Office Word

Cara Membuat Daftar Gambar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Didalam software Microsoft Word kita juga dapat memanfaatkan fitur untuk membuat daftar gambar secara otomatis seperti daftar isi.

Fitur ini sering digunakan sebagai daftar pustaka atau sejenisnya yang tertera didalam buku atau skirpsi, sehingga si pembaca tinggal melihat daftar gambar yang tersedia berikut juga dengan nomor halaman.

Tentunya dengan memanfaatkan fitur berikut kamu bakal dimudahkan ketika ingin mencari gambar beserta letak halamannya juga, apalagi beberapa gambar yang di insert jumlahnya cukup banyak.

Namun bagi sebagian orang belum banyak yang mengetahui jika Microsoft Office Word ini memiliki fitur seperti itu, dan kendalanya adalah mereka belum begitu bisa mengoperasikan termasuk bagaimana cara membuatnya tanpa harus bikin manual.

Tenang saja, disini kita akan berikan tutorial dalam menggunakan fitur daftar gambar atau daftar lampiran secara otomatis.

1. Membuat Label Daftar Gambar

Sebelumnya cara ini memang terbilang cukup rumit, tapi percaya deh setelah mengerti dan coba mempraktekannya, pasti jauh lebih gampang.

  1. Siapkan dulu beberapa gambar yang ingin kamu buatkan daftar.Persiapkan Gambar di Word
  2. Klik gambar dulu.Klik Gambar yang Akan Dimasukkan ke Daftar Gambar
  3. Langsung saja menuju ke menu References untuk mempersiapkan tahap pertama.
  4. Pilih “Insert Caption” kemudian atur sesuai dengan kemauan, jika label yang akan digunakan jenisnya gambar, tinggal ubah nama label menjadi “Gambar” di kotak “Label”.Tambahkan Label pada Gambar
  5. Jika pilihan tidak tersedia, kamu bisa tambahkan melalui kotak “New Label” kemudian beri nama sesuai jenis label misalnya “Gambar”.
  6. Nanti akan muncul tulisan seperti dibawah ini :Label pada Gambar Berhasil Ditambahkan
  7. Ulangi setiap gambar, ubah namanya sesuai dengan urutan atau pilih style angka di bagian kotak “Numbering”.Ulangi Langkah 1-6 pada Semua Gambar
  8. Bila dirasa sudah lalu tekan tombol “Ok”.
  9. Selesai.

Baca Juga :

2. Membuat Daftar Isi dari Gambar

Lakukan berulang setiap gambar yang ingin kamu jadikan daftar tabel, misalnya halaman pertama ada satu gambar, dan dihalaman kedua juga ada gambar lagi tinggal kamu ulangi cara diatas, istilahnya sistem akan mendata semua gambar sebelum menjadi tulisan seperti pada daftar isi atau daftar pustaka.

  1. Jika semua gambar sudah di berikan mark, pilih halaman kosong atau halaman khusus buat daftar isi di Word.Cara Membuat Daftar Isi untuk Gambar
  2. Langsung masuk ke menu References dan tekan tombol “Insert Table of Figures”.Klik Refrences kemudian Klik Insert Table of Figures
  3. Jika muncul dialog seperti ini tinggal pencet tombol “Ok”.Muncul Kotak Dialog Table of Figures
  4. Jika sudah hasilnya akan muncul seperti dibawah ini :Hasil Daftar Gambar di Word
  5. Selesai deh. mudah kan membuat daftar isi dari gambar di Word.

Gimana ternyata cukup mudah bukan cara membuatnya, tinggal kamu ikuti langkah diatas dan sesuaikan mulai praktekkan di lembar Microsoft Word kamu. Selamat mencoba!

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar