Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo

Cara Mendapatkan Stiker RFID FLO

Bagi pengguna mobil mungkin saat melewati jalan tol sering kali melihat logo FLO di salah satu ruas tol.

[toc]

Namun, mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu FLO dan bagaimana sih cara menggunakannya. 

FLO sendiri menawarkan cara pembayaran baru untuk pembayaran tol yang memungkinkan mobil tidak perlu berhenti untuk membayar tol.

Caranya adalah dengan menggunakan stiker RFID yang mampu di scan oleh mesin tol. Nantinya secara otomatis saldo akan terpotong. 

Kedengarannya menarik bukan? Namun, bagaimana sih cara mendapatkan stiker RFID FLO? Dan bagaimana cara kerjanya?

Serta bagaimana cara mendaftar dan menggunakkannya? Tenang saja, semua pertanyaan kalian akan dijawab dalam artikel ini. 

Sejak beberapa tahun yang lalu, pembayaran tol di Jabodetabek dan sekitar Indonesia berubah menjadi pembayaran digital secara bertahap.

Sebelumnya pembayaran tol biasa menggunakan uang tunai yang akan dibayarkan di booth tol. Namun, saat ini pembayaran sudah tidak lagi menggunakan uang tunai lagi. Metode pembayaran yang paling umum adalah dengan menggunakan kartu elektronik. 

Saat ini FLO dan juga Jasa Marga, sedang mengembangkan inovasi baru agar lebih memudahkan pengguna jalan tol lagi.

Nah, lewat FLO dan stiker RFID akan mempermudah cara pembayaran dan diharapkan juga mengurangi waktu transaksi di Jalan tol.

Makin penasaran dengan FLO? Kalau begitu langsung saja kita bahas serba-serbi dari FLO dan menjawab pertanyaan para pembaca.

Apa Itu RFID FLO ?

Sebelum mengetahui cara mendapatkan stiker RFID di FLO, ada banyak orang yang bertanya-tanya.

Apa sih RFID FLO? Dikutip langsung dari website resmi FLO, menjelaskan bahwa “FLO adalah solusi pembayaran tol berbasis teknologi RFID yang terkoneksi dengan aplikasi FLO di smartphone kamu”. 

Stiker RFID sendiri merupakan alat sensor yang dipasang pada bagian kaca depan atau windshield kendaraan (tergantung jenis stiker RFID) yang teregistrasi. RFID merupakan kepanjangan dari Radio Frequency Identification (RFID).

Hal ini berartinya stiker ini memiliki sensor yang dapat dirasakan oleh mesin tol dan secara otomatis akan memotong saldo.

Para pengendara mobil yang melintas di jalan bebas hambatan tidak perlu lagi berhenti untuk menggunakan kartu e-toll atau memakai jasa petugas tol.

Radio Frequency Identification (RFID) menggunakan stiker yang terpasang di lampu utama sisi kanan.

Meski tertutup kardus, kotoran tanah, atau debu, stiker ini masih bisa terbaca dan bisa melintas di jalan bebas hambatan tanpa harus berhenti tanpa harus menempelkan kartu saat melintas gerbang tol.

Kegunaan Aplikasi RFID FLO

Stiker RFID ini nanti akan terhubung dengan aplikasi mobile yang berada di handphone milik kamu. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk membeli stiker serta untuk mobil kamu. 

Kegunaan dari aplikasi ini adalah untuk memantau stiker RFID milik kamu. Stiker dan aplikasi terhubung memungkinkan kamu untuk mengisi ulang saldo, mengecek saldo, atau bahkan membeli lagi stiker RFID.

Hebatnya lagi satu aplikasi mampu untuk memuat lebih dari satu stiker. Jadi bagi kamu yang memiliki lebih dari satu mobil tidak perlu khawatir.

Cara Daftar RFID FLO

Untuk mendaftar RFID Flow caranya sangat mudah, tetapi sebelum mendapatkan stiker, kamu harus terlebih dahulu mendaftar aplikasi Flo.

Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store untuk Android dan Apps Store untuk iOS. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama install terlebih dahulu aplikasi Flo.
  2. Buka dan pencet tombol daftar.Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo 7
  3. Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengisi nomor telepon dan FLO akan mengirimkan SMS untuk memverifikasi nomor telepon yang kamu berikan.Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo 8
  4. Buat pin. Nantinya setiap kali kamu membuka aplikasi ini, kamu diharuskan mengisi pin tersebut sebagai langkah untuk menjaga keamanan. Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo 9
  5. Setelah itu tinggal isi data diri yang diminta oleh pihak Flo.Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo 10
  6. Selesai! Tinggal ikuti saja instruksi lebih lanjut dari aplikasi FLO.

Cara Mendapatkan Stiker RFID FLO

Sebelumnya perlu diketahui bahwa stiker RFID dari FLO masih dalam tahap uji coba dan belum beredar secara luas.

Namun, pihak FLO sendiri sudah memastikan bahwa stiker ini nantinya akan dapat digunakan oleh orang-orang banyak di berbagai ruas tol.

FLO sendiri juga sudah memberikan langkah-langkah penjelasan bagaimana Cara Mendapatkan Stiker RFID FLO ini. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Unduh aplikasi FLO atau Let It FLO.Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo 7
  2. Selanjutnya kamu di pilihan menu utama akan terdapat pilihan pesan stiker RFID, klik tambah pesanan.
  3. Masukan data-data yang diminta oleh aplikasi secara lengkap dan benar.Cara Mendapatkan Stiker RFID Flo 10
  4. Aplikasi selanjutnya akan memberikan pilihan lokasi Fitment centre untuk pemasangan stiker RFID. Kamu tinggal memilih lokasi mana yang kamu inginkan dan melakukan pembayaran.
  5. Setelah pembayaran, kamu bisa langsung menuju lokasi yang sudah kamu pilih pada tanggal yang ditentukan untuk melakukan proses pemasangan. Sesampainya di sana pihak FLO juga akan melakukan uji coba apakah barang berfungsi dengan baik atau tidak. 
  6. Cara mendapatkan stiker RFID FLO telah selesai dan bisa langsung untuk digunakan.

Cara Bayar Tol Dengan RFID FLO

Cara kerja dari stiker ini cukup mudah untuk dijelaskan. Pertama-tama, para pengguna Flo akan diberikan stiker RFID yang dapat dideteksi sensor bahkan ketika Anda melaju sampai kecepatan 60km/jam.

Setelah sensor mendeteksi stiker RFID Flo yang Anda punya, maka portal tol akan otomatis terbuka. Stiker RFID ini akan dipasang di headlamp mobil, atau di bagian lainnya yang mudah terdeteksi sensor.

Jadi untuk pembayaran kamu tinggal melakukan pengisian ulang melalui aplikasi FLO dan setelah kamu melewati tol, saldo akan berkurang secara otomatis dan dapat kamu lihat di aplikasi milikmu.

Akhir Kata

Jadi begitulah cara mendapatkan stiker RFID FLO. Tentunya saat ini masyarakat luas masih belum bisa mencoba inovasi ini, tetapi tidak perlu khawatir karena dalam waktu dekat stiker ini dapat digunakan oleh orang-orang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dan terima kasih!

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.