Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet

Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet

Peluang lapangan pekerjaan makin terbuka luas berkat adanya layanan seperti Jobstreet. Media ini memafasilitasi banyak orang baik sebagai pelamar atau perusahaan yang membutuhkan karyawan.

Di era modern seperti saat ini, banyak sekali sektor yang mengalami digitalisasi termasuk dari segi pekerjaan. Paling tidak calon pelamar sedikit termudahkan ketika mereka mencari perusahaan yang mereka inginkan baik dalam segi penempatan, job desk, hingga penawaran gaji.

Jobstreet cukup terbuka dengan persoalan kualifikasi pelamar, sehingga syarat dan ketentuan apa saja dapat kamu lengkapi sebelum apply pada suatu perusahaan diinginkan. Tim Kompiwin akan bimbing kalian dalam tutorial cara melamar kerja lewat Jobstreet.

Tetapi sebelumnya kita sarankan kalian harus buat terlebih dahulu CV atau resume untuk kemudian unggah CV ke dalam akun portal Jobstreet masing-masing. Kita sudah pernah membuat panduan tentang membuat CV melalui WPS Office dengan mudah dan cepat.

Karena CV adalan selling poin utama seseorang hendak melamar di sebuah perusahaan, usahakan semua identitas serta informasi pribadi jelas, baru kemudian tinggal kita lamar.

Cara Melamar Kerja Lewat Jobstreet

Pada dasarnya cara melamar kerja lewat Jobstreet itu sangat mudah dilakukan. Karena kita cukup login, kemudian semua list rekomendasi perusahaan akan muncul di bagian menu Home.

Silahkan kamu pilih salah satu, dan ketuk tombol Lamar. Atau bila ingin cari perusahaan yang lain, pilih menu Search dan ketik pada kotak pencarian nama perusahaan tersebut.

Tetapi untuk melamar di dalam Jobstreet tidak sesimpel itu. Kalian harus merancang profil akun dengan kemasan yang profesional, sebab dengan cara ini kita bisa menarik pertimbangkan HRD untuk merekrut kita.

Berikut langkah-langkah melamar di Jobstreet agar cepat dipanggil.

Langkah 1 : Membuat Akun

Daftar Akun Jobstreet

Jelas untuk langkah pertama kalian harus buat terlebih dahulu akun di Jobstreet. Platform ini bukan hanya sekedar memberikan informasi saja, tetapi mereka bertanggung jawab penuh atas proses perekrutan dari mulai Apply, wadah komunikasi kedua belah pihak, dan lainnya.

Sehingga informasi lowongan pekerjaan di platform Jobstreet dapat kamu Apply setelah memiliki akun. Silahkan buat akun dengan identitas asli, termasuk nama, email dan nomor.

Saat proses pembuatan akun, kamu akan diminta mengisi beberapa formulir permintaan, seperti ingin mendapatkan pekerjaan di wilayah mana, rata-rata gaji setiap bulan, preferensi pekerjaan yang diinginkan, lalu memasukkan informasi pendidikan pengguna secara jelas.

Langkah 2 : Menggunakan Foto Profil Formal

Selain nama, Foto Profil merupakan salah satu identitas utama dari segi visual, pembacaan karakter, tingkat keseriusan akun dan lainnya.

Melalui foto profil ini perusahaan akan mempertimbangkan pelamar sebagai partisipasi atau tidak. Sangat diusahakan kalian memakai foto profil dengan format rapi, profesional, dan layak diunggah untuk diperlihatkan HRD.

Kemudian gunakan kualitas foto terbaik agar preview terlihat jernih dan jelas. Sehingga perusahaan akan menilai jika pelamar benar-benar profesional.

Langkah 3 : Lengkapi Informasi Profil Jobstreet

Bagian yang paling penting dalam platform Jobstreet ini adalah melengkapi profil pelamar. Semua data yang tercantum di dalam akunmu akan menjadi pertimbangan perusahaan memilih atau menolaknya.

Pengisian data informasi profil akun Jobstreet memang sangat mudah, namun kalian harus cermat dalam menginput semua keterangan di dalamnya. Karena akunmu ini nanti akan menjadi surat lamaran dan resume saat apply di sebuah perusahaan.

Ada Dua bagian kelengkapan informasi profil akun yang penting diperhatikan :

1. Informasi Profil Umum

Isi Pengalaman Kerja

Silahkan kamu masuk ke menu Saya, kemudian klik bagian Kelola Profilmu. Pastikan identitas Nama sesuai dengan KTP. Setelah itu masukkan kontak seperti Email yang masih aktif dan juga nomor Telepon.

Isi Status Saat Ini

Isi juga Tanggal Lahir dan juga Jenis kelamin untuk Detail Pribadi. Setelah itu Simpan. Jika sudah silahkan input informasi lainnya terkait Pengalaman Kerja, Pendidikan, Tempat Tinggal, Kewarganegaraan, dan Gaji. Saat mengisi data kalian harus dituntut jujur, tidak ada informasi yang dimanipulasi atau sebagainya.

2. Informasi Profil Spesifik

Unggah Berkas Diri

Informasi yang tidak kalah penting berikutnya menyangkut soal CV/Resume, Keahlian dan Bahasa. Untuk CV silahkan kemas dengan desain yang profesional serta lengkap, kalau sudah unggah pada menu Unggah Dokumen. CV hanya hanya diupload dalam bentuk doc, pdf, txt, rft, dan docx.

Berikutnya klik Tambahkan Keahlian, masukkan beberapa kemampuan kalian disana. Seperti menguasai suatu hal, softskill, atau lainnya.

Dan terakhir buka Tambahkan Bahasa, pilih beberapa bahasa yang kamu kuasai. Jobstreet memberikan batas maksimal 5 bahasa, atur yang paling menonjol dan paling dikuasai.

Langkah 4 : Cari Pekerjaan Di Jobstreet

Pilih Rekomendasi Pekerjaan

Saat proses pendaftaran akun, kamu diminta memasukkan preferensi jenis pekerjaan yang disuka, dicari dan diinginkan. Preferensi tersebut yang akan menentukan isi beranda akun Jobstreet kalian. 

Misalnya kalian tertarik dalam bidang desain grafis, maka berapa list rekomendasi lowongan pekerjaan akan keluar bagian desain grafis.

Buka bagian Beranda dan pilih dengan berdasarkan pertimbangan. Umumnya pelamar memilih dengan melihat penilaian perusahaan, lokasi perusahaan, dan gaji. 

Kemudian klik untuk membuka informasi lowongan pekerjaan…silahkan perhatikan requirement yang diminta oleh perusahaan, pastikan semua ketentuan tersebut telah kamu penuhi.

Misalnya sesuai dengan keahlian, sesuai minimal pendidikan, sesuai dengan pengalaman bekerja, maupun terkait gaji.

Langkah 5 : Apply Now/Lamar Sekarang

Setelah Itu Tinggal Kita Lamar

Kalau semua sudah sesuai, langsung saja klik tombol Lamar. Fungsi tombol ini adalah meminta sistem agar mengirimkan semua data profile termasuk informasi akun yang kita tulis di atas kepada perusahaan.

Langkah 6 : Tuliskan Kalimat Permintaan

Setiap akun yang menekan tombol Lamar, mereka diminta untuk mengisi kolom sebagai teks kalimat permintaan/promosi akun. Tujuannya yaitu seperti pesan highlight di sebuah akun pelamar, jadi ketika HRD memilih beberapa calon pelamar, dan mereka tertarik dengan promosi pesan milikmu, maka kemungkinan akan dihubungi lebih besar.

Sayang sekali kolom pesan hanya terdiri dari 300 karakter, jadi maksimalkan tulisanmu dengan format perkenalan, skill, dan pengalamanmu. Olah kata agar terlihat kreatif supaya lebih menarik. Gunakan bahasa yang sopan dan tidak berantakan.

Langkah 7 : Tunggu Dihubungi

Cara melamar kerja lewat jobstreet bagian terakhir ini tinggal kamu tunggu pihak utama memanggil calon pelamar. Lama konfirmasi tidak bisa ditentukan, tergantung perusahaan memilih kebijakan seberapa cepat mereka menyeleksi dan menghubungi semua calon.


Akhir Kata

Jadi seperti itulah cara melamar kerja lewat Jobstreet. Sebetulnya cara utamanya sangat mudah, tinggal kita cari perusahaan dan klik Lamar. Agar kita lebih cepat dipanggil perusahaan, tentu ada beberapa step yang harus kamu penuhi, seperti yang telah kita tuliskan di atas. Semoga bermanfaat. 

Bagikan:
Photo of author

Ivan Aveldo

Suka hal yang bertopik teknologi.

Tinggalkan komentar

Tutup Iklan Sekarang