Excel Office

Cara Menampilkan Dua File Excel Berdampingan

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi kalian yang sering bergelut dengan software Excel, pernah kepikiran gak kalau seandainya ada fitur yang memudahkan pengguna seperti menggabungkan dua file secara berdampingan sekaligus. Kondisi ini tentu sangat memudahkan untuk memantau atau membandingkan dua file secara efektif agar pengguna tidak perlu membuka dokumen satu dengan dokumen yang lainnya secara bergantian.

Segala kepraktisan sangat penting dinilai dalam dunia pekerjaan, karena kepraktisan ini akan berpengaruh terhadap efektifitas waktu dimana jika waktu yang diluangkan makin sedikit dan usaha yang dikeluarkan mencapai maksimal, disitu keuntungan akan dirasakan.

Sesuai dengan pembahasan kita kali ini, yaitu menjawab keresahan para pengguna Excel dengan memberikan solusi cara menampilkan dua file Excel secara berdampingan.

Pengguna akan lebih maksimal dalam membandingkan atau mentransfer file dari dokumen satu ke dokumen lainnya, dan mereka pun tidak perlu membuka sheet atau file secara bergantian namun cukup memantau workbook dalam satu kali tampilan saja.

Karena dengan cara itu sangat memungkinkan para pengguna mengedit dalam waktu yang bersamaan, sehingga pekerjaan akan lebih mudah dan bisa menghemat waktu.

Untuk menampilkan dua file Excel secara berdampingan ini tentu sangat mudah, karena Excel sendiri telah menyediakan fitur bernama View Side by Side. Atau bisa juga menggunakan fitur jendela Windows 10.

Cara Menampilkan Dua File Excel Berdampingan

Ada dua cara untuk menggabungkan file Excel, yang pertama bisa menggunakan fitur Excel dan yang kedua bisa memanfaatkan jendela Windows.

Cara 1. Fitur Bawaan Excel

Langkah yang pertama ini bisa menggunakan fitur bawaan Excel, silahkan simak tutorial dibawah :

  1. Buka dua buah file Excel.Buka Dua File Excel
  2. Masuk ke salah satu file.
  3. Arahkan ke menu tab View selanjutnya tekan fitur View Side by Side.Buka Menu View Untuk Buka Fitur View Side by Side
  4. Secara otomatis kedua file Excel tersebut akan berdampingan.Tampilan Fitur View Side by Side
  5. Kamu bisa menekan Synchronous Scrolling untuk mengontrol scroll kedua file secara bersamaan.Fitur Scrolling Otomatis Synchronous Scrolling
  6. Selesai.
Mau bikin slip gaji karyawan lebih mudah menggunakan Excel. Ikuti tutorial selengkapnya di cara membuat slip gaji di Excel.

Cara 2. Menggunakan Jendela Windows

Cara berikutnya adalah kamu bisa memanfaatkan jendela Windows yang sudah disesuaikan oleh program OS-nya.

  1. Buka dua buah file Excel.Buka Dua File Excel
  2. Masuk ke salah satu filenya.
  3. Tarik file tersebut dari bagian atas, kemudian seret ke samping sampai membentuk pola jendela seperti ini:Geser File Ke Pojok Layar Sampai Membentuk Jendela
  4. Nanti akan muncul tampilan multitasking seperti ini, silahkan pencet file excel yang satunya untuk membuat tampilan berdampingan.Pilih File Satunya Di Tampilan Multitasking
  5. Disini kamu bisa memantau dan mengedit file secara bersamaan.Tampilan Dua File Excel Multitasking
  6. Selesai.
File Excelmu tidak bisa disimpan ? Tutorial cara mengatasi file Excel tidak bisa di save akan membantumu.

Akhir Kata

Sangat mudah bukan? jika kamu ingin melakukan proses edit yang lebih mudah bisa menggunakan cara yang pertama, karena disana sudah disediakan fitur Synchronous Scrolling untuk mempermudah kegiatan mencari data di kedua file. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar