Cara Membuat Tabel Di WPS Office

Cara Membuat Tabel Di Wps Office

Tabel termasuk salah satu elemen yang sering ada ketika kita membuat sebuah file data. Media tabel berfungsi untuk mempermudah input angka, data, hingga menjelaskan informasi dari suatu keterangan yang dibuat.

Kita mungkin sering menggunakan Microsoft Excel dalam menyusun tabel secara instan. Disana sudah tersedia worksheet yang dikemas dalam bentuk kolom dan baris. Sehingga tinggal tempelkan saja data-data yang kamu input, sampai menjadi suatu dokumen yang diinginkan.

Namun bagaimana cara membuat tabel di WPS Office?

Aplikasi ini masih terbilang awam bagi sebagian pengguna jika kita bandingkan dengan produk Microsoft Office. Tetapi banyak keunggulan yang sebenarnya WPS Office jauh lebih dilirik ketimbang kompetitiornya tersebut.

Beberapa yang cukup menonjol adalah ukuran aplikasi WPS Office ini cenderung cukup ringan, kemudian juga tersedia versi mobile, cocok bagi pengguna yang menyukai kerja praktis melalui smartphone.

Tampilannya pun terlihat lebih sederhana, walaupun kita kadang perlu waktu untuk menyesuaikannya…seperti menemukan fungsi tabel di dalam WPS Office. Penjelasan tentang cara membuat tabel di WPS Office sudah Tim Kompiwin rangkum dibawah ini.

Cara Mudah Membuat Tabel Di WPS Office

Seperti yang sudah kita sebutkan diatas, kalau WPS Office sendiri memiliki dua produk varian berbeda. Mereka menyediakan versi PC dan juga mobile smartphone.

Untuk versi PC, cara pengoperasiannya memang lebih mudah, karena kita terbantu dengan media seperti mouse, keyboard dan layar interface besar.

Tetapi cara membuat tabel di WPS Office lewat mobile juga sama mudahnya. Dan berikut penjelasan tentang membuat tabel di WPS Office versi PC serta android.

1. Membuat Tabel WPS Office Di PC

Keuntungan mengoperasikan WPS Office di PC kita bisa memilih layanan Write, Spreadsheet, atau Presentation dalam satu wadah. Pencet salah satu maka WPS akan membuka tampilan aplikasi sesuai dengan fungsinya.

Disini kita akan contohkan membuat tabel WPS Office di dalam WPS Write.

  1. Pertama kalian buka terlebih dahulu aplikasi WPS Office Write.
  2. Kemudian kalian buat dokumen baru dengan menekan tombol Plus pada tab WPS Office.Pencet Tombol Plus Disana
  3. Disini kalian akan langsung dibawa ke tampilan aplikasinya.
  4. Untuk membuat tabel, langsung saja tekan bagian tombol Write yang ada di pojok kiri atas.Klik Bagian Menu Writer
  5. Akan muncul beberapa tools, dan pilih saja Tables.Klik Tombol Tables
  6. Arahkan ke Insert -> Insert Table.Pilih Insert Dan Insert Table
  7. Silahkan masukkan jumlah Kolom dan Baris tabel di setiap kotak.Atur Baris Dan Kolom
  8. Setelah itu pencet OK.

2. Membuat Tabel WPS Office di Android

Selanjutnya bagaimana dengan cara membuat tabel di WP Office namun versi Android. Banyak juga pengguna yang mengaku nyaman memakai aplikasi WPS versi mobile ini. 

Pertama, karena aplikasi berikut praktis dapat dipakai kapan saja dan dimana saja, kemudian tampilan WPS ini pun sangat sederhana.

Jadi buat navigasi atau lokasi fiturnya bisa kita temukan dengan sangat mudah. Nah bagi yang masih bingung menemukan fitur tabel di WPS ini, silahkan simak tutorial dibawah ini.

  1. Pertama buka dulu aplikasi WPS Office Android.
  2. Kemudian tekan tombol Tools yang ada di pojok kiri bawah. Bentuknya seperti kotak persegi berjumlah 4.Klik Tombol Tools
  3. Setelah itu pencet bagian Insert dan klik fitur bernama Table.Klik Sisipkan Dan Tap Table
  4. Silahkan kamu atur jumlah angka baris dan tabel lewat tombol yang ada di samping dan bawah. Cara tinggal geser angka tersebut ke arah yang lebih besar atau kecil.Atur Angka Tabel Dan Kolom
  5. Atur juga Table style sesuai dengan selera kalian.
  6. Kalau sudah pencet tombol OK. Maka tabel tersebut akan terbuat.Tabel Akan Muncul Otomatis
Informasi Tambahan

Panduan diatas berlaku untuk WPS Spreadsheet dan WPS Memo. Tinggal tekan saja tombol Tools yang ada di tengah, lalu arahkan ke menu Insert.
Dan pencet Table. Kalau di WPS Spreadsheet, arahkan ke menu Cell dan pilih Table Style. Tentunya sudah kalian blok tabelnya.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara membuat tabel di WPS Office. Silahkan ikuti tutorial diatas untuk membuat dokumen atau data yang berhubungan dengan tabel. Sebarkan artikel ini ke teman-teman kalian semua, agar mereka tahu bagaimana membuat tabel selain di aplikasi Microsoft Office. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang