Cara Menagih Hutang Melalui WhatsApp

Cara Menagih Utang Melalui Whatsapp

Manusia hidup tidak selamanya bisa terlepas dari yang namanya hutang. Terkadang mereka membutuhkan uang dalam waktu yang mendadak atau membutuhkan uang dalam jumlah nominal besar dan sifat kebutuhan tersebut bisa dibilang mendesak serta tidak bisa diabaikan.

Mau tidak mau, mereka akan menempuh jalur hutang entah itu mengambil pinjaman dari bank atau melalui teman.

Biasanya orang memilih mengutang kepada teman, karena cara inilah yang paling simpel seabab tidak seperti mengajukan dokumen pendukung sama ketika meminta pinjaman melalui bank.

Disisi lain mengutang kepada teman juga tidak dikenakan bunga tambahan, jadi nominal yang kita pinjam tetap tidak berkurang apalagi bertambah.

Tetapi sering kali jika terlibat kepada orang yang hutang kepada kita, mereka sangat sulit ditagih walau batas perjanjian sudah melebihi batas.

Sebagai teman mungkin kita bisa sedikit memberikan toleransi, namun jika hal berikut dibiarkan, sangat tidak baik karena mereka telah mengabaikan tanggung jawab mengembalikan uang kepada kita.

Kita punya tips nih buat kalian yang sedang dihutangi oleh teman, atau siapapun itu, soal cara menagih hutang melalui WhatsApp dengan trik yang cukup efektif. Coba deh lakukan trik dibawah ini.

Cara Menagih Hutang Melalui WhatsApp Efektif & Berhasil

Dilema si penagih hutang memang sudah menjadi problematika kehidupan sehari-hari.

Bahkan kalian kalau pernah lihat konten viral di media sosial yang mengangkat topik soal orang yang mengutang akan lebih galak ketika mereka di tagih.

Sebagian faktanya memang benar, jika tidak mereka yang berhutang selalu memberikan alasan dan enggan untuk membayar uang yang telah mereka pinjam.

Coba deh kalian ikuti tips serta trik cara untuk menagih hutang melalui WhatsApp di bawah ini:

1. Tagih Utang Secara Halus

Chat Whatsapp Si Utang

Kalian boleh membantu siapa saja walaupun konteksnya disini adalah meminjamkan uang.

Namun, alangkah baiknya bila kalian selektif terhadap siapa orang yang akan kita pinjamkan dan kenali lebih dalam karakter orang tersebut seperti apa.

Pertama coba kalian perlakukan secara halus, chat si penghutang dengan karakter pesan yang rendah.

Gunakan kata pembuka yang panjang, alias bikin basa basi di awal agar obrolan terkesan cair. Katakan saja bila saya lagi butuh uang dalam waktu dekat untuk kepentingan sesuatu. 

Baca Juga:

Di grup WhatsApp diminta mengisi list oleh Admin Group? Ikuti langkah-langkah mengisi list di WhatsApp dengan tepat.


2. Baca Situasi

Sesuaikan Mood Orang

Kalian harus pintar membaca situasi ketika sedang menagih hutang. Pertama lakukan chat terhadap penghutang, awalnya chat biasa saja kalau bisa giring mood doi menjadi bagus.

Perlahan buat dialog mengerucut ke arah hutang, pastikan bikin percakapan yang tetap santai dan tidak terlalu to the point, kalau sudah dialog makin mengerucut maka kalian boleh menembaknya dengan menyindir untuk menagih hutang.

Tipe orang seperti ini kadang mereka lupa, jadi walaupun orang tersebut jujur, meski batas waktu uang dijanjikan kembali, pada dasarnya orangnya suka lupa.


3. Minta Cicilan Terjangkau

Chat Dengan Halus

Untuk menagih hutang melalui WhatsApp yang berikutnya adalah coba tawarkan kepada si peminjam untuk melakukan cicilan yang lebih ringan.

Kalian tetap menggunakan alasan bahwa uang tersebut butuh dalam waktu 2 minggu kedepan misalnya.

Katakan saja bahwa “yaudah deh cicil aja utangnya, dua hari 25 ribu ya“, hitung hitung trik ini tidak membebankan mereka kalau bayar sekali kontak diakhir…dengan nominal yang kecil, paling tidak mereka akan tergiur untuk melunasinya.

Baca Juga:

Merasa terganggu dengan teror chat dari orang asing di WhatsApp? Kalian bisa mencoba cara untuk blokir kontak WhatsApp agar tidak terganggu lagi.


4. Hubungi Keluarganya

Chat Orang Peminjam Uang

Jika orang yang bersangkutan sulit sekali untuk dihubungi, bahkan kita chat selalu tidak ada respon, walaupun status WhatsApp doi selalu online…Pilihan tepat kali ini adalah hubungi langsung keluarganya. Cari nomor keluarganya, dan hubungi salah satu dari mereka.

Disini poinnya usahakan keluarga masih mengenal dirimu, paling tidak mereka tahu namamu adalah teman dari kerabatnya tersebut.

Lalu sertakan bukti meminjam uang, entah screenshot chat, bukti transfer, dan sebagainya.

Tujuannya jelas untuk memperkuat alasan dan meyakinkan pihak keluarga. Lakukan musyawarah, untuk keputusan pelunasan hutang. Entah keluarga yang melunasinya atau kerabat tersebut yang akan bertanggung jawab penuh.


5. Buat Perjanjian Jaminan Barang

Tips yang terakhir ini efektif dilakukan sebelum mereka meminjam uang kepada kita, yaitu meminta jaminan.

Tujuannya supaya mereka tidak lepas dari tanggung jawab dan ada jaminan barang yang akan ditebus.

Sebaliknya kita juga merasa aman kalau mereka lepas dengan tanggung jawabnya, kita jadi punya barang yang senila dengan nominal pinjaman utangnya.

Baca Juga:

Virtex WhatsApp sangat mengganggu karena bisa menyebabkan HP kita menjadi lag dan error. Coba ikuti cara mengatasi Virtex WhatsApp yang sudah kami coba dan terbukti berhasil.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara menagih hutang melalui Whatsapp, yang terpenting adalah jangan sampai ada pertikaian apalagi memicu adu fisik persoalan utang seperti ini. Gunakan jalur musyawarah untuk mendapatkan keputusan agar kedua belah pihak masing masing tidak ada yang dirugikan. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang