat diakses.

Baca Juga:

Ingin menambahkan lokasi di bio Instagram? Silahkan ikuti langkah-langkah menambahkan lokasi di bio Instagram.


Akhiar Kata

Kurang lebih seperti itulah cara untuk mengatasi akun Instagram diblokir sementara. Silahkan lakukan cara diatas untuk mencari opsi jalan keluar dan memulihkan akun kembali. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.