Cara Login Dan Aktivasi Akun My SAPK BKN

Cara Login Dan Aktivasi Akun My SAPK BKN 10
Cara Login Dan Aktivasi Akun My SAPK BKN

Sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Aparatur Sipil Negara, telah dihimbau oleh pemerintah untuk melakukan pemutakhiran data masing-masing pribadi lewat aplikasi khusus bernama My SAPK.

Melalui aplikasi berikut, sekaligus dapat meningkatkan pelayanan kepegawaian yang prima. Pemerintah menginginkan sistem data para PNS dan ASN dapat terintegrasi secara digital dengan basis teknologi yang canggih.

Berkaitan dengan My SAPK BKN, dibawah telah kita sediakan terkait seputar cara login dan aktivasi akun My SAPK BKN baik dari pengertian hingga FAQ (pertanyaan yang sering ditanyakan) atas tanya jawab terkait sistem.

My SAPK BKN

Berdasarkan penjelasan yang tertulis di laman resmi BKPP, penjelasan mengenai layanan My SAPK BKN adalah, sebuah sistem yang dirancang khusus untuk para Kepegawaian Negara seperti PNS dan ASN dalam mendapatkan pelayanan prima melalui basis aplikasi yang telah dirancang sedemikian rupa.

Di dalam sistem akan menampilkan informasi kegiatan administrasi para PNS atau ASN bersangkutan, termasuk seperti penginputan gaji, profil PNS, KPE Virtual, KTP, BPJS dan sebagainya.

Sehingga sekarang akses jangkauan para Kepegawaian Negara sudah jauh lebih mudah cukup dengan membuka aplikasi My SAPK BKN, maka segala data informasi yang diinginkan akan muncul semua di sana.


Fitur My SAPK BKN

Cara login dan aktivasi akun My SAPK BKN dimulai sebelum pengguna mengerti terlebih dahulu apa saja layanan fitur yang sudah tersedia di dalam aplikasi.

Sebenarnya akses My SAPK BKN bisa dijangkau dua arah, yang pertama yakni lewat aplikasi dan yang kedua bisa melalui laman website.

Berikut beberapa fitur tersedia di dalam My SAPK BKN :

1. Profil PNS

Peran utama aplikasi My SAPK BKN adalah menampilkan informasi data pribadi dari akun atau pegawai yang bersangkutan. Diantara list data diri yang terlampirkan, beberapa diantaranya ada data utama pegawai, posisi, jabatan lalu golongan. Aplikasi akan menyediakan informasi pegawai secara menyeluruh.

2. Mengubah Data

Ada satu fitur yang bisa kamu pakai untuk mengubah data terkait kepegawaian pribadi. Misalnya pengguna bisa mengubah email, BPJS, nomor telepon, alamat rumah, NPWP dan masih banyak lainnya.

3. My KPE

Untuk saat ini kemudahan pegawai makin difasilitasi dengan adanya KPE. KPE sendiri merupakan kepanjangan dari Kartu Pegawai Elektronik, jadi buat PNS atau ASN tidak perlu lagi cetak kartu elektronik, cukup gunakan KPE Virtual untuk kebutuhan administrasi kepegawaian, dan sudah bisa kamu dapatkan di My SAPK.

4. Otentifikasi SK

Menu layanan otentikasi SK ini adalah akses yang isinya mengenai Surat Keputusan dari SAPK.

5. Pelacakan

Jika kalian ingin memantau sampai mana proses kepegawaian yang dimiliki, silahkan akses fitur bernama pelacakan. Fitur berikut cukup penting buat para pegawai seperti ASN dan PNS.

6. Personalisasi

Yang terakhir fitur ini berfungsi untuk mengatur personalisasi akun di dalam aplikasi My SAPK BKN. Salah satu contohnya adalah personalisasi dalam mengganti password.


Cara Aktivasi Aplikasi My SAPK BKN

Banyak yang mengeluhkan bagaimana cara login dan aktivasi akun My SAPK BKN. Karena metode login dalam layanan ini agar sedikit berbeda dengan cara login ataupun aktivasi seperti di aplikasi lain.

My SAPK BKN di Android
My SAPK BKN
My SAPK BKN
Developer: SAPK BKN
Price: Free
  1. Kalian bisa menggunakan aplikasi atau laman web My SAPK BKN untuk mengaksesnya. Untuk contoh yang kita berikan dibawah melalui laman web.
  2. Ketika sudah berada di tampilan Login, buat yang belum daftar, lakukan registrasi terlebih dahulu lewat tombol Lupa Password.Ketuk Tombol Lupa Password
  3. Selanjutnya disini masukkan NIP masing-masing sebanyak 18 digit.Masukkan NIP Registrasi
  4. Lalu input email di kolom kotak di bawahnya yang telah didaftarkan di SDM/BKPSDM atau yang biasanya sesuai yang dimasukkan pada aplikasi Dapodik.Masukkan Email Registrasi
  5. Kemudian tekan tombol Lanjutkan.Pencet Tombol Lanjutkan
  6. Buka tab baru email kamu, baca pesan masuk dari layanan My SAPK BKN, dan Copy Token.
  7. Selanjutnya kembali ke laman My SAPK BKN, disini kamu disuruh untuk memasukan password dan paste Token yang kirim lewat email tadi.Masukkan Password Baru Dan Token
  8. Konfirmasi dengan pencet tombol Reset Password.Tinggal Pencet Reset Password
  9. Secara otomatis kamu akan dibawa ke tampilan Login, silahkan masukkan NIP dan password yang baru didaftarkan. Lalu klik Login.Masukkan Password Dan NIP Lalu Login
  10. Selesai.
Ingin mengecilkan ukuran foto ?

Silahkan ikuti tutorial selengkapnya di cara mengecilkan ukuran foto dengan mudah.


Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

  1. My SAPK BKN Untuk Apa?

    Sebagai peningkatan pelayanan untuk para kepegawaian negara seperti PNS dan ASN dalam mengakses data dan informasi via digital.

  2. Bagaimana Cara Login MY SAPK BKN?

    Sebelum login pastikan daftar terlebih dahulu akun My SAPK BKN lewat tombol Lupa Password, langkah detail telah kita tuliskan di atas. Setelah terdaftar pengguna hanya tinggal memasukkan NIP dan password yang telah dibuat.

  3. Bagaimana Jika Lupa Email My SAPK BKN?

    Email yang kamu daftarkan sama dengan email yang terkonfirmasi di SDM/BKPSDM atau sama persis saat registrasi Dapodik. Layanan My SAPK BKN telah memberikan note jika pengguna lupas email silahkan hubungi SDM/BKPSDM.

  4. Kapan Pemutakhiran Data Mandiri ASN?

    Berdasarkan informasi yang diunggah BKN melalui akun resmi sosial medianya, mengatakan kalau pemutakhiran data dapat dilakukan mulai 15 Juli 2021 pukul 19.15 WIB.


Akhir Kata

Seperti itulah ulasan kita mengenai cara login dan aktivasi akun My SAPK BKN, silahkan lakukan langkah diatas sesuai apa yang telah dituliskan dan terakhir tinggal gunakan sesuai kepentingan. Semoga bermanfaat.

Ivan Aveldo
Suka hal yang bertopik teknologi.