Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Cara melihat jadwal pelatihan prakerja

Prakerja merupakan salah satu program sosial besutan dari Presiden Joko Widodo saat masa kampanye 2019.

Kartu Prakerja adalah salah satu dari program pemerintah untuk mendukung tumbuh kembang perekonomian Indonesia.

Orang-orang bisa mendapatkan pelatihan dari program ini dan mendapatkan sertifikat serta insentif sampai dengan 3 juta. Namun, sebelum mendapatkan sertifikat serta uang tersebut, orang-orang sebelumnya harus mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Sayangnya tidak semua mengetahui cara melihat jadwal pelatihan prakerja.

Sebenarnya cara untuk melihat jadwal pelatihan dari prakerja tidaklah sulit. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk melihat jadwal pelatihan tersebut.

Jadwal ini menjadi sangat penting karena orang-orang yang ingin mengikuti pelatihannya perlu melihat jadwal tersebut.

Menyelesaikan pelatihan merupakan keharusan yang harus dilakukan oleh para pemegang kartu Prakerja. Kamu bisa memilih dengan bebas kelas yang kamu ingin ikuti di pelatihan Prakerja.

Setelah memilih kelas pelatihan, maka kamu bisa segera mengikuti pelatihan sesuai jadwal pelatihan Prakerja yang ada.

Beberapa orang mungkin masih bingung dengan cara cek jadwal pelatihan Prakerja. Namun, tidak perlu khawatir karena dalam kesempatan hari ini kami akan menunjukkan cara melihat jadwal pelatihan prakerja.

Program Prakerja

Program ini banyak memberikan keuntungan yang bisa diadapatkan oleh orang-orang. Namun program yang satu ini hanya ditujukan bagi sebagian golongan orang, khususnya kaum pekerja.

Kartu ini awalnya ditujukan bagi lulusan baru SMA/SMK dan perguruan tinggi, sebagai tunjangan pelatihan kerja yang berlangsung dalam jangka waktu 6 – 12 bulan.

Namun, setelah pandemi melanda, pemerintah segera mempercepat proses realisasi kartu prakerja ini. Hal ini terjadi karena jumlah kasus PHK yang cukup banyak terjadi membuat pemerintah merilis kartu prakerja nasional yang dikeluarkan pada bulan April 2020.

Anggaran dari program ini juga dinaikkan menjadi 20 triliun yang awalnya hanya berjumlah 10 triliun. Bersamaan dengan itu, jumlah insentif yang didapatkan oleh pemegang kartu ini juga meningkat. 

Sebelum menikmati hal-hal tersebut, orang yang mendaftar program prakerja harus terlebih dahulu lolos seleksi dan kemudian login ke website dari prakerja.

Di sana kamu bisa melihat beberapa pelatihan yang dapat dipilih sesuai dengan topik atau bidang yang kamu inginkan.

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh orang-orang yang ingin mendaftar program ini adalah.

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dapat dibuktikan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
  2. Berusia diatas 18 tahun
  3. Tidak sedang sekolah atau kuliah

Pemerintah memang memfokuskan program yang satu ini untuk golongan pekerja yang kesulitan mendapatkan pemasukan atau pekerjaan.

Sudah menyelesaikan kursus dari program Prakerja? Begini cara melihat sertifikat hasil kursus di Prakerja.

Jadwal Prakerja

Selain bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Setelah menyelesaikan pelatihan pengguna juga akan mendapatkan sertifikat kartu Prakerja yang hingga saat ini masih belum jelas sekali fungsinya.

Hanya saja, untuk mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat Prakerja, calon pekerja harus mengikuti pelatihan sesuai dengan jadwal. Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui caranya.

Jadwal pelatihan Prakerja ini berbeda-beda tiap pelatihan dan tiap institusi pelatihan yang kamu ambil. Sebagian besar pelatihan Prakerja ini sudah menyediakan konten berupa video yang bisa kamu tonton kapan saja dimana saja.

Selain video terdapat beberapa test yang harus kamu selesaikan pada pelatihan yang sudah kamu pilih.

Beberapa jadwal pelatihan yang disediakan oleh prakerja memang fleksibel, tetapi terkadang ada yang menerapkan jadwal tertentu dan hal tersebut menjadi penting untuk diketahui oleh peserta prakerja. Nah, ini di bawah ini akan kami berikan cara melihat jadwal pelatihan prakerja.

Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja

Untuk melihat jadwal prakerja sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan, tetapi terkadang orang-orang hanya merasa bingung saja. Dibawah ini kami jabarkan cara melihat jadwal pelatihan prakerja.

  1. Pertama-tama buka website prakerja dan masuk ke akun kalian.Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja 14
  2. Setelah login lihat pelatihan milik kamu dan siapa yang memberikan pelatihan tersebut.Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja 15
  3. Buka website pemberi pelatihan tersebut.Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja 16
  4. Buka pelatihan tersebut dan informasi-informasi mengenai pelatihan tersebut akan muncul, salah satunya adalah jadwal pelatihan.Cara Melihat Jadwal Pelatihan Prakerja 17
  5. Selesai, tetapi selain cara tersebut ada cara lain yang dapat dilakukan untuk melihat jadwal prakerja. Salah satunya dengan menggunakan email. Buka email yang kamu gunakan untuk mendaftar prakerja dan dalam email tersebut terdapat berbagai informasi mengenai pelatihan prakerja yang kamu lakukan.
  6. Selesai!

Akhir Kata

Begitulah cara untuk melihat jadwal pelatihan Prakerja. Cukup sekian yang bisa kami sampaikan tentang tutorial melihat jadwal Prakerja. Mudah-mudahan panduan tadi dapat bermanfaat ya bagi kalian para calon pekerja di Prakerja!

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.