Cara Memasang Processor Komputer 1

Cara Memasang Processor Komputer

Komputer kamu sudah cukup kuno dan berumur? Kalau ngomongin soal aplikasi software mungkin masih bisa diupgrade mengikuti perkembangan versi yang dikeluarkan oleh pihak developer.

Namun, perangkat keras alias hardware komputer kamu tentu tidak bisa diupgrade secara instan, jika ingin meningkatkan performa itu artinya kamu juga harus membeli perangkat yang specnya diatas.

Makin kesini mulai makin terasa jika software atau aplikasi ukurannya makin besar. Jadi komputer yang masih menggunakan spesifikasi lama akan mengalami kendala seperti penurunan performa dan lemot.

Proses Memasang Processor di Motherboard

Sebenarnya kamu bisa mengatasi hal tersebut, dan jalan satu-satunya adalah dengan mengupgrade perangkat kerasnya. Kemarin kita sudah membahas artikel dengan tema bagaimana cara memasang RAM komputer yang benar.

Dalam tutorial tersebut kita juga menuliskan jika mengganti RAM yang kapasitasnya lebih besar itu dapat meningkatkan performa. Tapi akan lebih baik jika perangkat lain seperti processor juga diupgrade menjadi versi terbaru.

Sekedar tambahan informasi, processor memiliki fungsi untuk mengatur segala aktivitas atau pergerakan data yang ada di komputer seperti input dan output. Sama seperti RAM, processor juga bekerja untuk menyimpan data yang sifatnya sementara, tetapi kelebihan processor ini memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi.

Bagi kamu yang ingin mengupgrade processor komputermu, disini kita akan sediakan tutorial bagaimana cara memasang processor didalam komputer dengan benar.

Cara Memasang Processor Komputer yang Benar

  1. Langkah 1. Buka casing CPU komputer kamu.
  2. Langkah 2. Cari komponen motherboard yang biasanya dijadikan rumah processor.
    Cari Tempat Processor di Motherboard
  3. Langkah 3. Buka pengait atau kunci processornya, untuk jenis processor Intel bentuknya akan berbeda dengan processor AMD.
    Yang membedakan pengunci processor Intel bentuknya tertutup sedangkan AMD lebih terbuka cuma ada satu batang pengait disebelahnya.
    Untuk melepas pengait processor Intel kamu cukup melepaskan pengait besi dengan pengait di motherboard, sedangkan AMD tinggal geser batang besinya ke bawah dan ke kanan.
    Tekan Pengunci Processor
    Buka Pengunci Processor
  4. Langkah 4. Lepas processor lama dengan cara mengangkat dari pinggir terlebih dahulu.
    Lepas Processor Lama
  5. Langkah 5. Masukkan processor baru namun harus dengan teliti dan memperhatikan panah pada bagian sisi samping processor, posisikan panah dengan icon panah yang sama di rumah processornya.
    Masukkan Processor Baru
  6. Langkah 6. Kunci kembali seperti posisi awal.
    Mulai Kunci Processor
    Pastikan Processor Terkunci
  7. Langkah 7. Akan lebih baik oleskan pasta khusus bernama Thermal Paste, oleskan sedikit saja jangan banyak-banyak. Tujuan diberikan Thermal Paste ini adalah untuk menjaga suhu processor lebih adem.
  8. Langkah 8. Pasang kipas processor diatasnya, kaitkan dengan pengunci yang sudah tersedia di area motherboard.
    Pasang Kipas Heatsink
  9. Langkah 9. Kemudian pasang kabel kipasnya, colokkan ke bagian soket yang biasanya berada di samping dudukan kipasnya.
    Pasang Kabel Kipas Heatsink
  10. Langkah 10. Selesai, sekarang prosessor sudah terpasang dengan baik dan benar.

Terakhir tinggal jalankan komputer kamu, jika tidak ada kendala maka proses pemasangan processor telah berhasil dan berjalan benar. Sekarang tinggal menikmati kinerja komputer yang semakin stabil dan meningkat. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *