Cara Melihat Orang Dari Satelit Secara Live

Cara Melihat Orang Dari Satelit Secara Live 1
Cara Melihat Orang Dari Satelit Secara Live

Pengaruh globalisasi memang sangat dapat kita rasakan dewasa ini. Perangkat-perangkat canggih yang mungkin dulu kamu hanya bisa lihat di film saja, namun kini alat-alat tersebut sudah nyata dan bisa kamu gunakan dengan akses terjangkau.

Salah satu alat pengintai kamera yang sering di tonjol-tonjolkan dalam film detektif, sekarang wujud nyata dari alat tersebut sudah dapat kamu rasakan dalam bentuk kamera pengawas CCTV.

Kemudian perkembangan dari imajinasi film jaman dulu yang menunjukkan salah satu scene detektif berbicara didepan jam tangan miliknya, yang seakan melihatkan gelagat sedang melakukan panggilan telepon, kini juga sudah dapat terealisasi di dunia nyata dalam bentuk teknologi smartwatch.

Bahkan memantau seseorang menggunakan media satelit secara langsung juga dapat dilakukan di jaman ini. Teknologi tersebut dikeluarkan oleh Google dalam bentuk aplikasi bernama Maps.

Meski secara arti dan fungsi Maps itu merupakan alat untuk penunjuk arah atau mengetahui suatu lokasi. Namun seiring berkembangnya developer, Google terus melakukan inovasi dan memberikan pelayanan dalam bentuk tools untuk penggunanya betah memanfaatkan fasilitas tersebut.

Terakhir fitur yang baru saja di update dari Google adalah Live View. Mungkin tidak semua HP dapat mengakses fitur terbaru ini, karena syarat dari pengguna mengaktifkan Live View adalah device mereka harus dilengkapi dengan teknologi AR.

Kurang lebih sudah ada gambaran kan? Ngomongin Live View lalu menyinggung soal kamera AR, tentu gak akan jauh-jauh dari yang namanya animasi dalam bentuk visual 3D. Yap, betul sekali…teknis dari fitur Live View ini akan memanfaatkan kamera sebagai perangkat utama untuk membantu menunjukkan arah.

Pengguna akan ditunjukkan oleh anak panah dalam bentuk animasi 3D yang muncul dari tangkapan kamera via AR. Jangan kaget kalau didepan kamu nantinya muncul panah besar sebagai penunjuk arah, karena panah tersebut hanya bentuk visual kamera AR sebagai navigasi perintah perjalanan kamu saja.

Tetapi apakah Google memiliki kemampuan dalam cara melihat orang dari satelit secara live? Meski sangat memungkinakan hal itu terjadi, tetapi sepertinya akses tersebut kurang etis jika orang awam yang dapat menjangkaunya.

Cara Melihat Orang Dari Satelit Secara Live

1. Menggunakan Google Street View

Alat untuk memantau orang secara live bisa dengan via satelit, namun akses ini sengaja dibatasi untuk orang awam agar tidak disalah gunakan.

Apakah mungkin alat itu ada? Tentu sangat mungkin, namun benar atau tidaknya teknologi tersebut sejauh pengetahuan admin, baru hanya instansi militer saja yang memiliki alat mata-mata secanggih itu.

Namun, cara melihat orang dari satelit secara live bisa lewat Google Street View. Live yang dimaksud bukan berarti aktivitas yang terpantau saat itu juga, tetapi konteks kata live ini kamu bisa melihat tampilan daerah permukaan bumi lainnya lewat satelit secara nyata.

Berikut cara menggunakan Google Street View :

  1. Buka aplikasi Maps di HP kamu, jika belum punya silahkan download lewat Playstore.
    Untuk Android :
    Untuk iOS:
    ‎Google Maps - Transit & Food
    ‎Google Maps - Transit & Food
  2. Setelah terbuka, kamu bisa tekan icon Jenis Peta yang kita tandai di bawah ini.Buka Aplikasi Google Maps Dan Ketuk Icon Mode Map
  3. Untuk memilih Street View, silahkan klik atau aktifkan bagian Street View.Ketuk Mode Satelit
  4. Nanti akan muncul garis berwarna biru di jalan raya peta Maps tersebut.Akan Muncul Garis Warna Biru Di Rute Jalan Map
  5. Kamu bebas pilih tempat mana yang kamu ingin ketahui, untuk melihat secara langsung tap bagian garis jalan biru tersebut, nantinya secara otomatis kamu akan dibawa ke tampilan jalan secara langsung.Tampilan Google Tampilan Google Street View Street View
Sedang download file dengan IDM tapi lambat sekali ? Ikuti trik cara mempercepat download file lewat IDM.

2. Menggunakan Aplikasi Molecool

Jika kita menggunakan fitur Street View di atas, tampilan visual yang diberikan hanya dalam bentuk gambar, namun jika kamu menginstal aplikasi bernama Molecool ini kamu dapat memantau aktivitas orang lain via CCTV. Penasaran kan? Ikuti langkah dibawah ini :

  1. Download terlebih dahulu aplikasi Molecool.
    Untuk Android:
    Molecool
    Molecool
    Price: Free
    Untuk iOS:
    ‎Molecool
    ‎Molecool
    Price: Free
    Download Dan Buka Molecool
  2. Setelah terinstall buka aplikasinya, biasanya akan muncul notifikasi izin akses, silahkan izinkan saja akses tersebut.
  3. Login atau daftar akun terlebih dahulu di bagian menu Profile. Disana kamu bisa ketuk tombol Sign In.Klik Sub Akun Lalu Tekan Login
  4. Berikutnya klik Sign Up untuk daftar akun baru. lengkapi data diri dan terakhir tekan tombol Sign Up.Daftar Akun Lewat Tombol Sign Up
  5. Jika sudah login dengan akun kamu.Login Dengan Akun Yang Kamu Buat Tadi
  6. Untuk melihat dan memantau orang secara live, tekan tab menu CCTV.Buka Sub Menu CCTV Untuk Melihat Orang Secara Live
  7. Disini tersedia banyak status CCTV yang bisa kamu akses, untuk melihat CCTV yang berada di dekat kamu, silahkan klik bagian See All pada menu Live Traffic Near Me.Tekan See All Untuk Melihat Semua
  8. Ketuk salah satu untuk melihatnya atau bisa ketik dan cari di kotak pencarian.Cari Daerah Yang Ingin Kamu Lihat CCTV
  9. Selesai.
Mau rekam siaran stasiun TV ? Kamu bisa ikuti tutorial cara merekam siaran TV.

Akhir Kata

Cara melihat orang dari satelit secara live sekarang sudah bisa kamu lakukan, sekarang dunia detektif yang dulu cuma ada di film-film sudah bisa terealisasi secara nyata. Bahkan kamu sendiri dapat menjangkau teknologi-teknologi tersebut. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.