Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu SIM HP OPPO

Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu SIM HP OPPO 7
Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu SIM HP Oppo

Cara memindahkan kontak ke kartu SIM HP OPPO dilakukan pada saat kamu mencoba mereset ulang data pabrik dan mengembalikan settingan awal.

Sebelum semua file data yang tersimpan di sana hilang, ada baiknya kamu melakukan backup agar file data masih utuh dan gak perlu repot-repot lagi input secara manual.

Ada beberapa contoh file yang perlu di keep disaat kita melakukan reset ulang data pabrik, yang pertama dokumen yang tersimpan dalam memori internal segera pindah ke kartu SD agar tidak ikut terformat.

Lalu pindahkan dulu media seperti foto atau video yang menurut kamu pantas buat di keep buat kenang-kenangan suatu saat nanti.

Serta yang terakhir adalah melakukan backup kontak dari penyimpanan internal ke kartu SIM agar tidak perlu lagi menginput satu per satu nomor dari teman dan kerabat kita.

Beruntung cara memindahkan kontak ke kartu SIM HP OPPO saat ini sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah, pengguna tinggal tekan tombol fitur yang ada di Pengaturan, lalu tunggu proses pemindahan selesai.

Opsi seperti ini tentu sangat memudahkan para pengguna dan menyempurnakan sistem kebiasaan sebelumnya…

Coba deh kalian bayangin kalau seandainya belum ada fitur praktis membackup kontak HP ke dalam SIM Card.

Mungkin kita akan kembali ke era HP tahun 2000-an, ketika mereka mengganti ponsel dari lama ke baru selalu mencatat nomor kontaknya terlebih dahulu lalu dipindah ke dalam HP kedua.

Terdengar kurang praktis dan sangat membuang-buang waktu bukan? buat yang ingin lebih mudah dan singkat, silahkan simak penjelasan dibawah ini.

Cara Memindahkan Kontak Ke Kartu SIM HP OPPO

Ketika kamu pertama memasukkan nomor HP dan menyimpan kontak tersebut ke dalam ponsel, biasanya akan disediakan dua pilihan. Ingin menyimpannya dalam memori internal, layanan cloud atau memori SIM Card.

Terkadang step pertama ini sering kali diabaikan banyak orang, dan mereka suka lupa siapa saja kontak yang disimpan dalam ponsel atau memori SIM Card.

Masing-masing pilihan penyimpanan ada plus dan minusnya, jika kita menyimpan dalam memori perangkat, dikhawatirkan ponsel jika mengalami kerusakan seperti error hingga meminta reset data pabrik, terpaksa semua data akan hilang termasuk nomor kontak.

Sedangkan penyimpanan dalam SIM Card itu juga sangat terbatas, karena kapasitas ruangnya tidak begitu besar hingga menampung ratusan kontak.

Bagi yang sudah penasaran memindahkan kontak ke kartu SIM HP OPPO, silahkan ikuti langkah dibawah ini.

1. Memori Ponsel Ke SIM Card

  1. Silahkan masuk ke menu Pengaturan HP.
  2. Kemudian kamu scroll kebawah dan buka tombol Contacts/Kontak.Masuk Ke Menu Pengaturan Kontak
  3. Disini akan tersedia beberapa pengaturan, silahkan untuk memindahkan kontak dari ponsel ke kartu SIM bisa tekan tulisan Kontak pada Kartu SIM.Ketuk Kontak Pada Kartu SIM
  4. Berikutnya pilih salah satu kartu SIM yang ingin kamu jadikan backup kontak.Pilih Salah Satu Kartu SIM
  5. Klik tombol dibawah Impor Ke Kartu SIM.Tap Import Ke Kartu SIM
  6. Lalu kamu pilih beberapa kontak yang ingin dipindahkan ke memori SIM, bisa seleksi satu per satu atau langsung Pilih Semua.Langsung Tap Pilih Semua
  7. Jika sudah semua kontak kamu seleksi, tahap berikutnya yaitu tap OK dan konfirmasi lewat tombol Impor.Klik Import
  8. Tunggu prosesnya sampai selesai.

2. SIM Card Ke Memori Ponsel

  1. Silahkan buka menu Pengaturan HP.
  2. Scroll kebawah dan masuk ke dalam pengaturan Kontak.Masuk Ke Menu Pengaturan Kontak
  3. Silahkan kamu tap tulisan Kontak Pada Kartu SIM, sama persis seperti langkah yang pertama.Ketuk Kontak Pada Kartu SIM
  4. Berikutnya pilih salah satu SIM Card yang ingin kamu ekspor ke penyimpanan perangkat.Pilih Salah Satu Kartu SIM
  5. Tap tombol bertuliskan Ekspor Dari Kartu SIM.Ketuk Ekspor Ke Kartu SIM
  6. Selanjutnya seleksi beberapa kontak yang sekiranya disimpan dalam HP, atau langsung Pilih Semua untuk lebih praktis.Langsung Tap Pilih Semua
  7. Bila semua sudah terseleksi, klik tombol OK kemudian konfirmasi lewat tombol Ekspor.
  8. Tunggu beberapa saat sampai sistem selesai memindahkan semua.
  9. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara memindahkan kontak ke kartu SIM HP Oppo baik dari penyimpanan ponsel ke dalam SIM Card ataupun sebaliknya.

Dua tips diatas sebenarnya sangat praktis, bahkan fitur yang digunakan masih dalam satu tampilan menu, tinggal kamu sesuaikan kebutuhan antar impor kontak atau ekspor kontak. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.