Cara Melihat Gain Loss di IPOT

Cara Melihat Gain Loss di IPOT
Cara Melihat Gain Loss di IPOT

Dalam investasi saham, kita akan mendapatkan keuntungan lebih jika proses trading kita berjalan dengan lancar. Jika dalam bertransaksi di dunia saham ini kita juga dihadapkan dengan kemungkinan rugi.

Seperti contoh investasi pasar modal, kita mengenal ada beberapa jenis instrumen investasi seperti saham atau reksadana. Keduanya juga memiliki peluang untung dan juga rugi, sehingga kalian akan sangat akrab dengan istilah Gain & Loss.

Dalam investasi dengan IPOT istilah gain & loss sering orang kunjungi agar bisa menjadi bahan evaluasi dalam menentukan keputusan jual beli saham kedepan. Bagi kalian yang masih masih meraba dan memahami lebih dalam tentang aplikasi IPOT ini, kita akan berikan tutorial cara melihat gain loss di IPOT.

Cara Melihat Gain dan Loss di IPOT dengan Benar

Gain dan loss bisa diartikan sebagai keuntungan dan kerugian. Faktor ini dipengaruhi berdasarkan kondisi pasar modal sedang mengalami kenaikan atau penurunan nilai investasi.

Hukumnya jika investor tidak melakukan penjualan saham ketika mengalami penururnan, maka harga saham atau reksa dana yang kita miliki akan menjadi unrealized loss. Dan jika kita menjualnya maka status akan berubah menjadi loss.

Begitu pula sebaliknya, jika nilai saham mengalami kenaikan hingga menyebabkan aset yang kita miliki naik, tetapi kita tidak melakukan penjualan untuk mengambil keuntungan.

Maka hanya akan menjadi unrealized gain. Sedangkan kalau kita jual saham saat itu juga, artinya kita akan gain atua mendapatkan keuntungan.

Jadi semua ditentukan pada pilihan investor, apakah mereka ingin menjual ketika untung atau rugi.

Ditambahkan dengan aktivitas beli ketika naik dan turun, hasilnya besar sangat mempengaruhi gain or loss nilai investasi milikmu.

Adapun langkah – langkah untuk melihat Gain dan Loss di aplikasi IPOT secara lengkap dan mudah:

  1. Silahkan kalian buka aplikasi IPOT.
  2. Kemudian login ke akun masing-masing.
  3. Ketuk tombol profil yang ada di pojok kanan atas.Ketuk Tombol Profile Kamu
  4. Tap menu Transaction Activities untuk menampilkan sub menu lain.
  5. Setelah itu klik Transaction History /GL.Masuk Ke Transaction Histoy
  6. Paing bawah kalian akan diberi pilihan jangka waktu investasi, klik waktu yang ingin kalian lihat.Atur Durasi Waktunya
  7. Nanti akan muncul tombol G/L & Summary. Klik saja tombol berikut.Tap G L And Summary
  8. Informasi akan muncul detail disini.Rincian Gain Loss
  9. Selesai.
Tips IPOT lainnya:

Untuk menentukan analisis pasar saham, trader dapat menggunakan alat bantu bernama Moving Average.
Ikuti langkah-langkah dalam melihat Moving Average di IPOT secara lengkap.


Akhir Kata

Kurang lebih seperti itulah tutorial serta cara untuke melihat gain dan loss di IPOT. Ikuti cara diatas untuk melihat informasi detail untung dan rugi di akun IPOT masing-masing. Semoga bermanfaat. 

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.