Cara Membongkar dan Edit Data OBB Di HP Android

Cara Membongkar Dan Edit Data Obb Di Hp Android
Cara Membongkar Dan Edit Data Obb Di Hp Android

Buat yang suka iseng atau memang mereka ingin file dalam aplikasi game, kalian wajib mengetahui langkah-langkah untuk membongkar dan edit data OBB di HP Android.

Kalian dapat melihat isi file tersebut setelah menginstall aplikasi seperti ZAchiver. Setelah terinstall maka langkah berikutnya adalah masuk ke dalam file lalu modifikasi sesuai apa yang kamu inginkan.

Terkadang merubah data OBB digunakan untuk memasukkan cheat MOD, menggabungkan aplikasi, dan masih banyak lagi lainnya.

Untuk contohnya ketika kalian ingin download game A dan ternyata di playstore game tersebut berbayar. Kita bisa memiliki pilihan yaitu untuk mendownload file APK versi gratisnya dan kemudian kita memodifikasi file OBB agar dapat digunakan secara gratis.

Banyak banget dari pengguna Android yang ingin mengetahui tentang cara membongkar dan edit data OBB di HP Android.

Namun, kebanyakan dari mereka masih bingung letak dan posisi file ini berada di mana. Dan setelah kalian temukan, kamu barus bisa melakukan modifikasi akan terasa mudah bagi yang sudah terbiasa.

Pengertian File OBB

Sebelum kita masuk ke pembahasan inti, ada baiknya kalau kita kenali dulu apa itu file OBB. Jadi file ini bisa dibilang sebagai file ekstensi dan fungsinya adalah untuk meningkatkan kompleksitas sebuah game.

Tugas dari file OBB ini nantinya akan mengenali berbagai format dan memilih program yang digunakan ketika membuka sebuah aplikasi game. Sebetulnya OBB sangat canggih karena bisa membaca segala bentuk format.

Jika sebuah game tidak memiliki data OBB maka aplikasi tersebut tidak berjalan di Android. Penempatan data ini bisa di penyimpanan Internal maupun penyimpanan eksternal. Dapat dibilang peran OBB adalah sebagai informasi pelengkap, bukan untuk informasi pribadi seperti save gameplay maupun sejenisnya.

Kebanyakan data OBB dikompres dalam format .rar atau .zip, oleh karena itu kalian perlu yang namanya aplikasi ekstraktor baru bisa mengetahui semua isinya.


Cara Membongkar dan Edit Data OBB di HP Android

Sebelum mengikuti langkah dibawah ini, pertama pastikan kalian siapkan terlebih dahulu aplikasi ekstraktor, ada dua opsi yang pertama bisa menggunakan ZArchiver dan yang kedua bisa menggunakan X-plore.

Pada konten artikel ini, kita akan mengulas tentang cara untuk membongkar dan edit data OBB di HP Android menggunakan aplikasi X-plore.

Untuk lokasi file OBB dapat kamu temuka di folder Android ➤ Obb ➤ Folder Nama Game. Jadi nanti kamu tidak perlu bingung untuk mengetahui dimana lokasi ekstrak data OBB di folder ponsel masing-masing.

Cara 1 : Membongkar Data OBB

Untuk yang pertama, kita akan mencoba membongkar file OBB. Kalian tinggal ekstrak file kemudian perhatikan isi file yang diedit. Silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membongkar data OBB di HP Android:

  1. Download atau install terlebih dahulu aplikasi X-Plore.
    X-plore File Manager
    X-plore File Manager
    Developer: Lonely Cat Games
    Price: Free

    Install X plore Di Playstore
  2. Kemudian buka aplikasi tersebut jika sudah terpasang.
  3. Lalu masuk ke dalam folder data Obb, seperti yang sudah kita tunjukkan diatas, pertama masuk ke dalam Memori Perangkat.Masuk Ke Memori Perangkat
  4. Setelah itu klik folder Android.
  5. Kemudian masuk ke folder bernama obb.Masuk Ke Android Dan Obb
  6. Disini akan muncul semua data dari game yang kamu install, pilih salah satu dengan cara Centang.Silahkan Buat ZipSampai Keluar Tombol Centang
  7. Setelah itu ketuk tahan dan ekstrak filenya.
  8. Akan muncul semua data OBB yang sudah dibongkar, sambungkan lagi dengan cara seleksi semua data tersebut, lalu ketuk dan tahan untuk memilih ekstrak file.

Cara 2 : Edit Aplikasi

Setelah berhasil membongkar data OBB, kita lanjutkan untuk mengedit aplikasi dengan mengubah file APK menjadi .zip

Setelah kamu berhasil merubah format file dari .apk menjadi .zip, maka semua data persiapan install akan muncul di dalam file tersebut dan kita bisa mulai mengedit aplikasinya.

  1. Download file versi APK dari aplikasi yang kamu ingin edit. Misalnya WhatsApp, download lewat Google Whatsapp APK.
  2. Install aplikasi ZArchiver.
  3. Buka aplikasi X-Plore.
  4. Kemudian cari lokasi file APK.Cari Aplikasi APK
  5. Setelah itu ketuk tahan file APK, dan pilih Ganti Nama.Klik Tombol Ganti Nama
  6. Pada bagian format belakang “.APK”, silahkan kamu hapus dan ganti menjadi “.ZIP”.Rename Format APKUbah File Menjadi Zip
  7. Setelah file berubah, silahkan Ekstrak menggunakan aplikasi ZArchiver.Klik Tombol Ektrak Disini
  8. Edit file sesuai keinginan, kalau sudah gabungkan semua file tersebut menjadi satu file Zip lagi.
  9. Kembali ke aplikasi X-Plore.
  10. Rename file tersebut dengan format .apk. Intinya kembalikan lagi file ZIP tersebut menjadi file APK lagi.Ubah Menjadi APK Lagi
  11. Selamat mencoba.

Akhir Kata

Demikian adalah langkah-langkah dalam membongkar dan mengedit data OBB di aplikasi pada HP Android.

Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat dan apabila ada pertanyaan terkait dengan tutorial. Silahkan kamu tulis di kolom komentar ya..

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.