Cara Mendapatkan Ide Konten Microblog Instagram

Cara Mendapatkan Ide Konten Microblog Instagram dengan Cepat
Cara Mendapatkan Ide Konten Microblog Instagram dengan Cepat

Ketika kalian membuat Instagram, preferensi konten seperti apa yang sering kalian kunjungi atau lihat?

Kalau dilihat dari algoritma Instagram memprioritaskan pada konten-konten kegemaran audience.

Dan sekarang audience Instagram mulai lebih condong untuk melihat konten dengan jenis microblog atau microblogging.

Konten ini berisi tentang tulisan atau informasi dari sebuah keterangan kasus, atau objek deskripsi dan ditambah dengan ilustrasi bisa berupa gambar hingga video.

Sebetulnya tidak hanya Instagram saja, namun beberapa platform media sosial lain seperti Facebook, Twitter, Pinterest hingga Tumblr juga bisa menjadi wadah untuk kalian mengembangkan microblog.

Karena segmen microblog cukup diminati banyak orang, apakah kalian juga berminat untuk ikut mengembangkan konten yang sama?

Jika iya, kami akan membagikan tips untuk mendapatkan ide konten microblog Instagram dengan cepat dan efisien.

Pengertian Microblog

Perhatikan Contoh Microblog

Sebelum masuk ke pembahasan utama, pertama kita kenali terlebih dahulu apa itu microblog. Berdasarkan pengertian namanya, Micro adalah kecil dan Blog sendiri diambil dari kata blogging atau kegiatan dalam blog.

Dapat diartikan bahwa microblog merupakan konten berisi informasi singkat yang mengangkat sebuah topik tema khusus seperti contoh blok pendek.

Karena Instagram sendiri basisnya adalah media berupa unggahan visual, maka microblog ini harus dikemas dengan tambahan foto maupun video yang relevan dengan isinya.

Jumlah kalimat yang dituliskan dalam microblog idealnya mencapai 300 kata, dan asal kalian tahu bahwa konsep konten microblog sendiri sudah ada sejak era web 2.0 atau pada tahun 2003 hingga 2004 yang lalu.

Contoh platform media sosial yang mendukung sistematis konten microblog, seperti Facebook, Twitter dan Tumblr.

Karena beberapa platform tersebut pada dasarnya memang memfasilitasi pengguna untuk mengunggah sebuah thread atau postingan dalam bentuk teks. Jadi lebih mudah dalam menuliskan sebuah informasi.

Namun, karena konteks pembahasan kita disini khusus untuk media Instagram, jadi langsung saja berikut adalah penjasalan cara mendapatkan ide konten Microblog untuk Instagram dengan cepat dibawah ini.


Cara Mendapatkan Konten Microblog Instagram Dengan Cepat

Atur Desain Microblog

Kendala dalam berkonten di sebuah platform entah itu media digital baik berupa tulisan atau video gambar, yaitu konsistensi.

Banyak pengguna yang putus di tengah jalan karena mereka tidak dapat mempertahankan frekuensi unggah secara teratur.

Faktor pendukung yang membuat mereka mundur adalah, hasil yang diperoleh tidak seperti apa yang diinginkan, respon audience kurang bagus, stuck dalam pemilihan konten, terbatasnya ide, hingga tools pendukung dalam membuat konten.

Sebelum kalian mulai membuat konten microblog, perhatikan elemen elemen berikut sebagai pendukung pembuatan konten kedepannya.

Persiapan Sebelum Membuat Microblog

Persiapan ini ditujukkan untuk memantangkan konsep, ide hingga pembuatan Microblog.

Sebab dalam dunia media sosial seperti Instagram ini, kita perlu sering-sering melakukan analisa agar dapat menentukan konsep seperti apa yang disukai oleh audience.

Jadi konten semata-mata bukan hanya dari kita, tetapi untuk mereka juga…entah itu termasuk kegemaran audience, model konten video atau foto, hingga aktif berkomentar demi menciptakan komunitas. Berikut beberapa hal yang perlu kalian perhatikan sebelum menyusun microblog.

1. Bangun dan Tentukan Brand Voice

Kita sadari bahwa komunikasi atau penyampaian kalimat saat digunakan dalam berkonten akan menjadi satu nilai yang dapat dijual.

Gunakan atribut positif, seperti mengemas gaya berkomunikasi yang atraktif, lucu, atau sesuaikan dengan demografi yang kalian tentukan.

2. Menyusun Ide dan Strategi

Buat Kalender Sosmed

Usahakan bangun manajemen konten yang profesional. Mulai dengan cara list menggunakan daftar konten lewat Excel atau Google Sheet untuk menentukan strategi dan ide yang akan digunakan.

Buat kolom-kolom khusus sebagai bantuan keterangan di setiap ide kontennya. Pastikan konsep microblog yang akan dibuat sudah memenuhi kriteria pasar di Instagram. Rancangan tersebut meliputi desain, efek visual, gambar, hingga gif.

3. Tentukan Jadwal Unggah Konten

Untuk mempermudah jadwal unggahan konten, akan lebih efektif bila kalian merancang kalender konten media sosial lewat Excel maupun Google Sheet.

Fungsi dari kalender media sosial ini untuk mengontrol informasi yang ingin kalian unggah.

Selain itu kita dapat mempelajari sistem jam tayang alias prime time pada sebuah platform Instagram.

Sehingga pertimbanagan hari dan jam tayang yang tepat untuk mengunggah konten bisa ditransmisikan dengan baik demi meningkatkan insight akun.

4. Gunakan Momen Viral

Tampilan Aplikasi Instagram

Banyak sekali microblog yang mengangkat kasus viral sesuai style identitas mereka masing-masing.

Dengan harapan, kalian juga bisa memanfaatkan momen untuk mengambil engagement akun lebih tinggi.

Jangan lupa konten tersebut dengan brand voice kalian, memudahkan audience untuk menghafal karakter akun.

Elemen Pembuatan Microblog

Untuk mendapatkan ide konten microblog Instagram dengan cepat sudah kita rangkum lewat poin-poin pembahasan dibawah ini. Langsung saja kalian ikuti penjelasan-penjelasan berikut ini.

1. Tentukan Audience Kalian

Di dalam Instagram, target audience disebut dengan demografi. Kenapa kita harus memperhatikan demografi?

Karena konten yang dibuat harus sesuai dengan preference mereka. Sehingga target pasar demografi kita harus jelas. Inilah bagian dari demografi instagram.

  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Lokasi
  • Profesi
  • Status Pernikahan

2. Ide Konten Menarik

Siapkan Konten Kamera

Setelah kalian tentukan demografi di atas, selanjutnya buat konten yang sesuai dengan segmen audience tersebut.

Luangkan ide kreatifitas kalian untuk menyusun konten pilar, sehingga mereka merasa puas mendapatkan informasi yang detail.

Jadi konten pilar ini adalah sejenis konten yang memiliki sub topik beragam. Misalnya kalian sedang membahas sebuah makanan, pembahasan selanjutnya bisa diisi dengan tema konten makanan SD, makanan viral 2022, makanan untuk takjil, dan sebagainya.

3. Memilih Desain yang Sesuai dan Pas

Desain ini menyangkut soal demografi dan konten yang kalian buat juga. Menariknya konten anak mudah belum tentu menarik dimata orang tua, jadi tugas kalian adalah membedakan karakter desain sesuai pasar yang sudah ditentukan.

Kalau sudah tentukan karakter yang pas dengan konten kalian, seperti memilih warna utama, menggunakan font seragam, memakai ilustrasi, dan gambar yang sesuai.

Selanjutnya gunakan template jika desain konten telah ditentukan. Tujuannya untuk mempercepat produksi dan mudah menargetkan ketika muncul momen viral akun kita bisa mengikuti lebih awal.

4. Tentukan Jumlah Panjang Teks

Rancang Manajemen Instagram

Kembali lagi dengan konsep utama, dimana konten yang disusun adalah jenis konten microblog. Efektifnya teks pada sebuah ulasan microblog itu maksimal 300 kata. Jika kalian bisa lebih meringkas lagi disarankan antara 100 hingga 200 kata.

Konten bisa berupa carousel, sertakan maksimal 5 konten carousel supaya isi pesan tidak terlalu bertele-tele. Intinya buat informasi singkat dengan penyampaian yang jelas.

Untuk menambahkan variasi, masukkan di salah satu carousel berupa konten :

  1. Tabel
  2. Grafik
  3. Infografis
  4. Note point

5. Susun CTA Berada di Tengah

CTA atau Call to Action adalah bagian terpenting pada sebuah konten. Menurut penjelasannya, CTA yang jadi penentu apakah konten tersebut dapat menarik orang atau tidak. 

Terus bagaimana cara merancang CTA ini? ada banyak penjelasan yang bisa kalian baca di internet, tetapi kita bisa sertakan contoh CTA yang sering dipakai banyak orang, seperti ;

  • Swipe ke kanan untuk melihat spesifikasi!
  • Bagi yang ingin mengikuti giveaway, lihat slide ke 3 untuk melihat syarat ketentuannya.
  • Save konten ini ketika kalian menemukannya.

Nah usahakan konten CTA ini harus berada di badan konten, tujuannya supaya orang membaca urut dari pertama hingga ke bagian CTA. Cara seperti ini efektif untuk meningkatkan insight konten.


Cara Meningkatkan Microblog Dilihat Banyak Orang

Banyak yang belum sadar bahwa Instagram mempunyai banyak fitur dalam meningkatkan isight sebuah postingan akun. Berikut fasilitas yang dapat kalian manfaatkan.

  1. Unggah postingan ke dalam Story. Efektif digunakan untuk jenis konten-konten lawas, sehingga mereka tidak kesulitan dalam mencari satu per satu di dalam akun.
  2. Gunakan Hastag. Tanpa kalian sadari, hastag akan membantu postingan masuk ke dalam pencarian bahkan sampai ke jendela explore. Misalnya kalian posting Makanan buka puasa…taruh saja hastag “Rekomendasi takjil”. Nanti kalau orang cari di pencarian dengan keyword “Rekomendasi takjil”, postinganmu salah satunya akan keluar disana.
  3. Posting secara konsisten. Kunci utama dalam meningkatkan akun yaitu dengan cara meunggah konten secara rutin.
  4. Gunakan fitur iklan agar orang lain mudah reach kontenmu.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara mendapatkan ide konten microblog Instagram dengan cepat.

Pelajari ulasan yang tim Kompiwin tuliskan diatas untuk membuat akun kalian semakin eksis. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.