Cara Mempercepat Download Di Internet Download Manager

Cara Mempercepat Download Di Internet Download Manager 4
Cara Mempercepat Download Di Internet Download Manager

Mengunduh suatu file dari dunia internet itu sudah jadi hal yang biasa, entah itu file berupa dokumen, aplikasi, film, music, foto dan masih banyak lainnya.

 

Meski akses unduh sekarang dapat dilakukan dengan mudah, namun ada beberapa ketentuan yang sebenarnya kamu gak akan sadari kalau ternyata proses download data dari internet itu juga dibatasi.

Diluar dari jenis layanan yang kamu jangkau untuk mengambil download file, proses unduh akan terbatasi dengan jaringan atau fitur dari masing-masing provider. Karena pengguna hanya dapat memanfaatkan kecepatan batas maksimum yang telah ditetapkan oleh operator, sesuai dengan paket data yang diambil oleh penggunanya.

Hal inilah yang terkadang kamu suka ngeluh kalau proses unduh file dari internet terasa sangat lemot. Bahkan tidak hanya membatasi kecepatan saja, tetapi ada beberapa jaringan yang kemudian memberikan batas kapasitas askes unduh yang akan habis ketika sering digunakan.

Jika batas kapasitas akses sudah melebihi batas, akan lebih parahnya lagi jaringan akan menurunkan kecepatan dari yang biasanya.

Tenang saja, sebab kamu dapat mengatasi masalah tersebut menggunakan jalan pintas lain yang lebih mudah dan gampang tentunya. Metode tersebut bisa dengan cara mempercepat download di internet download manager.

Namun sebelum itu kita kenali lebih dekat dulu apa itu Internet Download Manager. Jadi aplikasi yang sering disingkat dengan IDM ini merupakan aplikasi pembantu dalam kebutuhan unduh file dari internet dengan jangkauan akses mudah dan keunggulan speed yang cepat.

Internet Download Manager memiliki keunggulan yang banyak, salah satunya aplikasi ini bisa melakukan proses unduh di segala jenis situs website dengan mudah, dengan syarat kamu harus memasang ekstensi di dalam browsernya.

Kemudian dengan menggunakan IDM ini, kecepatan unduh file kamu dapat dimodifikasi agar meningkat berkali lipat. Gak percaya? disini kita akan sediakan cara mempercepat download di Internet Download manager dengan beberapa panduan berbeda.

Untuk lebih detail, simak penjelasan dibawah ini :

Cara Mempercepat Download Di Internet Download Manager (IDM)

Sebenarnya keunggulan fitur bawaan dari Internet Download Manager ini adalah dapat meningkatkan kecepatan unduh ketimbang kamu download lewat tools unduh pada browser, namun kenyataannya IDM masih dapat diatur lagi untuk mempercepat proses download mungkin sampai beberapa kali lipatnya.

Beriku 4 metode yang bisa kamu lakukan untuk mengatur settingan di Internet Download Managermu.

Cara 1 : Pengaturan Koneksi

Dengan mengatur koneksi didalam settingan IDMnya, memungkinkan kamu untuk meningkatkan kecepatan download suatu file. Tetapi hal ini harus didasari dengan kapasitas kecepatan koneksi yang sedang kamu gunakan.

  1. Buka aplikasi Internet Download Manager.
  2. Ketuk menu Download lalu buka tombol Options.Buka Menu Download Dan Tekan Tombol Options
  3. Setelah muncul jendela opsi, kamu bisa arahkan ke menu Connection.
  4. Ubah bagian Jenis/kecepatan koneksi menjadi High Speed : direct connection….Ubah Bagian Connection Type Menjadi High Speed
  5. Ubah settingan pada bagian Jumlah Setingan Maks, menjadi 32.Ubah Default Max Conn
  6. Terakhir tekan tombol OK.

Cara 2 : Ubah Proxy

Mengatur Proxy juga bisa meningkatkan kecepatan download, namun proxy yang kita sarankan kali ini yaitu jenis Proxy Premium yang memang sudah benar-benar teruji kecepatannya. Hindari penggunaan Proxy gratisan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Buka aplikasi IDM.
  2. Tekan menu Download lalu buka bagian Opsi.Buka Menu Download Dan Tekan Tombol Options
  3. Pada jendela pengaturan ini kamu bisa arahkan ke tab Proxy/Socks.
  4. Centang bagian Manual Proxy/Socks Configuration, kemudian masukkan kode proxy premium yang kamu punya.Masuk Menu Proxy dan Centang Manual Proxy
  5. Terakhir tekan tombol OK.
Berapa sih kecepatan internetmu ? Tutorial simpel cara cek kecepatan internet ini bakal kasih tahu kecepatan internetmu.

Cara 3 : Gunakan Aplikasi IDM Optimizer

Cara mempercepat download di Internet Download Manager yang satu ini bisa dibilang sangat simpel dan cepat. Karena kamu hanya perlu membuka aplikasi bernama IDM Optimizer dan aktifkan fiturnya.

  1. Unduh aplikasi IDM Optimizer.Download IDM Optimize
  2. Buka file hasil download tersebut.
  3. Setelah itu jalankan aplikasinya.
  4. Terakhir pencet tombol Optimize IDM.Tekan Optimize IDM

Cara 4 : Atur Ulang Registry

Terakhir kamu bisa lakukan sedikit sentuhan modifikasi pada program Registry.

  1. Klik tombol Start kemudian cari di kotak pencarian Registry.Buka Program Registry
  2. Silahkan buka program tersebut.
  3. Kamu bisa masukkan alamat Computer\HKEY_CURRENT_USER\Software\DownloadManager atau kalau bingung silahkan urutkan satu persatu foldernya.Masukkan Alamat Host
  4. Klik dua kali pada bagian Connection Speed, ubah pada Value data dan ganti menjadi 999999.
  5. Terakhir tekan OK.
Terganggu saat download lewat link adf.ly ? Solusi cara melewati Allow Notifikasi adf.ly ini akan membantumu.

Akhir Kata

Sekarang proses unduh file kamu jadi makin bertambah cepat berkat melakukan beberapa pengaturan seperti diatas, jika satu metode tidak bisa berhasil silahkan gunakan 1 diantara 4 yang lainnya. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.