Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10

Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10

Mouse merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki fungsi penting dalam menggerakan sebuah pointer dari perintah respon pengguna.

Mouse ini yang akan bekerja dalam menyeleksi, memilih, menggeser dan mengatur program di sebuah operasi sistem.

Jika fungsi mouse tidak bekerja normal di sebuah device komputer, artinya pekerjaan kita menjadi kurang efektif.

Oleh karena itu kita memberikan ulasan tentang cara memperbaiki mouse tidak berfungsi di Windows 10, bertujuan untuk meminimalisir gejala-gejala error terjadi seputar perangkat satu ini.

Semua pembahasa tips mengatasi mouse tidak berfungsi di Windows 10 akan kami jelaskan dibawah ini.

Penyebab Mouse Tidak Berfungsi

Ada banyak kemungkinan mengapa mouse di perangkat komputer kalian tidak berjalan dengan normal.

Dan faktanya tidak semua persoalan tersebut diakibatkan oleh komponen yang rusak, bahkan Windows 10 itu sendiri bisa mengganggu aktivitas komunikasi antara perangkat keras dengan perangkat lunak.

Kemungkinan pertama yaitu jika jenis mouse yang kamu gunakan adalah jenis wireless, bisa jadi karena baterai dari perangkat tersebut sudah habis. Terus dapat disebabkan juga akibat debu kotoran menumpuk.

Debu yang menyelimuti sebagian komponen, dipercaya akan menghambat fungsi mouse saat kondisi normal. Lalu bisa juga akibat receiver mouse wireless yang rusak, kabel mouse putus atau bahkan sambungkan port di komputernya bermasalah.

Tidak selamanya penyebab error akibat dari komponen yang rusak, bisa juga dari sistem pengaturan Windows yang berubah. Misalnya driver error, settingan menu Windows berubah, mode setelan Windows, dan masih banyak lainnya.

Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi Di Windows 10

Banyak solusi dalam cara memperbaiki mouse tidak berfungsi di Windows 10. Sudah kita tuliskan beberapa metode penyelesaiannya dibawah baik dalam mengatur Windows hingga solusi perbaikan mouse itu sendiri.

Cara 1 : Bersihkan Mouse

Pemakaian lama mengakibatkan mouse menjadi terlihat usang. Tanpa mereka sadari pemakaian ini juga menyebabkan penumpukan debu masuk lewat sela-sela rongga mouse. Jika hal ini kalian biarkan, dikhawatirkan akan mengganggu fungsi komponen yang ada didalamnya.

Solusinya kalian bersihkan bagian mouse yang kotor, lalu jangkau bagian sela-sela tersebut menggunakan kuas, sikat atau benda-benda berpermukaan halus. Kalau kalian yakin, boleh juga membuka body mouse agar pembersihan lebih total.

Cara 2 : Periksa Sambungan Mouse

Dari beberapa kasus kejadian seperti ini, sambungan mouse sangat mempengaruhi apakah perangkat sudah terkoneksi baik atau belum. Coba kamu pindahkan slot sambungan dari satu ke sebelahnya.

Jika masih mengalami error, penyakit utamanya bisa terletak di bagian receiver mouse wireless yang bermasalah, atau kabel mouse putus. 

Banyak kok receiver mouse wireless yang dijual di online shop, tinggal kamu order dan sesuaikan dengan tipe mouse kalian masing-masing.

Cara 3 : Uninstall Driver Mouse

Solusi selanjutnya kita coba atur konfigurasi di program dalam Windows. Karena mouse tidak berfungsi di komputer, bagaimana cara memerintahkan tombol navigasi lewat fungsi keyboard? Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

  1. Pastikan mouse terhubung di Windows.
  2. Pertama kamu tekan tombol Windows + X.
  3. Setelah muncul jendela menu, kamu bisa geser ke bawah dengan menggunakan tombol Bawah. Arahkan sampai ke Device Manager. Lalu klik Enter untuk membuka.
  4. Kemudian kalau sudah terbuka Device Manager, disini kamu bisa tekan TAB.3 Klik Tombol Tab - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  5. Lalu pencet tombol Bawah beberapa kali sampai di bagian Mice and other pointing.4 Tap Tombol Down - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  6. Klik tombol panah Kanan untuk membuka driver Mice and other pointing.5 Klik Tombol Kanan - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  7. Setelah itu kalian tekan tombol panah Bawah lagi sampai di bagian driver mouse yang terhubung.
  8. Enter untuk membukanya.1 Enter Driver Mouse - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  9. Disini kita tekan tombol Tab sekali sampai di bagian tombol ada muncul semacam kotak titik-titik seleksi.2 Klik Tombol Tab - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  10. Geser titik titik seleksi tersebut dengan menekan tombol panah Kanan sampai ke bagian menu Driver.6 Klik Kanan - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  11. Setelah berada di menu Driver, tekan Tab agar garis seleksi pindah ke bawah.7 Pencet TAB Lagi - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  12. Klik Tab beberapa kali sampai di tombol Uninstall Driver.8 Lalu Klik Enter - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  13. Pencet Enter untuk konfirmasi.
  14. Tunggu proses pencopotan selesai, dan setelah selesai unistall tekan pada tombol keyboard Alt untuk memilih menu bar.9 Klik Tombol Alt - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  15. Tombol seleksi akan muncul di menu bar, dan kamu geser menggunakan panah Kanan sampai di bagian Action. Dan tekan Enter.10 Klik Tombol Kanan - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  16. Tekan panah bawah di menu Scan for hardware change. Lalu Enter.11 Bawah Dan Enter - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 1012 Klik Enter - Cara Memperbaiki Mouse Tidak Berfungsi di Windows 10
  17. Selesai.

Cara 4 : Beli Mouse

Untuk mengatasi mouse tidak berfungsi di Windows 10 ketika 3 cara diatas tidak berhasil adalah dengan membeli mouse baru.

Bisa jadi kerusakan itu disebabkan oleh komponen-komponen mouse yang rusak, sangat mustahil jika kita perbaiki komponen rusak tersebut menjadi normal kembali. Sehingga akan lebih efisien kalau kita ganti dengan mouse baru.

Produk Terlaris di Shopee
Gambar Produk
Logitech B100 Mouse Kabel USB Optical
Rp53.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Logitech B175 Mouse Wireles
Rp105.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Logitech M330 Mouse Wireless Silent Click
Rp159.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Logitech M220 Mouse Wireless Silent Click
Rp159.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
INONE Mouse Silent Click Wireless
Rp52.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Mouse Wireless ROBOT M210
Rp61.900
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Fantech RAIGOR II WG10 Wireless
Rp69.000
BELI SEKARANG
Gambar Produk
Mouse Gaming Honey Comb AULA F-809
Rp105.000
BELI SEKARANG

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara memperbaiki mouse tidak berfungsi di Windows 10. Silahkan atur sesuai cara rekomendasi dari tim Kompiwin diatas untuk mengembalikan kondisi mouse seperti semula. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang