Cara Memasang Password Pada File RAR/ZIP

Cara Memasang Password Pada File RAR/ZIP

Password diciptakan memang untuk alasan keamanan serta privasi. Dengan adanya password ini, jadi tidak sembarang orang bisa mengakses terkecuali mereka yang memang tahu kode sandi untuk membuka password tersebut.

Ada beberapa alasan kenapa orang banyak mengaplikasikan password di sebuah perangkat, alat bahkan sektor program.

Yang pertama, mungkin kita bisa langsung contohkan dari yang paling sederhana adalah handphone, kebanyakan pengguna telah memasang password sebagai fitur standar keamanan, dengan ini orang lain tidak bisa membuka semua isi di dalam handphone kecuali pemilik dan mereka yang memiliki ijin akses.

Kurang lebih alasannya sama, kenapa orang banyak mengaplikasikan password di segala perangkat krusial, yang pertama jelas untuk alasan privasi, bisa saja bersifat sangat rahasia, dan dikhawatirkan jika jatuh ditangan orang lain dapat berpotensi untuk disalahgunakan.

Beruntung sekarang fitur password sudah bisa ditemukan di segala aspek bidang, termasuk file yang dikemas dalam bentuk RAR/ZIP kini sudah bisa kita kunci dengan standar keamanan berupa kode sandi.

Sebelum itu kita singgung sedikit soal aplikasi bernama WinRAR ini, belakangan makin banyak pengguna yang mulai memanfaatkan aplikasi WinRAR. Secara fungsi, aplikasi ini bertugas untuk melakukan pengarsipan data baik itu berupa file, dokumen, aplikasi dan masih banyak lainnya.

Kelebihan dari WinRAR yaitu dapat mengkompres atau memperkecil ukuran file, biasanya format yang kita temui di aplikasi ini berupa RAR, ZIP, dan format lainnya.

Selain yang kita sebutkan diatas, keunggulan dari WinRAR ini adalah dapat melindungi file dari virus malware yang berbahaya. Kemudian fitur unggulan yang ditawarkan oleh WinRAR yaitu dapat menjamin keamanan data menggunakan password sandi. Ini sama halnya ketika kita memberi password pada di Windows 10 agar laptop kita tidak bisa digunakan oleh orang lain tanpa izin.

Cara Memasang Password Pada File RAR/ZIP

Ternyata cara memasang password di aplikasi WinRAR itu sangat mudah, namun pastikan dulu device kamu sudah terpasang WinRAR, jika belum silahkan download dan install terlebih dahulu DISINI.

  1. Pilih beberapa file yang ingin kamu kompres.
  2. Selanjutnya klik kanan.
  3. Kemudian pilih Add to archiveโ€ฆ
    Add To Archive File Yang Dipilih
  4. Setelah muncul jendela Archive seperti dibawah ini, silahkan atur format yang ingin kamu gunakan, bisa RAR, ZIP, atau RAR4.
    Pilihan Format Penyimpanan
  5. Rename nama file archive sesuai keinginan.
    Kolom Ganti Nama File
  6. Jika kamu ingin mengatur lebih dalam, manfaatkan menu tab yang ada diatas, atus setiap tab sesuai keinginan.
    Menu Bar Advance Settings
  7. Nah untuk memasang password, kamu bisa tekan kotak Set password.
    Set Password Untuk Menambah Password
  8. Masukkan passwordnya, ulangi dibagian kotak Reenter, lalu yang terakhir centang Encrypt file name.
    Tombol Centang Encrypt File Name
  9. Terakhir tekan OK.
  10. Selesai.

Akhir Kata

Sekarang file yang akan kamu kirim atau simpan sudah aman bersama dengan password yang sudah kamu atur. Kini hanya pengguna tertentu yang tahu passwordnya untuk mengakses file tersebut. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *