Word Office

Cara Membuat Garis Lurus Di Word

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam membuat sebuah dokumen, terkadang ada beberapa jenis data yang mengharuskan kita untuk memasukan simbol atau bentuk-bentuk tertentu. Salah satunya yaitu menginsert fitur bernama Shape.

Terkadang dokumen yang memiliki penguat data dalam bentuk tampilan visual tidak akan jauh dengan fitur shape ini. Didalamnya kamu bisa memanfaatkan banyak model bentuk bidang dari mulai bangun ruang ,simbol, dan garis lurus.

Garis lurus sendiri banyak digunakan di beberapa jenis dokumen, seperti membuat kop surat, membuat pembatas judul, membuat kerangka struktur organisasi dan masih banyak lainnya.

Tidak sembarang garis lurus saja, Word telah memberikan fitur Format untuk pengguna memodifikasi tampilan tersebut menjadi lebih variatif, contohnya mengganti warna, mengubah besar ukurannya, mengatur dashes, memberi bayangan dan style bentuknya.

Di tutorial sebelumnya, kita pernah membahas bagaimana cara membuat garis putus-putus di Word.

Dan pada kesempatan kali ini kita akan membuat garis lurus di Word sebenarnya sangat mudah, bahkan sekalipun untuk para pemula. Silahkan ikuti langkah dibawah ini untuk membuat garis lurus di Word.

Cara Membuat Garis Lurus Di Word

Sebelum membuat garis, ada beberapa step yang harus kamu perhatikan untuk membantu pembuatan garis jadi lebih rapi dan beraturan.

Sehingga ketika membuat garis entah itu vertikal atau horizontal, tarikan sudutnya bisa tegak lurus tidak seperti garis yang tidak beraturan.

1. Aktifkan Fitur Gridlines

Gridlines ketika aktif akan memunculkan garis seperti kotak-kotak yang fungsinya yaitu untuk memposisikan objek dengan jarak dan satuan ukur tertentu. Dengan adanya gridlines ini kamu bisa membuat garis tepat berada di posisinya dengan mengacu grid yang sudah disediakan.

  1. Buka Office Word.
  2. Masuk ke menu View.Tekan Menu Tab View
  3. Kemudian centang tombol Gridlines pada bagian menu Show.Aktifkan Centang Gridelines
  4. Secara otomatis lembar kerja kamu akan muncul semacam garis-garis vertikal horizontal.
Bagaimana setting kertas F4 di Word ? Simak cara mengatur kertas ukuran F4 di Word.

2. Menggambar Garis Menggunakan Fitur Shape

Selanjutnya setelah gridlines muncul, kamu tinggal membuat garis dengan menggunakan acuan kotak-kotak tersebut. Cara membuat garis lurus di Word ini kita akan gunakan bantuan fitur bernama Shape, silahkan ikuti cara dibawah untuk memulainya.

  1. Masuk ke menu Insert.Masuk Ke Menu Tab Insert
  2. Silahkan pilih tombol atau fitur Shape, disini kamu bisa pencet shape Line.Buka Fitur Shape Lalu Pilih Line
  3. Gambar di lembar Word dengan cara tekan tahan dan seret garis tersebut sesuai arah yang kamu tentukan.
  4. Untuk membuat tarikan garis menjadi lurus kamu bisa tekan tombol SHIFT ketika menarik garis-nya.
Bikin Mail Merge di Word dengan mudah ? Ikuti tutorial cara membuat mail merge di Word lengkap dengan gambar.

3. Memodifikasi Garis Lurus Di Menu Format

Agar tampilannya lebih menarik, kamu bisa membuat garis tersebut tampak bervariatif. Contohnya seperti memberikan sentuhan warna berbeda, mengubah style garis, mengubah dashes, membuat ukurannya lebih besar dan sebagainya. Cara tersebut dapat kamu lakukan di menu Format.

  1. Tekan garis lurus.
  2. Masuk ke menu Format.
  3. Tekan tombol Shape Outline.Buka Tab Format Lalu Tekan Fitur Shape
  4. Disini tersedia banyak pilihan fitur, untuk mengganti warna bisa tekan tombol More Outline Color, untuk mengubah ukuran ada di menu Weight, dan mengubah garis jadi titik-titik bisa di menu Dashes.Modifikasi Warna, Ukuran, Dashes di Kotak Shape Outline
  5. Terakhir kamu dapat memberikan efek di fitur Shape Effect.Beri Efek Pada Shape Menggunakan Fitur Shape Effects
  6. Selamat mencoba.
Mau cetak kop dan tujuan surat di amplop ? Tutorial cara print amplop di Word ini akan membantumu.

Akhir Kata

Demikian tutorial mengenai cara membuat garis lurus di Word sudah bisa kamu terapkan, sekarang tinggal kamu aplikasikan kedalam dokumen Word kamu sesuai dengan kebutuhan. Terakhir jika semua garis sudah tergambar, matikan kembali fitur Gridlines. Semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar