Cara Membuat Drop Cap di Word

Cara Membuat Huruf Besar (Drop Cap) Awal Paragraf Di Word

Pernah baca koran? Pasti semuanya pernah dong. Kira-kira jika kalian membaca koran apa hal utama yang diperhatikan? Tentunya topik dan isi yang diberitakan dari koran tersebut bukan. Tetapi apakah kamu pernah memperhatikan struktur atau teknik penulisan disuatu koran yang kamu baca?

Cukup menarik nih, mungkin kamu akan bilang jika secara visual tampilan koran bentuknya itu-itu saja. Contohnya seperti judul, tulisan, iklan dan gambar ilustrasi, selebihnya memang tidak ada yang bisa kita gali dari teknis tulisan di dalam koran.

Lalu bagaimana dengan Drop Cap? apakah itu bisa dikategorikan sebagai teknik menulis koran? Nah mungkin masih banyak yang bingung soal Drop Cap ini, jadi yang dimaksud Drop Cap adalah semacam karakter tulisan di awal paragraf yang bentuknya paling menonjol sendiri, biasanya memiliki ukuran besar, tebal dan kapital.

Spasi di dokumen Word kamu berantakan ? Inilah cara mengatasi spasi berantakan di Word.

Tulisan seperti ini biasa sering ditemui di majalah, koran atau media cetak sejenisnya. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian dari si pembaca dan menandai dari suatu awal paragraf.

Jadi sebenarnya kamu juga bisa menggunakan fitur ini di dokumen yang ingin kamu buat loh, caranya gampang tinggal manfaatkan fitur yang sudah tersedia di Office Word saja maka Drop Cap sudah siap digunakan.

Cara Membuat Drop Cap di Word

Biar tampilan tulisan kamu jadi makin berwarna dan bervariatif, ada banyak cara untuk mewujudkannya. Dan salah satu yang bisa kamu lakukan adalah dengan cara membuat Drop Cap ini.

Bagi yang sudah penasaran langsung saja simak penjelasan dibawah ini :

  1. Buka Office Word.
  2. Siapkan tulisan yang ingin kamu buatkan Drop Cap.
  3. Blok satu karakter paling depan.

    Blok 1 Huruf Paling Awal Paragraf - Cara Buat Drop Cap di Word
    Blok 1 Huruf Paling Awal Paragraf
  4. Kemudian masuk ke menu Insert, pilih tombol “Drop Cap”.

    Klik Menu Insert dan Pilih Drop Cap
    Klik Menu Insert dan Pilih Drop Cap
  5. Silahkan pilih salah satu type Drop Cap yang diinginkan, dan jika ingin mengatur settingan sesuai dengan selera silahkan tekan bagian “Drop Cap Option”.

    Pilih Drop Cap Option
    Pilih Drop Cap Option
  6. Kamu bebas mengatur model Font, jumlah baris yang dilalui Drop Cap dibagian “Lines of drop” dan jarak antara text di “Distance from text”.

    Atur Drop Cap Sesuai Kebutuhan
    Atur Drop Cap Sesuai Kebutuhan
  7. Jika sudah tinggal tekan OK.
  8. Selesai, sekarang huruf awal paragraf di dokumen kamu sudah menjadi besar kan.
Mau nge-print foto menggunakan Word ? Simak tutorial selengkapnya di cara cetak foto berbagai ukuran lewat Word.

Sekarang kamu sudah bisa membuat satu karakter yang menonjol dibagian paling depan texs paragraf. Sehingga tulisan gak lagi flat dan lebih berwarna serta bervariatif. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *