Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10

Cara Masuk Windows Safe Mode

Safe mode menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh banyak pengguna Windows untuk menyelesaikan permasalahan seperti error dan lainnya.

Namun, sayangnya masih ada beberapa orang yang tidak mengetahui cara masuk Windows Safe Mode di Windows 7, 8, 8.1 maupun 10.

Safe mode merupakan keadaan saat Windows berjalan dalam mode basic, dimana service, driver, dan program yang dimuat terbatas pada yang inti-inti saja.

Dengan kata lain, masuk ke Safe mode akan menonaktifkan semua program yang tidak termasuk dalam core sistem operasi Windows.

Ada dua jenis safe mode, yaitu Safe mode dan Safe mode with networking. Memang ada perbedaan ? Berikut penjelasannya :

  1. Safe mode akan membuat Windows berjalan hanya dengan service dan driver inti.
  2. Safe mode with networking akan membuat windows berjalan dengan service dan driver inti ditambah dengan dukungan networking.

Cara Masuk Safe Mode

Sebenarnya cara untuk masuk ke mode ini tidaklah sulit, tetapi cara untuk masuk ke safe mode berbeda-beda tergantung dari versi Windows yang komputer kalian miliki.

Namun tenang saja, karena dalam artikel ini kami akan menjelaskan bagaimana cara masuk Windows Safe Mode untuk Windows 7, 8, 8.1, dan 10.

Kalau begitu langsung saja simak bagaimana caranya dan kami juga akan menyediakan tutorial beserta langkah-langkahnya untuk mempermudah kamu untuk masuk ke safe mode ini. 

Windows 7

Nah, bagi kamu pemilik komputer atau laptop dengan Windows 7, untuk masuk ke safe mode cukup mudah. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyalakan laptop/komputer milik kamu. Jika saat ini device-mu sedang berada dalam kondisi hidup, maka kamu tinggal menekan tombol restart.
  2. Setelah device kamu sudah menyala dan selesai restart, tekan tombol F8 yang berada di keyboard milikmu berkali-kali sampai tampilan layar Advance Boot Option muncul. Jika menu tersebut tidak kunjung muncul. Maka segera ulangi step 1 – 3 sampai menu tersebut muncul.
  3. Gunakan tombol panah pada keyboard untuk memilih jenis Safe mode. Setelah masuk ke menu Advanced boot options, gunakan tombol panah yang ada pada keyboard untuk memilih jenis Safe mode yang Anda perlukan. Untuk masuk ke mode basic pilih Safe mode, jika memerlukan support networking maka pilih Safe mode with networking, setelah itu klik enter untuk memulainya.Cara Masuk Windows Safe Mode
  4. Boot Windows milikmu kembali ke normal. Setelah masalah yang kamu hadapi sudah terselesaikan, segera boot Windows kembali ke mode normal. Caranya adalah dengan kembali ke menu Advance Boot Option dan pilih menu “Start Windows Normally“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 17

Windows 8 dan Windows 8.1

Untuk proses masuk ke safe mode di Windows 8 dan 8.1 caranya cukup berbeda jauh dengan di Windows 7. Hal ini karena sistem operasi Windows 8 jauh lebih cepat dibandingkan dengan Windows 7. Berikut adalah cara masuk Windows safe mode di Windows 8 dan 8.1.

  1. Tekan tombol Windows yang berada di pojok kiri bawah komputer atau laptop milik kamu. 
  2. Selanjutnya tekan tombol power dan pencet tombol restart sambil menekan tombol Shift yang berada di keyboard. Setelah itu, tunggu hingga Windows masuk ke menu WinRE (Windows Recovery Environment).
  3. Setelah menu tersebut terbuka ada muncul beberapa pilihan. Pertama-tama tekan tombol “Troubleshoot“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 18
  4. Selanjutnya pilih “Advance options“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 19
  5. Selanjutnya pilih “Startup Settings“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 20
  6. Selanjutnya tekan tombol “Restart” dan tunggu sampai komputer kamu menyala kembali.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 21
  7. Selanjutnya kamu akan masuk ke menu WinRe. Tekan tombol F4 untuk masuk ke Safe mode, F5 untuk masuk ke Safe mode with networking, dan F6 untuk masuk ke Safe mode with Command prompt.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 22
  8. Selesai dan langkah selanjutnya tinggal restart kembali komputer milikmu agar kembali berjalan normal lagi. 

Windows 10

Untuk tutorial yang terakhir adalah cara untuk masuk ke Windows Safe Mode di Windows 10 tidak jauh berbeda dengan sistem operasi Windows 8 dan 8.1. Hal yang berbeda hanya bagaimana cara membuka menu WinRE saja. Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Klik tombol start kemudian tekan tombol “Settings“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 23
  2. Pilih menu “Update dan Security“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 24
  3. Pilih menu “Recovery” lalu klik tombol “Restart now“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 25
  4. Tunggu sampai komputer kamu kembali menyala dan menu WinRE akan menyala dan  tinggal pencet tombol “Troubleshoot“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 26
  5. Selanjutnya pilih “Advance options“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 27
  6. Selanjutnya pilih “Startup Settings“.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 28
  7. Selanjutnya tekan tombol “Restart” dan tunggu sampai komputer kamu menyala kembali.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 21
  8. Selanjutnya kamu akan masuk ke menu WinRe. Tekan tombol F4 untuk masuk ke Safe mode, F5 untuk masuk ke Safe mode with networking, dan F6 untuk masuk ke Safe mode with Command prompt.Cara Masuk Safe Mode Di Windows 7, 8, 8.1, 10 30
  9. Selesai dan langkah selanjutnya tinggal restart kembali komputer milikmu agar kembali berjalan normal lagi. 

Akhir Kata

Jadi begitulah panduan tutorial mengenai cara masuk Windows Safe Mode di berbagai versi Windows. Bagaimana? Mudah bukan caranya? Silahkan coba sesuai dengan versi Windows masing-masing dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Indakhila Vidya Putri
Mahasiswa dari Universitas Multimedia Nusantara dan saat ini suka membuat tips-tips seputar teknologi. Sebelum menulis, tips-tips tersebut saya coba terlebih dahulu.