Komputer dan Laptop

Cara Memasang RAM Komputer yang Benar

Pinterest LinkedIn Tumblr

Ketika kamu hendak membeli suatu komputer, laptop bahkan HP pasti satu hal utama yang bakal ditanyakan adalah berapa kapasitas RAM-nya. Sebab komponen internal ini dipercaya mempengaruhi kinerja suatu program. Hukumnya jika ingin kinerja sistem makin lancar maka spesifikasi RAM yang dibutuhkan juga harus besar.

RAM atau singkatan dari (Random Access Memory) memang sangat diperlukan dalam suatu sistem perangkat komputer, jadi tidak heran kenapa banyak orang selalu mementingkan RAM terlebih dahulu baru komponen lainnya.

Alat ini juga bisa disebut sebagai memori, tugasnya yakni sama yaitu menyimpan data, tetapi sifat RAM dalam menyimpan data hanya sementara. RAM akan berfungsi ketika komputer dihidupkan, disaat program mulai kamu jalankan, disitulah RAM akan bekerja.

Jika program yang kamu buka terlalu banyak sampai memakan banyak memori RAM, dampaknya bisa mengurangi kinerja komputer alias lemot.

Pasti kamu juga kesal kalau kinerja komputer makin lemot, karena kalau ingin melakukan sesuatu bakal sedikit terhambat dan kurang efisien. Tapi apakah ada solusi mengatasi komputer yang lemot? Jawabannya ada.

Kebanyakan orang mengupgrade RAM komputernya dengan kapasitas yang jauh lebih besar. Cara meningkatkan RAM ini bisa kamu lakukan sendiri loh, namun yang terpenting kamu harus siapkan dulu hardware RAM baru yang kapasitasnya lebih besar untuk dipasang di komputer kamu.

Cara Memasang RAM Komputer yang Benar

Sebelum kamu memasang sendiri, pastikan semua kabel sudah terlepas. Diamkan beberapa saat dulu karena ada beberapa perangkat yang sifatnya masih menyimpan arus listrik.

  1. Langkah 1. Buka casing CPU komputernya, temukan dan lepas baut pengaitnya, agar lebih mudah bisa ditidurkan posisi CPU-nya.
  2. Langkah 2. Cari bagian komponen RAM komputer, posisi RAM ini nempel tegak disuatu motherboard.Cari Slot RAM di Motherboard
  3. Langkah 3. RAM-nya sendiri memiliki bentuk panjang dan pipih, di bagian ujung kepala RAM ada semacam pengait untuk menempelkan ke slot RAM, kamu tinggal pencet pengait tersebut sampai bunyi klik, total ada dua buah pengait atas dan bawah.Tekan 2 Pengait RAM Secara Bersamaan
  4. Langkah 4. Jika sudah lepaskan RAM.
  5. Langkah 5. Lebih baik jika kamu bersihkan dulu jeroan CPU-nya, sebab jeroan mesin komputer ini jarang tersentuh dan rawan berdebu.
  6. Langkah 6. Siapkan RAM baru yang specnya lebih besar.
  7. Langkah 7. Masuk dan posisikan sesuai tanda di tengah-tengah RAM, karena jika terbalik pengait tidak dapat mengunci.Pastikan Lubang RAM
  8. Langkah 8. Tekan RAM, sampai penguncinya bunyi klik.Tekan Pengait Untuk Mengunci RAM
  9. Langkah 9. Setelah terpasang semua silahkan hidupkan komputer, jika tidak terjadi apa-apa maka RAM berhasil dipasang.
  10. Langkah 10. Selesai, sekarang kamu coba nyalakan komputer dan cek apakah RAM sudah terdeteksi.

Terakhir tinggal kamu kembalikan casing CPU dan pasang baut penguncinya. Sekarang komputer kamu sudah tidak terasa lemot lagi, dan kamu gak perlu repot lagi mengupgrade RAM ke toko laptop atau tempat servis komputer, cukup ikuti langkah diatas dan silahkan dicoba.

Tentang Penulis

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tulis Komentar