Word Office

Cara Membuat Titik Daftar Isi Di Word

Pinterest LinkedIn Tumblr

Apakah kalian pernah ditugaskan untuk membuat suatu makalah atau karya ilmiah? Salah satu unsur yang wajib terpenuhi dalam sebuah karya ilmiah adalah daftar isi.

Biasanya bagian ini berada di posisi paling depan setelah cover, dan isi dari halaman daftar isi itu sendiri adalah list judul halaman yang terdiri dari bagan bab dan berbagai macam sub bab.

Karena dengan adanya daftar isi ini, pembaca dapat dengan mudah mengurutkan atau mencari judul sub bab tanpa mereka membuka-buka halaman di belakangnya.

Oleh karena itu pembuatan daftar isi harus dirancang secara rapi dan jelas, supaya tidak ada kesalahpahaman ketika mencari suatu halaman.

Namun, bagi sebagian orang yang tidak terbiasa membuat daftar isi ini pasti hasilnya belum tentu rapi, bahkan masih ada sebagian yang cara buatnya berantakan.

Biasanya bagian yang membuat tampilan halaman daftar isi berantakan yaitu ada di bagian garis titik-titik yang menghubungkan antara judul dengan nomor halaman.

Tenang saja bagi kalian yang masih kesulitan membuat halaman daftar isi, disini kita akan sediakan cara membuat titik daftar isi di Word secara otomatis yang dijamin bakal lebih rapi.

Jika kamu masih mengandalkan cara manual, tentu akan membuang-buang waktu saja, bayangkan seberapa banyak titik-titik yang harus kamu ketik untuk menghubungkan judul ke nomor halaman, dan kedengarannya pun sangat tidak efektif.

Cara Membuat Titik Daftar Isi Di Word

Kurang lebih ada dua metode dalam membuat titik daftar isi di Word. Yang pertama bisa kamu buat sebelum konten isi makalahnya sudah jadi.

Sedangkan cara yang kedua bisa kamu buat ketika konten makalahnya sudah jadi atau per setiap judul headingnya sudah ada.

Judul heading yang kita maksud yaitu Kata Pengantar, Latar Belakang, Isi, Penutup, Daftar Pustaka dan lain-lain.

1. Lewat Paragraph

Cara yang pertama ini sering digunakan oleh banyak orang ketika mereka belum mengisi konten makalah yang dibuat. Jadi halaman daftar isi bisa dibilang project pertama yang digarap sebelum semuanya jadi.

  1. Buka Office Word.
  2. Silahkan buat halaman daftar isi seperti dibawah ini, biasanya terdiri dari Kata Pengantar, Latar Belakang, dan seterusnya.Buat List Daftar Isi
  3. Jika sudah blok semua tulisan tersebut, klik kanan lalu tekan Paragraph.Klik Kanan Untuk Pilih Menu Paragraph
  4. Buka menu Tabs dengan menekan tombol di ujung bawah kiri.Klik Tombol Tabs
  5. Silahkan isi seperti bagian tab stop position ingin berhenti di titik mana, untuk bagian Default tab stop biarkan saja, menu Alignment bisa diatur mengikuti posisi tulisan, jika ingin titik-titiknya mengarah ke kanan silahkan tekan tombol Right, lalu kamu bisa mengatur model titik-titiknya di menu Leader.Atur Point Berhenti Titik Tab Atur Alignmen dan Leader
  6. Jika semua sudah diatur, silahkan tekan tombol Set kemudian OK untuk konfirmasi.Tekan Tombol Set Kemudian OK
  7. Untuk memunculkan titik-titik daftar isi, arahkan kursor di bagian kanan tulisan, lalu tekan tombol Tab pada keyboard, secara otomatis titik akan keluar dan mengikuti tab position yang kamu atur sebelumnya.Letakkan Cursor dan Tekan Tombol Tab
  8. Ulangi judul di bawahnya sampai selesai.Ulangi Setiap Judul Sampai Habis
  9. Selamat mencoba.
Bikin tulisan melengkung gimana sih ? Ikuti cara membuat tulisan melengkung di Word.

2. Lewat References

Berikutnya kamu dapat membuat titik daftar isi Word menggunakan menu References. Cara ini biasanya digunakan setelah mereka mengisi semua konten makalahnya dan melengkapi halaman dengan judul serta sub bab.

Sebenarnya cara ini jauh lebih praktis, karena hasilnya nanti akan muncul secara otomatis lengkap beserta nomor halamannya.

  1. Buka Office Word.
  2. Siapkan isi makalah yang sudah jadi.
  3. Biasanya judul setiap halaman itu dapat terbagi menjadi beberapa sub, dan di Office Word sub tersebut dapat kita kategorikan menjadi Heading 1, Heading 2 dan Heading 3. Semakin kecil heading maka semakin mencabang dari sub judulnya.Pembagian Sub Judul Dengan Heading
  4. Tentukan judul yang menjadi Heading 1, Heading 2 dan Heading 3 menggunakan fitur Styles di menu Home. Misalnya judul Bab 1 dijadikan sebagai judul utama, tinggal kamu blok judul tersebut kemudian tekan Heading 1. Kemudian Pendahuluan biasanya judul sub bab kedua, maka blok tulisan tersebut dan tekan Heading 2.Blok Judul Lalu Tekan Heading Di Menu Styles Blok Judul Berikutnya dan Sesuaikan Heading Di Menu Styles
  5. Lakukan cara di atas di semua judul dan sub judul.Lanjutkan Judul Berikutnya Sampai Selesai
  6. Buat halam kosong, untuk dijadikan halaman Daftar Isi.Buat Lembar Kosong Untuk Halaman Daftar Isi
  7. Masuk ke menu References ➤ Table of Contents ➤ Automatic Table 1.Buat List Daftar Isi Lewat Fitur Tabel of Contents
  8. Secara otomatis daftar isi akan muncul sesuai penggolongan heading 1, 2 dan 3 yang sudah diatur sebelumnya.Hasil Menggunakan Fitur Table of Contents

Ketika kamu mengubahnya menjadi heading, secara otomatis judul akan berubah warna menjadi biru. Silahkan atur warna menjadi hitam di pengaturan Font pada menu Home, sekaligus sesuaikan kembali ukuran font.

Mau buat garis putus-putus di Word, ikuti cara membuat garis putus-putus di Word.

Akhir Kata

Sekarang kamu sudah menguasai 2 cara membuat titik daftar isi di Word. Setelah ini kamu bisa buat sendiri sesuai dengan isi konten makalah atau karya ilmiah masing-masing. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar