Cara Melihat Backup Whatsapp Di Google Drive

Cara Melihat Backup Whatsapp Di Google Drive 1
Cara Melihat Backup Whatsapp Di Google Drive

Terkadang ada beberapa pesan yang perlu kita arsipkan karena alasan penting atau hanya sekedar buat kenang-kenangan masa lalu. Tetapi tidak selamanya aplikasi messenger memiliki fitur untuk mencadangkan semua pesan-pesan tersebut, dan salah satu aplikasi chat yang dapat memfasilitasi penggunanya melakukan backup data yakni WhatsApp.

Ada beberapa alasan kenapa orang melakukan backup pesan WhatsApp selain yang kita sebutkan diatas, yang pertama biasanya mereka ingin mereset data di dalam HP, kemudian melakukan login di HP lain, dan mengganti dengan HP baru, secara otomatis aplikasi WhatsApp yang baru di install tersebut akan memunculkan semua riwayat chat yang sudah di backup.

Biasanya WhatsApp akan mengarahkan kamu kedalam layanan cloud seperti Google Drive untuk menyimpan data chattingan yang sudah kamu daftarkan di nomor kamu. Setelah pengguna melakukan backup, mereka juga dapat melihat hasil backup pesan tersebut di Google Drive.

Nah bagi yang sudah penasaran dengan cara melihat backup WhatsApp di Google Drive, silahkan simak ulasan-ulasan berikut ini.

Cara Melihat Backup WhatsApp Di Google Drive Via Laptop

Pertama langkah yang harus kamu lakukan adalah masuk ke dalam website Google Drive. Dan pastikan sebelumnya kamu sudah pernah melakukan cadangan WhatsApp ke dalam akun Gdrive yang ditautkan.

Cara melihat backup WhatsApp di Google Drive bisa ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Masuk ke dalam website Google Drive, gunakan browser Chrome karena biasanya akun Drive secara otomatis login jika akun Google kamu juga sudah di login.
  2. Setelah tampilan Google Drive muncul, kamu bisa klik opsi yang bentuknya seperti icon gear di bagian pojok kanan atas.Tekan Pengatur Yang Berbentuk Icon Gear
  3. Kemudian klik menu Setelan.Selanjutnya Pilih Menu Setelan
  4. Silahkan ketuk bagian Kelola Aplikasi, scroll ke bawah sampai ketemu bagian WhatsApp Messenger, dan silahkan klik bagian ini untuk melihat.Masuk Ke Menu Tab Kelola Aplikasi
  5. Selamat mencoba.

Cara Melihat Backup WhatsApp Di Google Drive Via HP

Selain menggunakan laptop, kamu bisa melihat cadangan pesan tersebut menggunakan aplikasi Drive yang bisa kamu dapatkan di Playstore. Caranya justru lebih mudah menggunakan HP, karena disini sudah tersedia menu khusus untuk list backup didalam Drive.

  1. Download dan install aplikasi Drive.
    Untuk Android:
    Google Drive
    Google Drive
    Developer: Google LLC
    Price: Free
    Untuk iOS:
  2. Jika HP kamu sudah login ke akun Google, secara otomatis Drive akan masuk ke dalam tampilan akun kamu.
  3. Untuk melihat cadangan, silahkan klik icon yang bentuknya seperti strip garis tiga di pojok kiri atas.Klik Opsi Tambahan
  4. Kemudian pilih menu Cadangan.Silahkan Pilih Tombol Candangan
  5. Disini akan muncul banyak list cadangan yang sudah ditautkan ke dalam akun Google Drive kamu. Kemudian pilih dan ketuk WhatsApp untuk melihat backup.Ketuk Bagian Candangan Whatsapp
  6. Selamat mencoba.
Muncul info versi WhatsApp kadaluarsa ? Silahkan ikuti tutorial cara mengubah tanggal kadaluarsa WhatsApp.

Cara Melakukan Backup WhatsApp Di Google Drive

Tidak semua orang sudah tahu bagaimana cara melakukan backup WhatsApp di Google Drive, padahal jika kamu berhasil melakukan backup data WhatsApp maka kamu gak akan khawatir kalau seandainya tiba-tiba HP ke reset atau rusak dan ganti ke HP baru.

Sebenarnya WhatsApp sering memberikan notifikasi cadangan pesan bagi para penggunanya. Bahkan sebagian orang yang merasa terganggu dengan notifikasi tersebut, mereka sering kali menonaktifkan agar tidak selalu muncul dalam pemberitahuan.

Tetapi bagi yang ingin melakukan backup WhatsApp ke Google Drive, silahkan ikuti cara dibawah ini :

  1. Buka aplikasi WhatsApp yang ada di HP.
  2. Silahkan ketuk icon titik tiga yang ada di kanan atas.Buka Opsi Tambahan Dengan Klik Icon Titik Tiga
  3. Kemudian tekan menu Setelan.Setelah Itu Pencet Tombol Setelan
  4. Disini kamu bisa pilih bagian Chat.Kemudian Masuk Ke Menu Chat
  5. Lalu masuk kedalam Cadangan Chat untuk melakukan backup.Pilih Cadangkan Pesan Untuk Memulai
  6. Pilih akun Drive yang ingin kamu tautkan.Pilih Akun Google Drive Yang Akan Ditautkan
  7. Jika ingin mencadangkan pesan berupa video, silahkan centang Sertakan Video.Centang Siaran Video Jika Ingin Dibackup Juga
  8. Terakhir tinggal tekan Cadangkan.
  9. Selesai.

Cara Menghapus Backup File Di Google Drive

Jika pesan yang pernah kamu cadangkan ini dirasa sudah tidak dibutuhkan lagi, kamu bisa menghapusnya daripada memenuhi kapasitas penyimpanan didalam Drive kamu.

Untuk menghapusnya silahkan lakukan cara dibawah ini :

  1. Masuk ke dalam Google Drive.
  2. Klik icon Gear, selanjutnya tekan Setelan.
  3. Ketuk tab Kelola Aplikasi dan cari WhatsApp Messenger.
  4. Klik kotak Opsi yang ada di samping aplikasi tersebut, dan pilih Hapus data aplikasi tersembunyi.Tekan Hapus Semaua Chat
  5. Selamat mencoba.
Gimana ya caranyaย  biar akun WhatsApp kita terlihat tidak aktif ? Simak tutorial lengkapnya cara agar terlihat offline di WhatsApp.

Akhir Kata

Selain cara melihat backup WhatsApp di Google Drive, kamu juga bisa melakukan langkah-langkah lain seperti melakukan cadangan secara manual dan menghapus hasil backup file yang ada di Google Drive. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

0 Shares:
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *