Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus Yang Error

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus Yang Error 7
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus Yang Error

Sebuah komponen yang berkesinambungan dengan fungsi utama dalam device laptop adalah keyboard. Tanpa alat ini, pengguna tidak bisa menginput data baik itu tulisan, angka dan simbol ke dalam program sistem.

Bagi yang sedang mengalami masalah pada alat ketik laptopnya, berikut kami sediakan ulasannya tentang cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang error.

Tanpa adanya keyboard, fungsi laptop seakan tidak efektif dan kurang responsif. Sebenarnya masing-masing operating system Windows sudah menyediakan fitur tambahan seperti keyboard popup yang bisa kamu munculkan ketika fungsi keyboardmu sedang error.

Tetap yang namanya kebutuhan mendesak, segala bentuk kegiatan apapun harus dilakukan secara cepat dan efisien, jika memakai alat seperti itu justru yang ada perintah kita kurang responsif.

Setelah kita riset lebih dalam, akhirnya tim Kompiwin akan membagikan cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang error, silahkan simak penjelasan di bawah untuk lebih detail.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Asus Yang Error

Perangkat keyboard itu telah disesuaikan dengan jaringan ber-kompleksitas yang tinggi. Sehingga tidak sembarang orang dapat membongkar dan memasang sendiri komponen keyboard di dalam laptopnya.

Kemungkinan keyboard rusak adalah yang pertama bisa dilihat dari umur device terlalu tua, jadi karena pemakaian dan jam terbang tinggi, lambat kian laun bakal menurunkan fungsi utamanya.

Kemudian perangkat pernah terbentur atau terbanting, jadi ketika terbanting mungkin saja ada konektor kabel yang terlepas dari mainboard.

Lalu bisa juga karena keyboard kotor, efeknya lama-lama akan merusak jaringan didalamnya.

Selebihnya adalah kebiasaan pemakaian, semakin pengguna memperlakukan secara wajar maka secara otomatis perangkat jauh lebih terawat dan awet tentunya.

1. Restart Kembali Laptop

Biasanya dengan metode sederhana seperti restart laptop ini bisa mengembalikan kondisi normal sistem, sebab bisa karena program yang banyak memakan memori hingga mengganggu jalan kerjanya driver khusus untuk keyboard.

Kemungkinan lainnya juga bisa karena terjadi settingan yang salah, sehingga antar sistem dengan perangkat keras terjadi gagal komunikasi dan terpaksa harus di reset untuk mengembalikan kondisi normal.

2. Check Tombol Num Lock

Selain persoalan muncul dari faktor internal, terkadang kita sebagai pengguna tanpa disengaja juga bisa mengakibatkan keyboard laptop bermasalah.

Kasus yang sangat umum terjadi adalah, mereka tidak sengaja menekan tombol Num Lock, sehingga ketika tombol ini aktif, karakter yang kita tap di keyboard tidak sesuai yang ada di layar.

Silahkan matikan Num Lock, atau bisa dengan cara tap tombol fn + NumLock secara bersamaan. Ada juga yang mematikannya lewat tombol Caps Lock + NumLock. Tergantung pada seri laptopnya masing-masing.

3. Kerusakan Pada Driver

Cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang error itu bisa membuka device manager dan melakukan pengecekan pada driver keyboard.

Driver ini adalah yang bertugas melakukan komunikasi kepada perangkat keras seperti keyboard, dan mengolah perintah dalam bentuk respon digital.

Kemungkinan driver keyboard error adalah, bisa karena virus, kemudian pengguna pernah menginstall aplikasi pihak ketiga, dan lainnya. Untuk mengatasinya, silahkan scan, update atau install ulang drivernya.

  1. Tap tombol Start.
  2. Ketik dan buka program Device Manager.Masuk Ke Device Manager
  3. Tap panah bawa (dropdown) pada sub Keyboard.Klik Drop Down Keyboard
  4. Klik kanan driver yang terinstall lalu pilih Scan for hardware change atau Update driver.Silahkan Update Atau Scan
  5. Ikuti langkahnya sampai selesai.
Baca Juga :

Laptop terasa sangat panas dan tiba-tiba mati ? Ikuti artikel untuk mengatasi permasalahan tersebut disini.

4. Update Windows

Pada sistem operasi Windows 10, pengguna diberikan akses terbuka untuk mengunduh data update dan melakukan pembaruan secara gratis.

Fungsi dari update sistem Windows ini adalah untuk membersihkan bug dan memperbarui sistem agar kompatibel dengan versi terbaru, termasuk hal-hal yang mengganggu pada jaringan keyboard.

  1. Aktifkan koneksi internet.
  2. Tap menu Start.
  3. Klik tombol Settings.Masuk Ke Settings
  4. Arahkan ke tombol Update and Security.Klik Update And Security
  5. Silahkan klik sub menu Windows Update, jika perangkat meminta update pada menu ini akan tersedia tombol Update.Pada Menu Windows Update Klik Update
  6. Ikuti langkahnya sampai selesai.

5. Lakukan Restore Windows

Ketika kamu sadar fungsi keyboard rusak setelah menginstall aplikasi di dalam laptop, silahkan pakai opsi restore yang satu ini.

Fungsi utama dari System Restore adalah mengembalikan sistem ke kondisi sebelum laptop terjadi error.

  1. Buka tombol Start, kemudian cari dan jalankan Control Panel.Silahkan Buka Control Panel
  2. Klik bagian Backup and Restore.Klik Backup And Restore
  3. Lalu tap tulisan Select another backup to restore files from.Pencet Klik Another Backup Restore
  4. Tunggu hingga muncul jendela restore.
  5. Pilih poin restore, lalu klik Next.
  6. Ikuti langkahnya sampai selesai.
  7. Atau bagi pengguna Windows 7, Windows 8 dan Windows 10 langsung saja ketik Restore di menu Start.

6. Opsi Alternatif

Terakhir cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang error bisa pakai opsi alternatif seperti menggunakan keyboard eksternal, memakai aplikasi keyboard dan yang terakhir ganti keyboard dengan yang baru.

Baca Juga :

Apa penyebab laptop tidak mau menyala ? Ikuti langkah-langkah cara mengatasi laptop yang tidak mau menyala.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara memperbaiki keyboard laptop Asus yang error, silahkan terapkan cara diatas, dengan harapan kondisi laptop milikmu kembali normal lagi. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.