Excel Office

Cara Membuat Diagram Batang Di Excel

Pinterest LinkedIn Tumblr

Dalam sebuah laporan terkadang tidak cukup akurat jika belum menyertakan bukti dalam bentuk visual. Bentuk visual yang dimaksud bisa berupa foto, video, tabel, sampai diagram.

Menyinggung soal diagram, sebelum artikel ini terbit, kita sudah mengupas cara membuat diagram di Excel secara umum, disana telah banyak pembahasan yang mengupas tentang semua jenis bentuk diagram khususnya teknis dalam membuatnya.

Karena artikel tersebut hanya membahas secara gambaran umum saja, dalam kesempatan berikutnya ini kita lebih mengupas secara rinci dan detail tentang cara membuat diagram batang di Excel.

Jenis diagram batang memang sangat sering digunakan banyak orang, selain mudah dibaca jenis diagram ini juga dapat memberikan perbandingan antara tabel kategori satu dengan yang lainnya.

Dijaman sekarang ini gak perlu ada lagi yang dibingungkan, bahkan membuat diagram seperti ini pun bisa dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi seperti Excel.

Disana kamu bahkan bisa menentukan style, warna, dan karakter visual entah itu 2D atau 3D. Bagi yang sudah penasaran cara membuat diagram batang di Excel, simak ulasan ini sampai habis.

1. Langkah Pertama Sebelum Membuat Diagram Batang Di Excel

Sebelum membuat diagram, ada langkah awal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Proses pembuatan akan lebih mudah jika Excel dapat membaca data berupa tabel sebagai acuan utamanya.

Jadi kamu perlu menyiapkan data dalam bentuk tabel, lengkap dengan label kategori dan isi, kemudian usahakan tabel dibuat serapi mungkin.

Hal ini ditujukan agar sistem dapat dengan mudah membaca data tersebut sebelum diolah menjadi sebuah diagram.

Mau menggabungkan kolom atau baris di Excel ? Simak fungsi fitur Merge dan Unmerge Cells di Excel.

2. Cara Membuat Diagram Batang Di Excel

Ada saatnya jenis diagram batang ini digunakan untuk memenuhi dokumen laporan, kondisi tersebut akan bertepatan ketika data grafik memiliki nilai nol sampai negatif dan mempunyai label kategori yang panjang.

a. Membuat Tabel

Seperti yang kita katakan di atas, langkah pertama dalam membuat diagram yaitu menyiapkan tabel data. Untuk itu kita buat terlebih dahulu tabel di lembar Excel.

  1. Buka Office Excel.
  2. Buat judul tabelnya, disini kita akan contohkan tabel seri data mengambil hitungan hari.
  3. Untuk mempermudah pembuatan tabel berurutan, kamu bisa menggunakan cara pengisian dibawah ini, ketik hari Senin, lalu klik cell tersebut dan drag. Secara otomatis data akan mengisi sampai hari Minggu.Isi Judul Tabel
  4. Isi jumlah data yang diperoleh dalam bentuk angka.Isi Hasil Tabel Data
  5. Setelah itu buat seperti tabel menggunakan fitur Borders di menu Home.Blok Data dan Buatkan Tabel Lewat Fitur Borders
  6. Selamat mencoba.
Mau nampilin angka 0 pada Excel ? Ikuti tutorial cara menampilkan angka 0 di Excel.

b. Membuat Diagram Batang

Jika tabel data sudah rapi dan selesai dibuat, selanjutnya tinggal buat diagram menggunakan fitur bernama Chart. Kamu bisa menemukan fitur ini di bagian menu Insert.

  1. Blok tabel data diatas.
  2. Setelah itu masuk ke menu Insert.Masuk Ke Menu Insert
  3. Silahkan tekan tombol Insert Column Chart, kemudian pilih model yang kamu ingin gunakan, tersedia dalam bentuk 2D dan 3D.Tekan Column Chart Untuk Diagram Batang
  4. Jika sudah ditentukan salah satu, secara otomatis data akan membentuk diagram batang.

c. Melakukan Variasi Diagram Batang

Excel telah memberikan akses untuk pengguna melakukan modifikasi terhadap bentuk diagramnya, kamu bisa mengubah style, warna bahkan bisa mengatur ulang model diagram yang digunakan.

  1. Sebelum memberikan sentuhan variasi, silahkan klik Chart Title dan hapus sesuai judul data kamu.Rename Judul Sesuai Data Yang Dibuat
  2. Isi diagram juga dapat digeser-geser, misanyalnya klik judul diagram lalu geser dari posisi awal. Berlaku juga dengan Legend.
  3. Untuk mengatur style, silahkan masuk ke menu Design.
  4. Buka menu tambahan kemudian pilih salah satu style yang kamu ingin gunakan.Pilih Salah Satu Style Chart
  5. Untuk mengubah warna, bisa menekan tombol Color yang ada di samping, disana sudah disediakan banyak pilihan paten warna yang warna warni.Ubah Warna Lewat Fitur Color
  6. Bagi yang ingin mengubah model diagramnya, bisa menekan tombol Change Chart Type, disini tersedia diagram bentuk pie, donat, garis, dan lain-lain.Change Chart Type Untuk Mengganti Model Diagram
  7. Tekan Switch Row/Column untuk membalikkan tampilan baris atau kolom.Sesuaikan Switch Row Column
  8. Jika ingin memberikan keterangan tambah, bisa klik kanan batang, pilih Add Data Labels.
  9. Selesai.
Garis di Excel menganggu ? Tutorial cara menghilangkan garis di Excel ini akan membantumu.

Akhir Kata

Bagaimana cara membuat diagram batang di Excel sangat mudah bukan? Kamu juga bisa menyimak tutorial Microsoft Office lainnya.

Tidak hanya sekedar membuat saja, tetapi sekaligus kamu juga bisa mengatur tampilan visual seperti mengubah warna, menentukan style dari diagram tersebut. Silahkan dicoba dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar