Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10

Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10

Apakah kalian pernah mendengar fitur perintah suara? Mungkin hal ini jika diterapkan didunia nyata akan lebih relate dengan istilah instruksi dalam memerintahkan melakukan suatu kegiatan tertentu.

Tetapi bagaimana jika diterapkan dalam sebuah sistem perangkat elektronik? Akankan ada respon balik dari perintah yang kita ucapkan?

Dijaman yang serba canggih ini hal diatas tentu sangat mungkin terjadi, bahkan kamu dapat melakukan perintah suara di perangkat laptop kamu untuk melakukan kegiatan sesuatu tanpa peru mengoperasikan mouse atau keyboard lagi.

Tapi dengan catatan, perintah ini harus sesuai dengan kemampuan atau kapasitas program didalam Operating System.

Nah, fitur tersebut bisa kamu gunakan di dalam sistem pengoperasian Windows 10, fitur ini dikenal dengan nama Speech Recognition Windows 10.

Jika Google memiliki Halo Google, Apple memiliki Hi Siri, Windows juga memiliki sistem yang serupa. Fitur Speech Recognition akan mendeteksi suara dengan tata bahasa dari si pengguna, seperti penggunaan kata, pola bicara, dan kosa kata untuk kemudian direspon menjadi perintah kerja.

Komponen yang berperan penuh ketika mengaktifkan fitur Speech Recognition Windows 10 ini adalah microphone. Kamu bisa menggunakan mic internal bawaan dari laptop, atau bisa juga menggunakan mic eksternal jika didalam device belum tersedia mic internal.

Cara Mengaktifkan Fitur Speech Recognition Windows 10

Langsung saja disini kita akan berikan cara untuk mengaktifkan fitur bernama Speech Recognition di Windows 10. Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus melewati beberapa langkah di bawah termasuk pengenalan suara si pemilik dengan otak devicenya, sampai fitur benar-benar aktif.

  1. Klik menu Start lalu ketik Windows Speech Recognition, kemudian buka aplikasi tersebut.
    Cari Windows Speech Recognition
  2. Pada bagian menu pertama ini isinya hanya sambutan pertama untuk konfirmasi pengaktifan Speech Recognition, dan kamu cukup tekan tombol Next.
    Klik Next
  3. Selanjutnya kamu disuruh untuk memilih tipe microphone yang ingin digunakan, pilih salah satu kemudian tekan tombol Next, disini kita gunakan metode perangkat headset.
    Pilih Microphone
  4. Pastikan posisi microphone sudah berada di dekat kamu untuk meyakinkan agar suara yang ditangkap jelas dan jernih, lalu ketuk Next.
    Klik Next Lagi
  5. Silahkan ucapkan kalimat yang sudah diberikan oleh sistem untuk menangkap karakter suara dari si pengguna, pastikan suara kamu selalu ada di grafik warna hijau, jika sudah tekan Next.
    Silahkan Ucapkan untuk Mengetes Microphone
  6. Klik tombol Next untuk mengkonfirmasi pengaturan microphone-nya.
    Microphone sudah siap digunakan
  7. Kamu bisa mengaktifkan salah satu pilihan antara “Enable document review” atau “Disable document review”, jika diaktifkan fitur Enable document review, maka sistem akan menggali kata yang lebih dalam ketika diucapkan dengan ini meninjau dokumen atau email sebagai indeks pencarian kamu. Sistem akan mempelajari kata dan kalimat untuk lebih mengerti pengguna ketika kamu berbicara, setelah memilih salah satu tekan Next.
    Pilih Enable document review dan klik Next
  8. Berikutnya adalah disuruh untuk memilih antara Use voice activation mode atau Use voice activation mode, intinya jika kamu memilih manual maka ketika melakukan perintah suara harus menekan shortcut CRL+Win terlebih dahulu baru fitur Windows Speech ini aktif, sedangkan untuk mode otomatis pengguna cukup mengucapkan kata “Start Listening” baru bisa aktif, setelah itu tekan tombol Next.
    Pilih Use voice activation mode dan klik Next
  9. Pada halaman berikutnya ini kamu dapat mencetak beberapa perintah yang bisa dilakukan oleh Speech Windows Recognition ini, untuk melihatnya bisa tekan View Reference Sheet, kemudian tekan Next.
    Klik View Reference Sheet untuk melihat perintah
  10. Di halaman selanjutnya ini kamu diberikan pilihan apakah ingin memunculkan “Run Speech Recognition at startup” atau tidak, lalu tekan Next.
    Centang pada Run Speech Recognition at startup
  11. Terakhir kamu bisa melihat tutorial untuk menggunakan fitur Windows Speech atau tidak.
Cari aplikasi perekam suara ? Inilah rekomendasi aplikasi perekam suara jernih untuk Android.

Setelah mengaktifkan fitur ini, settingan default sistem hanya dapat mendeteksi bahasa seperti bahasa Bahasa Inggris termasuk Amerika Serikat, Inggris, Kanada, India, dan Australia, Perancis, Jerman, Jepang, Mandarin, dan Spanyol. Jika ingin mengubah menjadi bahasa Indonesia silahkan simak penjelasan dibawah :

  1. Klik icon Start lalu ketik di kolom pencarian Settings.
    Cari Settings
  2. Setelah terbuka silahkan pilih kotak Time & Language.
    Pilih Time and Language
  3. Kemudian masuk ke tab Speech.
    Pilih Speech
  4. Scroll kebawah, dan klik Add di bagian Manage Voice.
    Klik Menu Add Voices
  5. Ketik “Indonesia” sebagai bahasa utama, lalu tekan Add.
    Tambahkan Bahasa Indonesia
  6. Tunggu beberapa menit sampai proses install bahasa selesai.
Mau menyembunyikan foto dan video ? Kamu bisa ikuti panduan cara menyembunyikan foto dan video di Kalkulator.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah bisa menggunakan perintah suara di Windows 10. Fitur ini dinilai sangat praktis karena pengguna tidak perlu mengoperasikan melalui mouse atau keyboard lagi.

Kamu cukup gunakan perintah suara maka dia akan mendeteksi intrusi apa yang akan dilakukan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *