Cara Memotong Video Kinemaster

Cara Memotong Video Kinemaster
Cara Memotong Video Kinemaster

Saat ini banyak sekali bermunculan aplikasi untuk editing video yang dapat digunakan di smartphone (baik Android maupun iOS). Hal ini mempermudah para editor video, karena tanpa membuka komputer dan laptop sudah bisa melakukan editing.

Berbicara mengenai aplikasi editor video, disini kami akan memberikan panduan mengenai langkah-langkah untuk memotong video di aplikasi Kinemaster.

Kinemaster sendiri merupakan salah satu aplikasi editing video yang profesional dengan fitur-fitur yang sangat lengkap. Selain itu, aplikasi ini juga sangat ringan saat digunakan. Bisa dibilang merupakan salah satu aplikasi editor video HP terbaik saat ini.

Tapi bagi kamu yang baru menggunakan aplikasi Kinemaster, tentunya bingung saat edit video dengan aplikasi tersebut. Dan pada konten artikel ini, kami akan membagikan cara untuk memotong objek (video, audio, dan gambar) di Kinemaster.

Kita akan membahas mulai dari teknik memotong (cutting) mulai dari memotong video, audio, dan gambar. Selain itu, kita juga akan memberikan langkah-langkah memotongnya objek (video, audio, dan gambar) di dalam Kinemaster.

Dengan memotong objek, kita bisa memilih menyeleksi bagian mana yang dibutuhkan dan mana yang tidak.

Cara Memotong Objek di Kinemaster

Seperti yang kami utarakan di atas, kita tidak hanya membagikan tutorial tentang proses memotong (cutting) video saja di Kinemaster. Tetapi kita juga dapat memotong gambar serta audio di Kinemaster.

Supaya semuanya jelas dan sekaligus mempermudah proses editing yang sedang kamu lakukan, pastikan kamu untuk mengikuti langkah-langkah memotong objek (video, audio, dan gambar) di Kinemaster.

1. Memotong Video di Kinemaster

Aplikasi untuk edit video pada dasarnya memiliki kemampuan dalam menaruh atau memasukkan objek dalam format apapun sebagai bahan media editing.

Apalagi dalam dunia videografi, hasil tampilan editing sangat mempengaruhi kualitas pesan visual dan kuantitasnya.

Adapun langkah-langkah untuk memotong video di Kinemaster seperti berikut ini:

  1. Pertama buka dulu aplikasi Kinemaster.
  2. Ketuk tombol Buat Baru untuk memulai editing.Ketuk Tombol Buat Baru
  3. Setelah itu tentukan rasio kanvas editing sesuai yang kalian inginkan. Dan tap tombol Berikutnya.Pilih Rasio Dan Berikutnya
  4. Diawal akan secara otomatis muncul tampilan Media Browser, silahkan pilih video yang ingin kamu masukkan ke editing Kinemaster.Silahkan Pilih Video
  5. Kalau sudah, klik project video tersebut.Klik Video Project
  6. Geser garis merah di layar bagian tempat project video ke kanan atau kekiri untuk menentukan bagian durasi video yang dipilih.Geser Garis Merah
  7. Pada menu tab bagian pojok kanan atas, silahkan klik tombol icon Gunting.Silahkan Klik Tombol Gunting
  8. Akan tersedia beberapa pilihan, Pangkas ke kiri playhead untuk memotong bagian sisi kiri garis merah. Lalu Pangkas ke kanan playhead untuk memotong bagian sisi kanan gari merah. Bagi di playhead yaitu untuk memotong di tengah garis merah dan menyisipkan fitur transisi. Terakhir Bagi dan sisipkan bingkai beku adalah memotong bagian tengah garis merah, lalu disisipkan capture bagian detik durasi tersebut ke sisipan potongan tersebut.Pilih Salah Satu Cutting
  9. Selesai.

2. Memotong Gambar di Kinemaster

Bagaimana kalau kita ingin memotong gambar di Kinemaster? Kita bisa menggunakan fitur “Cut” dan untuk langkah-langkahnya hampir sama saat kita memotong video di atas.

Adapun langkah-langkah memotong gambar di Kinemaster seperti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Kinemaster.
  2. Klik tombol Buat Baru.Ketuk Tombol Buat Baru
  3. Tentukan rasio editing.Pilih Rasio Dan Berikutnya
  4. Biasanya di awal akan langsung muncul media browser dan pilih gambar yang dimasukkan.Pilih Gambar Dan Silang
  5. Atau bisa klik tombol Media kemudian pilih gambar.
  6. Geser garis merah ke kanan atau kiri untuk mengatur poin perpotongan.Geser Garis Merah Gambar
  7. Setelah itu sama seperti diatas, klik dulu project objek gambar dibawah.Ketuk Project Gambar
  8. Tap icon Gunting.Ketuk Tombol Gunting Gambar
  9. Pilih salah satu fungsi dari Pangkas ke kiri playhead untuk memotong bagian sisi kiri garis merah. Lalu Pangkas ke kanan playhead untuk memotong bagian sisi kanan gari merah. Bagi di playhead yaitu untuk memotong di tengah garis merah dan menyisipkan fitur transisi. Terakhir Bagi dan sisipkan bingkai beku adalah memotong bagian tengah garis merah, lalu disisipkan capture bagian detik durasi tersebut ke sisipan potongan tersebut.Pilih Cutting Gambar
  10. Selesai.
Baca Juga:

Ingin membuat video lirik di aplikasi Kinemaster? Kami sudah membuat panduan lengkapnya pada konten artikel ini.


3. Memotong Audio di Kinemaster

Untuk yang ketiga, kita akan mencoba memotong audio di aplikasi Kinemaster. Adapun cara untuk memotong audio di Kinemaster seperti di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Kinemaster.
  2. Tap tombol Buat Baru.Ketuk Tombol Buat Baru
  3. Lalu pilih aspek rasio dan tap Berikutnya.Pilih Rasio Dan Berikutnya
  4. Diawal akan muncul browser media, pilih dulu background gambar atau video sebagai pelengkap visual.
  5. Lalu klik tombol Audio.Ketuk Tombol Audio
  6. Pilih tombol Lagu untuk memasukkan music dari memori. Setelah itu pilih dan tap tombol Plus.Pecet Tombol Plus
  7. Silang untuk kembali ke tampilan editing.
  8. Silahkan kamu sesuaikan dulu posisi lagu dengan background visual dengan cara menggeser project audio.Geser Jarum Merah
  9. Kalau sudah tap project audio, selanjutnya klik tombol Pangkas/Bagi.
  10. Pilih salah satu dari Pangkas ke kiri playhead untuk memotong bagian sisi kiri garis merah. Lalu Pangkas ke kanan playhead untuk memotong bagian sisi kanan gari merah. Bagi di playhead yaitu untuk memotong di tengah garis merah dan menyisipkan fitur transisi.Pilih Pemangkasan Audio
  11. Selesai.

Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara memotong objek baik itu video, audio, serta gambar di aplikasi Kinemaster.

Silahkan ikuti tutorial diatas untuk menambah wawasan tentang editing di Kinemaster. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial Kinemaster selanjutnya.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.