Cara Memperbaiki D3DX9_26.DLL Is Missing

Cara Memperbaiki D3DX9_26.Dll Is Missing

Pernah tidak ketika kalian sedang membuka program atau menjalankan game, tiba-tiba muncul notifikasi error D3DX9_26.DLL is Missing. Dan seketika kita tidak dapat melanjutkan aplikasi tersebut bahkan akan terus terulang walau kita sudah merestartnya.

Sesuai dengan pesan notifikasinya, menandakan bahwa terdapat satu hingga sejumlah file yang hilang akibat crash atau konfigurasi yang berubah.

Berbeda dengan kasus DLL missing lainnya, pada penyelesaian kali ini tidak terbilang rumit karena persoalan masih bersinggungan dengan Microsoft DirectX.

Sedangkan DirectX ini sendiri merupakan basis file yang digunakan untuk menjalankan game Windows atau program grafis tingkat lanjut.

Sehingga bagi aplikasi yang membutuhkan jalannya sistem DirectX akan muncul dengan notifikasi permasalahan sama sampai kalian sebelum kalian atasi lebih lanjut.

Di bawah Tim Kompiwin sudah menjelaskan bagaimana cara memperbaiki D3DX9_26.DLL is Missing. Tetapi sebelum itu, apa saja hal yang menyebabkan permasalahan ini muncul.

Penyebab Kerusakan D3DX9_26.DLL is Missing

Setiap permasalahan tentu ada penyebabnya. Untuk perihal satu ini termasuk suatu persoalan yang umum kita temukan pada perangkat komputer diluar sana.

Jadi kalian jangan harap cemas, karena tidak cuma kamu saja yang mengalami masalah tetapi sebagian besar kasus D3DX9_26.DLL Is Missing juga dialami pengguna lain.

Dan untuk mengatasinya cukup mudah, tetapi sebelum kita masuk ke dalam pembahasan utama, pertama simak apa saja faktor kemungkinan kasus berikut bisa terjadi. (Baca Juga : Cara Mengatasi Error VCRUNTIME-140.DLL Is Missing)

1. File D3DX9_45.DLL terkena Virus

Sudah jadi momok utama virus termasuk biang permasalahan di segala struktur sistem komputer. File berbahaya ini dapat menyerang internal software device, termasuk hilangnya file D3DX9_45.DLL juga disebabkan akibat virus. Alhasil file menjadi crash dan terdeteksi hilang.

Mungkin saat setelah kalian download file D3DX9_45.DLL, terjadi miss lupa menghidupkan antivirus.

Bahkan sebenarnya, file yang aman tidak akan pernah bisa terdownload ketika proteksi Windows kalian aktif.

2. Kesalahan Saat Download

Banyak orang suka bermain game, ditambah dengan akses download yang mudah sehingga kita bisa dengan gampang mendapatkan game melalui internet.

Kesalahan dalam proses download termasuk faktor penyebab file D3DX9_45.DLL hilang, bisa karena koneksi kurang stabil, internet terputus, atau gagal saat download.


Cara Memperbaiki D3DX9_26.DLL Is Missing

Langsung saja kita masuk ke dalam pembahasan utama…dalam memperbaiki file yang hilang di sebuah program DirectX caranya cukup mudah.

Intinya kita ganti file lama tersebut dengan data file yang baru. Tentunya sesuai dengan versi dari Windows yang terpasang di dalam device.

Dan berikut adalah penjelasan lengkap dari cara memperbaiki D3DX9_26.DLL is missing. Silahkan ikuti tutorialnya berikut.

Langkah 1

Pertama, kita lakukan cek bit sistem operasi Windows yang ada di komputer atau laptop kita.

Silahkan masuk ke System Information Windows dan Windows yang terinstall menggunakan basis 32-bit atau 64-bit. Karena hal ini akan mempengaruhi kita dalam memilih file D3DX9_26.DLL nantinya saat berada di website penyedia file.

Untuk mengeceknya sangat mudah, berikut caranya.

  1. Silahkan kamu pencet tombol Start.
  2. Setelah itu ketikkan pada kotak pencarian System Information. Buka program tersebut.Buka System Information
  3. Klik bagian tab System Summary.
  4. Cari dan lihat bagian menu System Type, perhatikan apakah Windows kalian menggunakan 64 bit atau 32 bit.Perhatikan System Type Windows
  5. Setelah itu silang saja jendela System Information ini.

Langkah 2. Download File D3DX9_26.DLL

Baru setelah kalian cek, maka langsung kita pergi ke website penyedia file Dll dan cari file dengan tipe D3DX9_26.DLL. Setelah muncul, langsung saja kita download sesuai dengan System Type apakah 32-bit atau 64-bit.

Langkah lebih lanjut silahkan simak dibawah ini.

  1. Pertama buka browser kalian.
  2. Kemudian masuk ke dalam website https://www.dll-files.com/.Pencet Kotak Pencarian
  3. Ketikkan pada kotak pencarian disana dengan nama file D3DX9_26.DLL.Ketik File Di Pencarian Dan Search
  4. Setelah muncul kalian klik tulisan d3dx9_26.dll yang berwarna orange.Pencet File Tulisan Orange
  5. Tingga kamu pilih ingin download versi 32 bit atau 64 bit, caranya pencet saja tombol Download di samping keterangan file.Download Sesuai File System
  6. Kalau sudah terdownload, buka folder dan ekstrak filenya.Silahkan Ekstrak Filenya
  7. Buka folder ekstra tersebut, kemudian Copy file bernama d3dx9_26.dll.Copy File DLL Tersebut
  8. Lalu masuk ke dalam direktori Local Disc C: -> Windows -> System32 -> Paste disini.Masuk Ke Lokasi Direktori
  9. Jika muncul jendela konfirmasi, tekan saja Continue.
  10. Setelah itu restart device kalian dan coba gunakan kembali.

Akhir Kata

Bagaimana, cara memperbaiki D3DX9_26.DLL is missing sangat mudah bukan?

Tinggal kalian download file barunya, kemudian replace kedalam folder system…maka restart dan semua masalah sudah berhasil kita atasi. Semoga bermanfaat.

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang