Cara Membuat Watchlist Di IPOT

Cara Membuat Watchlist Di IPOT
Cara Membuat Watchlist Di IPOT

Agar proses investasi saham kita berjalan mulus, trader penting untuk mempersiapkan beberapa strategi agar mereka bisa mendapatkan hasil yang diinginkan.

Salah satu alat bantu yang cukup terkenal digunakan dalam bermain saham yakni Wathclist.

Baik pemain lama hingga pemula, kalian harus memiliki watchlist supaya lebih fokus dalam mendapatkan profit besar dari sebuah pasar saham yang ditentukan.

Berbicara soal Watchlist, kita sudah menyediakan tutorial cara membuat watchlist di IPOT supaya proses trading kamu bisa lebih efektif.

Watchlist sendiri merupakan pengertian dari daftar saham yang dipantau. Sehingga mereka dapat mengatur mana saja saham yang ingin diikuti agar trader tidak ketinggalan aktivitas pasar ketika pemilihan transaksi.

Fungsi Watchlist Dalam Investasi Saham

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama cara membuat Watchlist di IPOT, pertama bagi yang masih awam tentang fitur watchlist ini akan kita jelaskan seperti apa fungsi dan kegunaannya berikut ini.

Watchlist cukup penting dalam kebutuhan investasi di IPOT. Dengan alat ini, kalian bisa memantau beberapa pilihan saham di bursa efek untuk kalian tentukan strategi investasi demi menghasilkan cuan berlimpah.

Dalam aplikasi IPOT tersedia ratusan jenis saham/emiten yang berbeda beda dan masing masing saham tersebut tentu memiliki trafik pasar yang cenderung relatif.

Itulah tujuan dari Watchlist ini, kalian pastinya tidak mungkin memantau satu per satu dari ratusan saham di dalam bursa efek, akan lebih efektif jika kita pilih beberapa dengan aktivitas transaksi yang menguntungkan, dan memasukkan saham tersebut ke dalam list.

Ketika kalian membuat watchlist maka akan keluar beberapa saham yang sudah kalian istilahnya tandai, dengan harapan layak untuk ditradingkan. Dengan kata lain, trader dapat memilih stock pick saham berkualitas dari beberapa deretan saham/emiten lainnya.

Idealnya trader dapat menentukan paling tidak 10 hingga 25 jenis saham di dalam watchlist mereka. Banyak tidaknya pilihan tergantung tingkat kesibukan kalian memantau bursa efek di sebuah aplikasi.

Kalau kalian jarang memantau saham, lebih dianjurkan pilih dibawah 10 jenis emiten saja .

Baca Juga:

Selain aplikasi IPOT untuk trading saham, terdapat juga aplikasi Stockbit. Lalu apa perbandingannya? Cari tahu di perbadingan IPOT dan Stockbit serta kelebihan dan kekurangan.


Manfaat Wathclist

Untuk beberapa manfaat dari fitur Watchlist, kami sudah rangkumkan di bawah ini:

1. Menangkap Peluang

Kita menggunakan Wathclist dengan tujuan memilih beberapa emiten masuk ke dalam daftar kita.

Mereka yang terpilih tentu mempunyai kinerja yang baik, namun sebagian belum memenuhi standar harga diskon.

Kembali lagi pada prinsip, value investing memiliki arti yakni berinvestasi di saham yang baik dan membeli harga diskon. Dengan bantuan Watchlist, kita bisa dengan mudah mengoreksi harga dengan cepat dan menentukan peluang.


2. Fokus

Disini kalian dituntut untuk lebih fokus mengamati pergerakan saham di satu perusahaan dan hanya beberapa yang lain.

Diharapkan kalian bisa menentukan satu objek saham untuk dianalisis dan hindari kegiatan menganalisis dua saham atau lebih dalam satu waktu.


3. Mudah Watchlist Update

Disini investor tentu sangat dimudahkan dengan adanya wathclist. Proses analisis akan lebih mudah karena mereka berhasil menyeleksi beberapa emiten untuk masuk ke dalam daftar.

Manfaatkan trader jadi lebih mudah melihat pergerakan emiten, dan bila ada penurunan performa bisa dikeluarkan dalam daftar dan memasukkan baru emiten dengan kriteria standar.


4. Bijak Dalam Investasi

Banyak list emiten yang terdaftar di aplikasi IPOT, namun dengan bantuan watchlist ini kita bisa terhindar dari sikap membeli saham yang tidak termasuk ke dalam list.

Trader harus lebih fokus hanya di beberapa daftar pilihan mereka saja.

Baca Juga:

Ingin mengetahui Moving Average di IPOT? Silahkan ikuti langkah-langkahnya di cara melihat Moving Average di IPOT secara lengkap.


Cara Membuat Watchlist Di IPOT

Selanjutnya kita akan masuk ke dalam cara membuat watchlist di IPOT. Aplikasi ini sebetulnya sudah menyediakan fitur Watchlist khusus bagi para penggunanya.

Dan cara memakainya sangat mudah silahkan simak tutorial dibawah ini.

  1. Buka aplikasi IPOT.
  2. Pastikan kalian sudah login.
  3. Pada tampilan utama, kalian bisa klik kotak Stock seperti yang kita tandai ini.Masuk Ke Dalam Stock
  4. Lalu tap tombol Bintang yang ada di pojok kiri atas.Ketuk Tombol Bintang
  5. Disini akan muncul beberapa list saham milikmu
  6. Kalian bisa tap tombol icon Plus yang ada di paling bawah.Ketuk Tombol Tambah
  7. Kemudian masukkan kode saham, misalnya kita ingin pilih BCA maka ketik kode saham BBCA.Ketik Kode Saham
  8. Tap tombol Add untuk menambahkan.Pencet Tombol Add
  9. Untuk melihat detail informasi saham yang kita pilih. Silahkan kembali ke menu Stock sebelumnya.Masuk Ke Dalam Stock
  10. Tap kotak Stock List.Tap Tombol Stock List
  11. Nanti akan muncul aktivitas saham yang kalian list.Detail Watchlist Disini
  12. Selamat mencoba.
Baca Juga:

Saldo KAS akun IPOT kamu tinggal sedikit? Silahkan lakukan top up saldo RDN IPOT dengan mudah dan cepat.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah cara membuat Watchlist di IPOT. Silahkan kalian ikuti tutorial diatas agar bermain saham-mu makin menghasilkan banyak cuan. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.