Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja

Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja

Internet sudah menjadi salah satu bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Tanpa adanya akses jaringan tersebut, sebagian kebutuhan kita akan tersita.

Misalnya kegiatan komunikasi menjadi terhambat, pengiriman data berupa soft file tidak akan berjalan baik, dan bagi mereka yang bekerja lewat internet tentunya akan terhambat.

Kita bisa mendapatkan akses internet dengan beberapa macam cara. Pertama melalui jaringan provider, metode ini yang sering orang pakai karena mudah dan jangkauannya termasuk sangat luas.

Kemudian mendapatkan akses internet dapat melalui WiFi. Router akan memancarkan jaringan hotspot kemudian akan ditangkap oleh pernagkat yang berada di sekitar jangkauan radius sinyal.

Berbicara soal hotspot, hampir mayoritas produk smartphone jaman sekarang sudah tersedia akses hotspot untuk kebutuhan berbagi jaringan.

Tetapi bagaimana jika ponsel kita mendadak fitur hotspot tidak bisa digunakan, apa yang sebenarnya terjadi?

Problem ini banyak dialami oleh pengguna iPhone, tetapi kamu bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mengikuti langkah-langkah pada konten artikel dibawah ini.

Sebelum itu kita perhatikan dulu apa penyebab permasalah hotspot iPhone tidak bekerja.

Penyebab Hotspot iPhone Tidak Berfungsi

Kasus error pada hotspot iPhone bukan hanya terjadi satu dua kali kesempatan saja, tetapi hampir kebanyakan pengguna diluar sana mengeluhkan permasalahan yang sama.

Pertanyaannya adalah, apa faktor dari permasalahan hotspot iPhone suka mendadak error? Apakah terjadi kerusakan pada perangkat kerasnya?

Tenang saja kalian gak perlu panik, sebab umumnya penyebab hotspot tidak bekerja ini karena pengaturan APN jaringan yang berubah.

APN ini berkaitan dengan jenis SIM card yang kamu gunakan, ada juga beberapa model kartu dengan kelebihan yang bisa langsung otomatis terdata APN.

Ketika kamu mengubah provider kartu SIM, data yang terekam dari APN harus diubah kembali secara manual. Jika hotspot disebabkan karena APN, maka setelah kamu atur ulang sudah dipastikan fitur akan kembali normal seperti semula.


Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja

Kalian bisa menerapakan beberapa metode cara dibawah ini untuk memperbaiki kerusakan hotspot iPhone.

Bukan semata-mata error diakibatkan dari perangkat kerasnya, namun kita coba dulu dengan cara berikut bila semua dapat teratasi maka kasus error muncul karena sistem jarigan saja.

Cara  1 : Restart Perangkat

Restart akan selalu menjadi solusi sederhana ketika ponsel mulai menunjukkan tanda-tadan error.

Sebagian besar kasus error ini dapat diatasi dengan merestart perangkat, karena dengan cara ini kita memberikan space bagi ponsel untuk melakukan penyegaran mungkin karena akibat bug, file sampah, error sistem dan sebagainya.

Restart akan menghapus semua penggunaan memori RAM, sehingga aplikasi yang dipercaya memicu error akan direset otomatis dan bisa kembali normal.

Baca Juga:

Mau tau HP iPhone kamu diproduksi di negara apa? Berikut adalah kode negara asal iPhone terlengkap.


Cara 2 : Atur APN iPhone

Cara memperbaiki hotspot iPhone tidak bekerja yang kedua adalah cara paling efektif dalam memperbaiki error pada permasalah hotspot kalian masing-masing.

Tipsnya cukup mudah, poin yang perlu kalian catatan disini adalah, masuk ke dalam pengaturan jaringan kemudian ubah APN sesuai jenis provider kalian masing-masing.

  1. Pertama masuk ke dalam menu Settings.Klik Tombol Pengaturan - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  2. Setelah itu cari dan buka tombol Cellular.Ketuk Tombol Seluler - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  3. Scroll kebawah kemudian klik bagian Cellular Data Network.
  4. Kemduain scroll paling bawah dan ketuk menu Personal Hotspot.Atur Bagian Hotspot Pribadi - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  5. Silahkan kamu isi APN sesuai dengan prodiver kartu kalian masing-masing.
Nama ProviderKeterangan
TelkomselAPN : internet
Username :internet
Password :wap123
IndosatAPN : internet
Username : gprs
Password : im3
XLAPN : internet
Username : xlgprs
Password : proxl
AxisAPN: Internet
Username: AXIS
Password : 123456
TriAPN : 3data
Username : 3data
Password : 3data
Tabel APN Provider di Indonesia – Dirangkum oleh kompiwin

Cara 3 : Reset Pengaturan Jaringan

HP iPhone telah memberikan akses bagi pengguna untuk mereset menu jaringan dalam ponsel.

Ketika kalian tekan konfirmasi reset network settings, maka  ponsel akan menghapus semua pengaturan WiFi dan operator HP kalian.

Kemudian akan menghapus iPhone kustom dan intinya akan kembali ke tampilan network saat ponsel keadaan baru.

  1. Pertama buka dulu menu settings.Ketuk Menu Pengaturan - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  2. Setelah itu klik tombol General.Pencet Menu General - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  3. Masuk ke dalam Reset.Pencet Tombol Reset - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  4. Cari dan pilih perintah Reset Network Settings.Tap Reset Network Settings - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
  5. Kalian akan diminta untuk masukkan password HP, setelah itu sistem akan  berjalan.Masukkan Password HP - Cara Memperbaiki Hotspot iPhone Tidak Bekerja
Baca Juga:

Tidak punya webcam untuk Zoom Meeting? Gunakan HP iPhone kamu sebagai webcam. Untuk tutorialnya, kamu dapat mengikuti tutorialnya disini.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara memperbaiki hotspot iPhone tidak bekerja. Silahkan kamu ikuti tutorial diatas untuk memperbaiki kerusakan di ponsel masing-masing. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar